29.4 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Lima Hal Menarik yang Perlu Diketahui Tentang Malaikat

BERITA LAIN

More
    St. Aloysius Gonzaga dan para Malaikat. IST

    JAKARTA, Pena Katolik – Pesta Malaikat Agung: Michael, Gabriel dan Raphael pada tanggal 29 September dan Malaikat Penjaga pada tanggal 2 Oktober 2023 hari ini, mengingatkan kita untuk menghormati para malaikat setiap hari dan juga mengenal mereka lebih jauh. St. Aloysius Gonzaga, yang meninggal karena wabah pada usia 23 tahun, menulis Meditasi tentang Malaikat Suci, untuk berbagi wawasan tentang penolong surgawi.

    St. Aloysius mengajarkan untuk memiliki pengetahuan dan pengabdian yang sama seperti yang dia miliki tentang malaikat. Ia memberi beberapa pengetahuan yang “harus diketahui” :

    1. Jumlahnya Melebihi Umat Manusia

    Jumlah malaikat yang membentuk Laskar Surgawi jauh melebihi jumlah seluruh umat manusia, bukan hanya manusia yang hidup sekarang tetapi semua yang pernah hidup dan semua yang akan hidup, sejak awal dunia sampai akhir. Jumlah Roh yang diberkati ini sebanding dengan jumlah butiran pasir di lautan, atau jumlah bintang di cakrawala, yang menurut kebijaksanaan kitab suci tidak dapat dihitung.” (Daniel 7:10 mencerminkan hal yang sama.)

    2. Sembilan Paduan Suara Malaikat

    Ada sembilan paduan suara malaikat. Mengetahui peringkat mereka memberi kita gambaran tentang kemuliaan Surga. Kesembilan paduan suara tersebut dibagi menjadi tiga hierarki utama, yang kemudian dibagi menjadi tiga.

    Hirarki pertama dan paling agung terdiri dari Seraphim, Kerubim, dan Thrones. Singkatnya, Seraphim berfungsi “sebagai pengadilan rahasia” bagi raja. Kerubim mengkomunikasikan kelimpahan pengetahuan, kebijaksanaan dan kecerdasan mereka secara melimpah kepada tingkatan yang lebih rendah. Thrones “seperti teman akrab dan penolong Allah.”

    Hierarki kedua (tengah) malaikat adalah dominasi, kebajikan, dan kekuasaan. “Masing-masing peringkat ini ditugaskan untuk mengatur peringkat yang lebih rendah dari mereka.”

    Dominasi ini “menjalankan kekuasaan mereka seperti gubernur regional atau duta besar Pangeran Agung, bekerja sesuai dengan kehendak Tuhan.” Kebajikan “berbagi dalam kebajikan dan kekuatan Tuhan yang tak terbatas untuk melakukan tugas-tugas yang sulit dan berat atas nama Tuhan di alam yang Dia ciptakan, menghasilkan efek ajaib untuk kemuliaan Raja mereka.” Kekuasaan bekerja dengan tekun untuk menghilangkan rintangan dan halangan yang mungkin menghentikan jiwa dari keselamatan.

    Hirarki ketiga terdiri dari malaikat agung, dan malaikat. Setiap kerajaan ditugaskan untuk mengawasi wilayah atau provinsi tertentu di Bumi. (Dalam penampakan pertama malaikat tersebut kepada anak-anak di Fatima, dia mengidentifikasi dirinya sebagai “Malaikat Perdamaian.” Dalam penampakannya yang kedua, dia berkata, “Saya adalah malaikat penjaganya, Malaikat Portugal.) Kemudian malaikat agung dan malaikat “adalah mereka yang menaungi manusia dan dunia ciptaan, bertindak sebagai utusan Raja Surga.”

    3. Tiga Nama

    Hanya ada tiga nama malaikat agung dalam Alkitab, dimulai dengan St. Michael. Kita seharusnya sudah mengetahui sebagian perannya dari mendaraskan Doa kepada St. Michael yang dipakai oleh banyak Gereja di akhir Misa. Namun masih banyak lagi yang perlu diketahui. Dalam Perjanjian Lama, St. Michael ditunjuk sebagai pelindung dan penjaga sinagoga. Dalam Perjanjian Baru, dia adalah pembela dan pembimbing Gereja.

    St Michael berjuang demi umat Allah di Mesir ketika mereka “dibebaskan dari penindasan Firaun melalui tanda-tanda dan mukjizat.” St. Michael membunuh anak sulung Mesir pada hari Paskah pertama. Kekuatan St. Michael menenggelamkan pasukan Firaun di Laut Merah.

    Santo Michael-lah yang membimbing jiwa-jiwa umat beriman setelah kematian dalam perjalanan mereka, mengusir roh-roh jahat dan membawa jiwa-jiwa dengan selamat ke pelataran Kristus. Ketika akhir dunia mendekat, St. Michael akan melindungi Gereja dari Antikristus dan gerombolan musuh yang menyerangnya.

    St Gabriel adalah “perantara khusus antara Tuhan Yang Maha Tinggi dan Perawan Nazareth yang rendah hati, antara Sabda Abadi dan sifat kemanusiaan kita.” Namun apakah kita juga menganggapnya sebagai [JP3] “sahabat pasangan yang setia dan dapat dipercaya, yang kepadanya keajaiban menakjubkan Inkarnasi Ilahi dan kedatangannya menjadi manusia”? Atau sadari “betapa tingginya penghargaan Jibril di hadapan Allah, karena ia memilih untuk mempercayakan kepada-Nya harta yang paling disayangi dan berharga – yakni pasangan dan ibu tercintanya, Perawan Maria yang Terberkati?”

    4. Hubungan Raphael dan para Malaikat

    Ada hubungan erat antara St. Raphael dan para malaikat kita sendiri. Dalam Kitab Tobit, ia menjadi bagi Tobit dan putranya, Tobias, dan bagi kita semua, “sebuah teladan yang diberikan malaikat pelindung kepada kita masing-masing. Dalam tindakannya, dia melambangkan dan mengilustrasikan peran yang diberikan kepada masing-masing malaikat pelindung.”

    Ketika Tobias akan melakukan perjalanan jauh, Raphael “tiba untuk menjadi pendamping dan wali Tobias muda dan berjanji untuk bertindak sebagai pemandunya sepanjang perjalanannya.” Malaikat pelindung kita juga membawa kita masing-masing ke dalam “perlindungan dan perlindungan khusus”.

    Seperti Raphael menuntun Tobias kembali ke kampung halamannya bersama Sarah, malaikat pelindung kita akan membawa kita ke “Tanah air surgawi setelah perjalanan panjang dan berbahaya dalam hidup ini selesai,” “ke Surga surgawi istirahat abadi, yang merupakan tempat asal sejati jiwamu. tanah.”

    5. Malaikat Pelindung

    Mazmur 91:11-12 menceritakan kepada kita tentang karunia Tuhan yang menakjubkan berupa malaikat pelindung. “Sebab Dia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya di sekitarmu untuk menjagamu dalam segala jalanmu. Dengan tangan mereka mereka akan mengangkat engkau, sehingga kakimu tidak terbentur batu.” Terakhir, seperti yang dilakukan St. Aloysius, ingatlah dan dengan cara tertentu menghormati para malaikat, sahabat surgawi kita, setiap hari.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI