Kisah Iman dan Karya Romo Paulus Henricus Janssen CM

0
116
Agus Kus Meri, AM Putut Prabantoro, Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto O Carm, Robertus Winarto, dan Lucius Gora Kunjana, di Keuskupan Malang. IST

MALANG, Pena Katolik – Uskup, Malang, Mgr Henricus Pidyarto Gunawan O Carm, Provinsial para suster ALMA (Asosiasi Lembaga Misionaris Awam), Suster Cicilia Suratmi, dan Provinsial Kongregasi CM (Congregatio Missionis) Romo Antonius Gigih Julianto CM mendukung penulisan buku yang menceritakan Romo Paulus Henricus Janssen CM. Dukungan juga datang dari Yohanes Subasno, Rektor Sekolah Tinggi Pastoral – Institut Pastoral Indonesia (STP – IPI) Malang.

Buku tersebut dalam proses penulisan oleh AM Putut Prabantoro dan Lucius Gora Kunjana dari Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI). Penulisan buku ini berangkat dari mimpi yang diterima Robertus Winarto, yang berprofesi sebagai konsultan pajak dan tinggal di Jakarta.  Fokus penulisan berbeda dengan buku yang pernah terbit sebelumnya. Tulisan yang disajikan kali ini akan fokus pada segala peristiwa rohani ataupun mimpi yang diterima oleh siapa saja, pasca Rm Henricus Janssen meninggal.

Romo Janssen dikenal sebagai pendiri Suster-Suster ALMA dan Bruder-Bruder ALMA. Ia juga dikenal karena mendirikan Pusat Rehabilitasi dan Panti Asuhan Berkebutuhan Khusus Bhakti Luhur, Institut Pastoral Indonesia (IPI). Karena karyanya, ia disebut dan identik sebagai “Romo pecinta Kaum Papa” dan “Bapak Para Penyandang Disabilitas, Miskin dan Terlantar di Indonesia”.

Karya kemanusiaannya dimulai sejak di Madiun dan sampai akhirnya menetap di Malang, Jawa Timur. Pada tanggal 20 Desember 2006, ia menerima Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI, H Susilo Bambang Yudhoyono di Solo, Jawa Tengah.

AM Putut Prabantoro menjelaskan, terkait dengan penyusunan buku ini, dibuka media komunikasi melalui WA No 0823-1085-6652 dan email bukuphjcm2023@gmail.com Media komunikasi ini untuk memudahkan komunikasi antara redaksi penyusunan buku dan para calon narasumber. Mgr Pidyarto menyatakan kesediaan dirinya untuk terlibat dalam pembuatan buku. 

“Niat untuk membuat buku tentang Rm Henricus itu bagus. Saya mendukung dan nanti jika bukunya sudah selesai saya pun bersedia jika diminta menulis kata pengantar,” tutur Mgr Pidyarto.

Provinsial ALMA Sr. Cicilia Suratmi ALMA mengatakan, Romo Janssen adalah Vincentian sejati, karena dia mengikuti alur Vincentius. Bedanya, kalau Vincentius mengangkat lima keutamaan, Romo Janssen menambah tiga keutamaan lagi: rukun, gembira, dan kasih pelayanan. Sedangkan lima keutamaan Vincentius itu adalah kesederhanaan, rendah hati, lembut hati, mati raga, dan penyelamatan jiwa-jiwa.

Dalam perbincangan yang berlangsung sekitar dua jam, Provinsial Kongregasi CM ini memberikan banyak masukan terutama terkait sejumlah narasumber yang bisa diwawancarai untuk mengumpulkan bahan yang belum terungkap.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here