26.7 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Presiden Argentina secara resmi mengundang Paus Fransiskus mengunjungi tanah kelahirannya

BERITA LAIN

More
    peziarah dari Argentina saat mengikuti Doa Angelus yang dipimpin Paus Fransiskus.

    BUENOS AIRES, Pena Katolik – Presiden Argentina, Javier Milei, telah mengirimkan undangan resmi kepada Paus Fransiskus untuk mengunjungi tanah airnya. Ia berharap kunjungan tersebut akan membawa buah perdamaian dan persaudaraan bagi seluruh rakyat Argentina.

    Milei meyakinkan Paus Fransiskus bahwa dia tidak memerlukan undangan untuk datang ke Argentina tercinta. Dalam suratnya tertanggal 8 Januari, Milei juga berterima kasih kepada Bapa Suci atas panggilan teleponnya segera setelah Milei terpilih sebagai presiden. Ia menekankan bahwa dia menghargai “nasihat bijak” Paus dan harapan akan “keberanian dan kebijaksanaan” yang disampaikan.

    Presiden Argentina itu melanjutkan dengan mengatakan seruan Paus untuk memperkuat keyakinan Milei mengenai pentingnya mengubah kenyataan yang dialami negarauntuk memastikan perdamaian dan kemakmuran, melalui reformasi sosial dan politik yang diperlukan.

    “Mengingat nasihat Anda untuk memiliki kebijaksanaan dan keberanian yang diperlukan, pada minggu-minggu pertama pemerintahan saya, saya telah mengusulkan serangkaian langkah pemerintah yang bertujuan untuk mengubah situasi yang telah diderita Republik Argentina selama beberapa dekade,” katanya.

    Milei mengatakan prioritas utama pemerintahannya adalah melindungi rakyat yang paling rentan. Ia berterima kasih kepada Gereja Katolik atas kolaborasinya dan tindakan di bidang sosial sangat berharga.

    Presiden Argentina tersebut menjelaskan bahwa kunjungan Paus Fransiskus ke tanah airnya akan membawa buah perdamaian dan persaudaraan. Kehadiran dan pesan Paus, kata Milei, akan berkontribusi untuk mencapai persatuan. Dia menutup suratnya dengan mengungkapkan harapan agar Paus dapat melakukan perjalanan tersebut demi kebahagiaan umum seluruh rakyat Argentina.

    Surat Milei ini adalah undangan resmi kedua yang diterima Paus Fransiskus dari presiden Argentina. Yang pertama dibuat oleh presiden sebelumnya, Cristina Fernández pada Maret 2013.

    Sejak menjabat pada 10 Desember, Milei telah mengumumkan penyesuaian besar-besaran dalam belanja negara. Ia menghapus Kementerian Perempuan. Ia juga mengumumkan akan mencabut undang-undang yang melegalkan aborsi. Pada tanggal 20 Desember, Milei mengeluarkan dekrit mengenai rencana rekonstruksi perekonomian Argentina yang telah memicu kontroversi.

    Rekonstruksi ekonomi

    Rencana rekonstruksi rencana rekonstruksi ekonomi ini adalah alat yang digunakan presiden dalam situasi yang menurutnya memerlukan tindakan. Hal ini memberikan lembaga eksekutif kemampuan untuk membuat undang-undang dalam situasi luar biasa, tanpa melalui proses kongres tradisional.

    Rencana rekonstruksi ekonomi yang dikeluarkan oleh Milei mencabut undang-undang tentang persewaan (hanya dalam peso Argentina tanpa kenaikan dalam waktu kurang dari enam bulan), gondola (persyaratan perdagangan ritel yang mendukung pemasok kecil dan lokal); pembelian nasional (persyaratan pemerintah untuk hanya membeli produk dan jasa Argentina), dan pasokan (pengendalian harga). Selain itu, rencana rekonstruksi ekonomi ini juga mencabut Undang-Undang Pertanahan, yang membatasi kepemilikan asing atas tanah pedesaan. Milei membentuk Kementerian Sumber Daya Manusia, yang menggabungkan kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Tenaga Kerja, Pembangunan Sosial, serta Kementerian Perempuan dan Gender.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI