Home BERITA TERKINI Polisi menyelamatkan wanita dari gerombolan penistaan ​​​​agama di Pakistan

Polisi menyelamatkan wanita dari gerombolan penistaan ​​​​agama di Pakistan

0
Syeda Shehrbano Naqvi. IST

LAHORE, Pena Katolik – Seorang petugas polisi yang menyelamatkan seorang wanita yang dituduh melakukan penistaan ​​​​agama oleh 200 pria di Pakistan timur. Polisi itu bernegosiasi dengan massa untuk membawanya ke tempat yang aman.

Saat berada di sebuah restaurant di Lahore, wanita tersebut, yang tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan, dikelilingi oleh pria yang secara keliru mengklaim bahwa kemejanya dihiasi dengan ayat-ayat Alquran.

Penodaan agama adalah tuduhan yang menghasut di Pakistan yang ultra-konservatif. Di mana massa telah menghukum mati orang-orang yang mereka anggap menghina Islam.

Syeda Shehrbano Naqvi, asisten inspektur polisi Punjab, termasuk di antara petugas pertama yang tiba di lokasi kejadian pada hari Minggu itu, 25 Februari 2024.

“Masyarakat mendapat banyak tuduhan, dan mereka meneriakkan slogan-slogan. Mereka berbicara tentang bagaimana orang yang melakukan penistaan ​​​​agama harus dihukum,” kata Naqvi kepada AFP.

Sebuah video yang dibagikan di media sosial menunjukkan seorang wanita yang duduk di sudut kafe melindungi wajahnya dengan tangannya. Massa kemudian terdengar meneriakkan: “Satu-satunya hukuman bagi penodaan agama adalah pemenggalan kepala.”

“Terjadi kebingungan dan tidak ada seorang pun yang mau mendengarkan kami. Kami khawatir jika dialog tidak dimulai, nyawa perempuan tersebut akan berada dalam bahaya,” tambah Naqvi.

Naqvi meminta massa agar membiarkan polisi menentukan apakah undang-undang penodaan agama di Pakistan telah dilanggar. Petugas itu kemudian membentuk rantai manusia untuk membantu menggiring wanita tersebut keluar dari restoran.

Wanita itu sebenarnya mengenakan kemeja dengan tulisan Arab untuk “cantik” di atasnya. Petugas tersebut telah direkomendasikan untuk mendapatkan penghargaan oleh kepala polisi Punjab.

“Kami telah mengalami setidaknya dua peristiwa serupa sebelumnya di Lahore. Kerumunan umat beragama selalu dipadati orang dan kami tidak tahu apa yang akan kami hadapi,” kata Naqvi.

Pada hari Senin, Maryam Nawaz Sharif, wanita pertama yang menjadi menteri di sebuah provinsi di Pakistan, mengambil sumpahnya sebagai ketua majelis Provinsi Punjab. Dalam pidato pengukuhannya, dia menyoroti tindakan Naqvi.

“Saya ingin memuji petugas wanita yang telah menyelamatkan nyawa seorang wanita,” ujar Maryam.

Polisi belum melakukan penangkapan terhadap mereka yang terlibat dalam agresi mass aitu. Sementara itu, korban kemduan memberikan pernyataan video permintaan maaf karena telah menyebabkan pelanggaran. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version