Home BERITA TERKINI St. Thomas Aquinas: Ulasan Teologi dari Si Lembu Bodoh

St. Thomas Aquinas: Ulasan Teologi dari Si Lembu Bodoh

0
St Thomas Aquinas. IST

ROMA, Pena Katolik – “Lembu bodoh”, begitu julukan yang melekat pada diri Thomas Aquinas saat masa awal menjadi mahasiswa di Universitas Paris. Sebutan ini lantaran Thomas terlihat sebagai pribadi yang pendiam dan rendah hati. Setiap orang memiliki kesan awal sebagai anak yang “bodoh”.

Kesan ini juga ditangkap oleh St. Albertus Magnus, salah satu dosennya. Di mata Albertus, Thomas sebenarnya adalah mahasiswa yang cerdas. Ketika masih berstatus mahasiswa, ia telah membuat Albertus terkesan. Ironisnya, kerendahan hatinya kadang-kadang membuat teman-teman sekelasnya salah mengartikannya sebagai orang bodoh.

“Kami menyebut pemuda ini sebagai lembu bodoh, tetapi seruan doktrinnya suatu hari nanti akan bergema di seluruh dunia,” ujar Albertus suatu kali.

Di bawah bimbingan Albertus, Thomas kemudian meraih gelar doktor dalam bidang teologi. Seiring waktu, Thomas terbukti sebagai sarjana teladan. Setelah lulus, ia lalu mengajar di Universitas Paris bersama gurunya Albertus.

Usia Lima Tahun

Pada usia lima tahun, Thomas telah dikirim ke Biara Monte Cassino untuk belajar di antara para biarawan Benediktin. Saat itu, Thomas sudah digambarkan sebagai anak yang cerdas, yang telah menerima jiwa yang baik. Sejak itu, di Monte Cassino, anak yang penuh teka-teki itu berulang kali mengajukan pertanyaan, “Apa itu Tuhan?” Thomas tetap di biara sampai ia berusia 13 tahun. Ketika iklim politik memaksa, ia akhirnya kembali ke Napoli.

Santo Thomas Aquinas menghabiskan lima tahun berikutnya menyelesaikan pendidikan dasarnya di sebuah rumah Benediktin di Napoli. Selama tahun-tahun itu, ia mempelajari karya Aristoteles, yang kemudian menjadi titik utama bagi eksplorasi filsafat Thomas Aquinas.

Di rumah Benediktin itu, yang berafiliasi erat dengan Universitas Napoli, Thomas juga mengembangkan minat pada ordo monastik yang lebih kontemporer. Ia sangat tertarik pada orang-orang yang menekankan kehidupan pelayanan spiritual. Ketertarikan ini sedikit berbeda dengan pandangan yang lebih tradisional dan gaya hidup yang ia amati di Biara Monte Cassino.

Masuk Dominikan

Sekitar tahun 1239, Santo Thomas Aquinas mulai kuliah di Universitas Napoli. Pada tahun 1243, dia diam-diam bergabung dengan ordo biarawan Dominika. Ketika keluarganya mengetahuinya, mereka merasa sangat dikhianati, sehingga mereka memutuskan untuk menculiknya. Keluarga Thomas menahannya selama setahun penuh. Thomas “dipenjara” di benteng San Giovanni di Rocca Secca. Selama waktu ini, mereka berusaha untuk mencegah Thomas melangkah lebih jauh dan memudarkan keyakinan barunya. Dengan teguh, Thomas tetap berpegang teguh pada ide-ide yang telah dia pelajari di universitas. Ia lalu kembali ke Ordo Dominikan setelah dibebaskan pada tahun 1245.

Dari tahun 1245 hingga 1252, Santo Thomas Aquinas melanjutkan studinya dengan para Dominikan di Naples, Paris dan Cologne. Ia ditahbiskan di Cologne, Jerman, pada tahun 1250, dan melanjutkan mengajar teologi di Universitas Paris.

Teolog Dominika Italia Saint Thomas Aquinas adalah salah satu pemikir Skolastik abad pertengahan yang paling berpengaruh dan bapak dari sekolah teologi Thomistik. Menggabungkan prinsip-prinsip teologis iman dengan prinsip-prinsip filosofis akal, Thomas menempati dirinya ai antara para pemikir Skolastik abad pertengahan yang paling berpengaruh.

Gambaran halaman depan salah satu buku karya St Thomas Aquinas. IST

Masa muda

Thomas adalah putra Landulph Aquino, seorang bangsawan. Ia lahir sekitar tahun 1225 di Roccasecca, Italia, dekat Aquino, Terra di Lavoro, di Kerajaan Sisilia. Thomas adalah bungsu dari Sembilan bersaudara. Ibunya, Theodora, adalah Countess Teano. Thomas adalah keturunan Kaisar Frederick I dan Henry VI, mereka dianggap sebagai bangsawan.

Sebelum Thomas lahir, seorang pertapa suci berbagi ramalan dengan ibunya, meramalkan bahwa putranya akan memasuki Ordo Pengkhotbah, menjadi pembelajar yang hebat dan mencapai kesucian yang tiada bandingnya.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Thomas mengisi hari-harinya dengan bepergian, menulis, mengajar, berbicara di depan umum, dan berkhotbah. Lembaga-lembaga keagamaan dan universitas sama-sama mendambakan manfaat dari kebijaksanaan “Rasul Kristen” ini.

Pemikiran Thomas

Di garis depan pemikiran abad pertengahan adalah perjuangan untuk mendamaikan hubungan antara teologi (iman) dan filsafat (akal). Orang-orang berselisih tentang bagaimana menyatukan pengetahuan yang mereka peroleh melalui wahyu, dengan informasi yang mereka amati secara alami, menggunakan pikiran dan indera mereka. Berdasarkan “teori kebenaran ganda” Averroes, kedua jenis pengetahuan itu saling bertentangan secara langsung.

Thomas percaya bahwa keberadaan Tuhan dapat dibuktikan dalam lima cara, pertama, mengamati pergerakan di dunia sebagai bukti Tuhan, “Penggerak yang Tak Tergoyahkan”. Kedua, mengamati sebab dan akibat dan mengidentifikasi Tuhan sebagai penyebab segala sesuatu. Ketiga, menyimpulkan bahwa sifat tidak kekal makhluk membuktikan keberadaan makhluk yang diperlukan, Tuhan, yang hanya berasal dari dalam dirinya sendiri. Keempat, memperhatikan berbagai tingkat kesempurnaan manusia dan menentukan bahwa makhluk tertinggi dan sempurna karena itu harus ada. Kelima, mengetahui bahwa makhluk-makhluk alam tidak dapat memiliki kecerdasan tanpa diberikan kepada mereka oleh Tuhan.

Pemikiran ini menjadi pembelajaan Thomas terhadap kemampuan orang untuk secara alami memahami bukti adanya Tuhan. Selanjutnya, Thomas menangani tantangan untuk melindungi gambar Tuhan sebagai makhluk yang mahakuasa.

Thomas juga secara unik membahas perilaku sosial yang pantas terhadap Tuhan. Dengan melakukan itu, dia memberikan ide-idenya dalam konteks kehidupan sehari-hari—beberapa orang akan mengatakan abadi.

Terkait kehidupan social, Thomas percaya bahwa hukum negara, pada kenyataannya, merupakan produk alami dari sifat manusia, dan sangat penting untuk kesejahteraan sosial. Dengan mematuhi hukum sosial negara, orang bisa mendapatkan keselamatan abadi jiwa mereka di akhirat, katanya.

Thomas mengidentifikasi tiga jenis hukum: alam, positif dan abadi. Menurut risalahnya, hukum kodrat mendorong manusia untuk bertindak sesuai dengan pencapaian tujuannya dan mengatur perasaan manusia tentang benar dan salah; hukum positif adalah hukum negara, atau pemerintah, dan harus selalu merupakan manifestasi dari hukum alam; dan hukum abadi, dalam hal makhluk rasional, bergantung pada akal dan dijalankan melalui kehendak bebas, yang juga bekerja menuju pencapaian tujuan spiritual manusia.

Menggabungkan prinsip-prinsip teologi tradisional dengan pemikiran filosofis modern, risalah Thomas menyentuh pertanyaan dan perjuangan para intelektual abad pertengahan, otoritas gereja, dan orang biasa. Mungkin inilah tepatnya yang menandai mereka sebagai tak tertandingi dalam pengaruh filosofis mereka pada saat itu, dan menjelaskan mengapa mereka akan terus berfungsi sebagai blok bangunan untuk pemikiran kontemporer—mengumpulkan tanggapan dari para teolog, filsuf, kritikus, dan orang percaya—sesudahnya.

Seorang adalah penulis yang produktif, tak kurang 60 karya sudah ia tulis. Satu dari karya itu adalah Summa Theologica, ditulis dari tahun 1265 hingga 1274buku ini diikuti oleh Summa Contra Gentiles. Thomas juga dikenal karena menulis komentar yang meneliti prinsip-prinsip filsafat alam yang dianut dalam tulisan-tulisan Aristoteles.

Tak lama setelah kematiannya, tulisan-tulisan teologis dan filosofis Thomas mendapat pujian publik yang besar dan memperkuat pengikut yang kuat di antara para Dominikan. Kalangan universitas, seminari dan perguruan menggantikan Empat Buku karya Lombardi dengan Summa Theologica sebagai buku teks teologi terkemuka. Pengaruh tulisan Thomas begitu besar, bahkan hingga saat ini diperkirakan ada 6.000 komentar atas karyanya.

Hidup Suci

Selama Pesta Santo Nicolas pada tahun 1273, Thomas mendapat penglihatan mistik yang membuat karya-karyanya tampak tidak penting baginya. Pada saat Misa, dia dilaporkan mendengar suara yang datang dari salib yang berkata, “Engkau telah menulis dengan baik tentang aku, Thomas; hadiah apa yang akan kamu dapatkan?”. Pada saat itu, Thomas menjawab, “Tidak lain adalah dirimu sendiri, Tuhan.”

Ketika bapa pengakuannya, Pastor Reginald Piperno mendesaknya untuk terus menulis, Thimas menjawab, rahasia terbesar telah diungkapkan kepadanya, sehingga semua yang ia tulis sekarang tampaknya tidak berarti apa-apa. Sejak itu, Thomas tidak pernah menulis lagi.

Pada bulan Januari 1274, Thomas memulai perjalanan ke Lyon, Prancis, dengan berjalan kaki untuk melayani di Konsili Lyon II, tetapi tidak pernah berhasil sampai di sana. Sepanjang jalan, ia jatuh sakit dan berhenti di Biara Cistercian di Fossanova, Italia. Para biarawan ingin Thomas tinggal di kastil, tetapi, merasakan bahwa kematiannya sudah dekat, Thomas lebih suka tinggal di biara. Sering disebut “Guru Universal,” Thomas meninggal di biara Fossanova pada tanggal 7 Maret 1274. Ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes XXII pada tahun 1323.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version