33.3 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Gencatan Senjata Natal 1914

BERITA LAIN

More
    Para tentara dari kedua kubu yang bertikai menghentikan serangan selama Genjatan Senjata Natal 1914 dan mengisi Natal dengan bermain sepak bola. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Pengalaman berperang dalam “The Great War,” Perang Dunia I, ditandai dengan kebrutalan dan kesengsaraan dalam skala yang belum pernah terlihat sebelumnya. Realitas mengerikan dari perang parit telah, hanya dalam lima bulan, merenggut satu juta nyawa pada saat Natal tiba pada tahun 1914. Atas perintah atasan mereka, para pemuda dari kedua belah pihak secara rutin saling menembak atau menyerang dengan gas.

    Namun di tengah masa yang begitu mengerikan dalam sejarah umat manusia, ada secercah cahaya: “gencatan senjata Natal” tahun 1914. Pada suatu pagi Natal yang dingin, tentara dari kedua sisi parit memanjat kawat berduri, mengangkat tangan, dan berjabat tangan. Hadiah dipertukarkan, dan saat itu hanya bola sepak yang terbang dan bukannya peluru.

    Tapi apakah cerita Natal seperti itu pernah benar-benar terjadi, atau apakah gencatan senjata Natal hanya legenda? Sayangnya, itu benar-benar terjadi.

    Untuk satu hal, gencatan senjata Natal tidak diamati secara universal di Front Barat. Menurut Imperial War Museum, gambaran perang parit pada tahun 1914 adalah bahwa setiap sektor sangat berbeda. Jadi meskipun gencatan senjata memang terlihat di banyak sektor di sepanjang front Belgia dan Prancis pada Hari Natal 1914, ini tidak berlaku di seluruh garis depan. Beberapa tentara tidak merasakan keinginan untuk bersosialisasi dengan musuh.

    Menurut satu catatan, orang-orang di kedua sisi parit mulai menyanyikan lagu-lagu Natal pada Malam Natal – suara serak mereka, bernyanyi dalam bahasa ibu mereka masing-masing, terbawa ke tanah diselimuti salju. Kemudian, menurut saksi, seorang tentara Jerman berteriak melintasi hamparan 30 yard: “Besok, kamu tidak menembak, kami tidak menembak.”

    Keesokan paginya, setelah menyeberang ke tanah tak bertuan, para prajurit muda mulai bertukar cokelat, alkohol, dan rokok. Sebuah bola sepak dibuat dengan bahan seadanya, dan mereka pun bermain. Setelah berjam-jam bersosialisasi dan menikmati kebersamaan satu sama lain – dan juga mengubur dan memberi penghormatan kepada orang mati – orang-orang dari kedua belah pihak kembali ke parit mereka, tanpa cedera.

    Foto yang menunjukkan gambaran Genjatan Senjata Natal 1914. IST

    Gencatan senjata Natal tidak muncul begitu saja. Paus Benediktus XV, sering mencela agresi dan pertumpahan darah perang dan menyerukan perdamaian dalam sebuah surat beberapa minggu sebelum Natal 1914. Dia juga meminta, secara eksplisit, untuk gencatan senjata Natal , meskipun sumber utama untuk permintaan ini terbukti sulit ditemukan. Meskipun diabaikan oleh para pemimpin pasukan — dan mungkin tidak diketahui oleh banyak prajurit — oleh pemeliharaan ilahi, gencatan senjata yang diminta oleh Benediktus akhirnya terjadi.

    Tak ada foto yang menggambarkan situasi parit saat perang berkecamuk, tetapi banyak foto yang diambil, terutama selama gencatan senjata. Berkat foto-foto itu, dan laporan tertulis para prajurit dalam surat dan buku harian mereka, surat kabar di seluruh dunia mulai menerbitkan laporan tentang gencatan senjata pada akhir Desember 1914.

    Para tentara dari kedua kubu yang bertikai menghentikan serangan selama Genjatan Senjata Natal 1914. IST

    Kelanjutan Perang

    Meskipun tertanam dalam ingatan orang-orang yang mengambil bagian di dalamnya, sulit untuk mengatakan apakah gencatan senjata itu mengubah jalannya perang. Selain itu, gencatan senjata secara umum menjadi jauh lebih jarang setelah tahun 1914, setelah perintah tegas dari komandan tinggi di kedua sisi memperingatkan terhadap gencatan senjata di masa depan. Bersahabat dengan musuh sangat berisiko, dan para komandan menindaknya, di tengah kampanye propaganda agresif di kedua sisi untuk merendahkan — dan menanamkan kebencian terhadap — musuh.

    Namun, perintah itu mungkin diperdebatkan, karena perang itu sendiri mulai berubah — meskipun sebelumnya pasti brutal, kondisi dan taktik menjadi lebih kejam seiring berjalannya perang, terutama di pihak Jerman, dengan metode baru dan mematikan seperti gas dan peperangan tank mulai digunakan. Aktivitas kapal selam Jerman menyebabkan tenggelamnya kapal seperti Lusitania, dengan banyak korban sipil. Secara keseluruhan, godaan untuk berempati dengan musuh memudar di parit.

    Sebagian sebagai akibatnya, gencatan senjata Natal, meskipun didokumentasikan dengan baik, mengambil karakter mitis. Itu pasti terjadi – tetapi tidak ada yang tersebar luas yang hampir terjadi lagi.

    “Perang Besar”, tentu saja, berakhir beberapa tahun kemudian, pada November 1918. Namun perselisihan, konflik, dan kekerasan sektarian terus berlanjut hingga hari ini. Seruan konstan untuk gencatan senjata terus berlanjut di tempat-tempat seperti Ukraina, dengan Paus Fransiskus sering menjadi suara terdepan.

    Harapan yang ditanamkan oleh episode sejarah ini – harapan bahwa pada hari Pangeran Damai lahir, perdamaian dapat memerintah di bumi – tidak dapat ditolak. Mungkin, tahun ini, kita akan melihat sesuatu seperti gencatan senjata Natal terjadi sekali lagi.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI