31.5 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Ekologi Integral dalam Pandangan Uskup Ruteng

BERITA LAIN

More
    Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat. IST

    RUTENG, Pena Katolik – Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat mengatakan, fokus pastoral Gereja Katolik Keuskupan Ruteng tahun 2024 adalah ekologi integral. Ekologi bukan soal tanam menanam, namun perwujud-nyataan iman.

    “Nah karena itu orang sampai babat hutan, makan hutan, rakus makan hutan, itu orang yang itu orang yang sama membunuh kehidupan,” kata Mgr. Sipri di Ruteng, Jumat, 26 Januari 2024.

    Ekologi integral harus dinyatakan dengan baik dalam berbagai macam pernyataan-pernyataan kehidupan masyarakat, kata Uskup Sipri. Bagaimana topik ekologi ini diimplementasikan dalam karya pastoral, menurutnya, “sakramen-sakramen dalam gereja nanti akan difokuskan pada penanaman pohon.”

    “Orang yang dibaptis kasih pohon kalau tanam. Dan kau kawal sampai hidup. Orang yang (Sakramen) Komuni Pertama dikasih pohon, begitu juga dengan (Sakramen) Krisma sampai yang mau menikah. Dan kawal,” jelasnya.

    Uskup Sipri sudah menggarisbawahi pastoral ekologi integral dalam penutupan sidang pastoral postnatal 2024 pada pertengahan Januari lalu. Kegiatan ekologis, kata Uskup Sipri kala itu, harus menjadi bagian utuh dari iman, bukan sekadar aksi sosial ekologis belaka.

    Mengutip pernyataan Paus Fransiskus dalam Laudato Si’, ekologi berkaitan dengan pembagian yang adil dari sumber-sumber daya alam yang ada di muka bumi ini.

    “Oleh sebab itu, saya mengajak kita semua untuk dalam tahun ini menggalakkan aksi-aksi perawatan dan pelestarian alam ciptaan sekaligus diakonia terhadap orang-orang rentan di sekitar kita,” tandasnya. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI