28.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Seorang Imam di India Mendapat Penghargaan karena Usahanya Memelihara Bahasa dan Sastra Tamil

BERITA LAIN

More
    Pastor D. Amudhan. UCANews

    TAMIL NADU, Pena Katolik – Pastor D. Amudhan, Seorang imam Katolik di negara bagian Tamil Nadu selatan memenangkan penghargaan George Uglow Pope (G.U. Pope) yang diumumkan pada 22 Februari 2024 lalu. Penghargaan ini merupakan apresiasi dari Departemen Pembangunan Negara Bagian Tamil untuk pribadi-pribadi yang berjasa di wilayah Tamil Nadu.

    Pastor Amudhan adalah imam dari Keuskupan Tanjore. Dengan penghargaan ini, pemerintah negara bagian mengakui kontribusi luar biasa imam itu dalam bidang sastra dan bahasa Tamil.

    Pastor Amudhan telah menerbitkan 17 artikel penelitian tentang bahasa Tamil. Fokusnya berpusat pada kontribusi agama Kristen terhadap bahasa Tamil. Sejauh ini, ia telah menulis sembilan buku.

    “Pastor Amudhan membantu saya mengoreksi terjemahan Alkitab dalam bahasa Tamil pada tahun 1986. Dia menerjemahkan Kitab Ester dari bahasa Yunani ke bahasa Tamil,” kata Uskup Emeritus Tanjore, Mgr. Soosai Manikam.

    Seperti diberitakan UCANews, Pastor Amudhan yang berusia 80 tahun lahir pada tanggal 18 April 1943, di Punnaikayal di Keuskupan Tuticorin. Dia mengganti nama dirinya menjadi Amudhan (Elixir) karena kecintaannya pada bahasa Tamil.

    Imam itu juga mengedit beberapa publikasi Tamil dan menjadi presiden Asosiasi Pers Katolik India (ICPA) dari tahun 1998 hingga 2001. Pastor Amudhan telah menerima beberapa penghargaan dan pengakuan lainnya atas kontribusinya pada bahasa Tamil.

    Amuthath Tamil, sebuah buku yang berbicara tentang kehidupan dan karyanya, diterbitkan pada ulang tahunnya yang ke-75 pada tahun 2017, ditulis oleh sarjana Tamil lainnya, M. Alphonse.

    Apresiasi Sastra

    Penghargaan ini dinamai George Uglow Pope (1820–1908), seorang misionaris Gereja Anglikan Inggris, yang menghabiskan 40 tahun di Tamil Nadu. Semasa hidup, Pope menerjemahkan banyak karya klasik Tamil seperti Tirukkural ke dalam bahasa Inggris. Pemerintah negara bagian itu bahkan memasang patung Pope di Pantai Chennai yang populer.

    Pope membuka beberapa sekolah dan mengajar bahasa Latin, Inggris, Ibrani, matematika, dan filsafat. Pope lahir pada tanggal 24 April 1820, di Pulau Prince Edward, Nova Scotia. Keluarganya bermigrasi ke Inggris ketika dia masih bayi.

    Saat ini, bahasa Tamil dituturkan oleh sekitar 66 juta orang. Bahasa ini dianggap sebagai bahasa klasik oleh pemerintah federal pada tahun 2004. Selain Tamil Nadu, bahasa Tamil merupakan salah satu bahasa resmi Sri Lanka dan Singapura. Bahasa ini juga digunakan di beberapa negara lain. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI