Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Membuka ‘Visi Kenabian’ Flannery O’Connor, Penulis yang Mempelajari Thomisme

Flannery O Connor IST

Pastor Damian Ference OP

Pena Katolik – Flannery O’Connor meninggal karena lupus yang diwarisi ayahnya pada usia 39 tahun setelah mengabaikan prognosis kematian selama tujuh tahun. Kematiannya pada bulan Agustus 1964 tidak hanya berarti akhir tragis dari kehidupan mudanya tetapi juga hilangnya seorang penulis yang dipuji sejak saat itu sebagai talenta sastra Katolik terbaik dan paling berbakat di Amerika abad ke-20.

Para sarjana masih mendiskusikan karyanya hingga saat ini meskipun karir profesionalnya berlangsung kurang dari dua dekade dan dia sama sekali tidak produktif. Dua novelnya, Wise Blood (1952) dan The Violent Bear It Away (1960), diterbitkan hanya dengan sedikit pujian dan dia menjadi terkenal terutama karena cerita-cerita pendeknya, dengan Complete Stories-nya yang memenangkan Penghargaan Buku Nasional AS untuk Fiksi setelahnya. diterbitkan secara anumerta pada tahun 1972. Warisannya juga mencakup ceramahnya, beberapa di antaranya dimuat dalam Mystery and Manners (1969), dan surat-surat pribadi yang disusun dalam The Habit of Being (1979).

Bersama-sama mereka terus menarik pengikut aliran sesat yang mencakup Uskup AS Robert Barron dari Winona-Rochester, pendiri pelayanan media Word on Fire, penerbit buku baru ini, dan ayah dan anak aktor Ethan dan Maya Hawke yang baru-baru ini memfilmkan film O. Film biografi Connor berjudul Wildcat (judul salah satu cerita awalnya).

Daya tarik karya-karya O’Connor terhadap tokoh-tokoh tersebut tidak terletak pada “pemukulan, penganiayaan, penenggelaman, pemerkosaan dan pembunuhan” yang dangkal sehingga kisah-kisahnya dikritik sebagai “brutal” dalam hidupnya. Daya tariknya justru terletak pada kompleksitas berlapis-lapis serta landasan teologis dan filosofisnya. Tidak ada yang sedalam kulitnya. Di bawah permukaannya terdapat tema-tema Kristen ortodoks yang kaya dan bermakna seperti karya kasih karunia dan misteri penebusan yang diuraikan melalui simbol dan alegori, di antara perangkat sastra lainnya, dan diceritakan melalui karakter-karakter yang sangat realistis. Seseorang mungkin akan berhenti membaca cerita-cerita seperti itu, seperti Uskup Barron, yang yakin bahwa O’Connor pada dasarnya adalah seorang seniman, dan juga seorang seniman yang hebat.

Dalam buku ini, Pastor Damian Ference, seorang profesor filsafat Dominika dan vikaris evangelisasi di Keuskupan Cleveland AS, menjelaskan bagaimana “seni naratif” semacam itu paling baik dipahami di luar hal-hal aneh dan lanskap yang diciptakan O’Connor dengan disiplin sastra yang ketat dan ekonomi sehingga ketat jarang ditemukan kata yang berlebihan, apalagi kalimat. Keahliannya sedemikian rupa sehingga Evelyn Waugh pernah berkata bahwa dia menganggapnya “luar biasa” pada seorang wanita muda. Seperti suaminya, dia fasih dan transparan, mampu menemukan kata yang tepat untuk menyampaikan dan menerangi, untuk membangun karakter yang benar-benar masuk akal dan dapat dikenali. Namun dia unik dalam menyembunyikan fakta bahwa dia tidak hanya “berenang secara praktis” dalam karya-karya St Thomas Aquinas, menurut Ference, tetapi dengan cerdik juga mengkhotbahkan Thomisme, dan inilah fokus karyanya.

Ference mengatakan bahwa banyak sarjana yang telah mempelajari karya-karyanya telah melewatkan poin ini dan hanya segelintir – terutama Marion Montgomery, Henry Edmondson dan Christina Bieber Lake – yang mendekati kisah-kisahnya secara filosofis. Dia berjanji kepada pembaca bahwa untuk pertama kalinya dia akan memberikan “perlakuan menyeluruh dan sudah lama tertunda terhadap filosofi Thomistik yang mendasari seni naratif O’Connor”.

Dia menawarkan untuk mengungkap sepenuhnya harta terpendam dari kisah-kisah ini sehingga orang dapat menikmatinya sepenuhnya dan belajar darinya. Dia memenuhi janji-janjinya dengan baik dengan bagian-bagian yang mudah diakses namun ilmiah yang didedikasikan untuk metafisika, epistemologi dan etika yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembacanya “seperti osmosis”.

Pekerjaan ini memang sudah terlambat karena O’Connor memang punya banyak hal untuk diajarkan. Seperti banyak orang saat ini, ia juga prihatin dengan munculnya ideologi baru dan destruktif. Dia melihat ateisme di Amerika pascaperang dengan cepat berkembang dalam bentuk nihilisme Nietzschean, sebuah gerakan yang sebagian membuka jalan bagi runtuhnya keyakinan yang menyertai Revolusi Seksual.

Dia menangani kemurtadan modern dengan paling jelas dalam karakter Hazel Motes dalam Wise Blood. Motes adalah seorang pria yang mendirikan “gereja tanpa Kristus”. Ia mengesampingkan peran hati nurani, yang dijelaskan oleh St John Henry Newman sebagai “prinsip penghubung antara makhluk dan Penciptanya”, dengan kata-kata: “Hati nurani Anda adalah sebuah tipuan, ia tidak ada, dan jika Anda berpikir demikian, maka sebaiknya kamu mengeluarkannya di tempat terbuka, memburunya dan membunuhnya.”

Ference menunjukkan bagaimana O’Connor bergulat dengan fenomena yang sama secara lebih halus dalam cerita-cerita pendeknya, dengan karakter Mr Paradise di The River, misalnya, yang mewakili penjual ideologi utopis yang mengancam akan merusak generasi muda.

Tanpa ragu lagi, O’Connor melihat apa yang akan terjadi. Manfaat dari buku baru yang luar biasa ini adalah membantu kita melihat lebih baik dari sudut pandangnya – tidak hanya ancaman yang ada di hadapan kita, namun juga solusi yang dia anggap penting untuk bertahan dalam ujian zaman.

Dia menemukan dalam Thomisme banyak, jika tidak semua, jawabannya, terutama ajaran Aquinas bahwa setiap orang adalah gabungan tubuh dan jiwa. Seperti dia, dia melihat manusia sebagai orang yang berpengetahuan dan bukan sekedar pemikir, makhluk yang mencapai kebahagiaan sejati dengan mempelajari hakikat Tuhan dan kebenaran Manusia melalui indera serta intrik pikiran rasional.

Bandingkan hal ini dengan pemisahan yang mencolok antara daging dan jiwa yang melekat dalam ideologi gender. “Manusia mempertanyakan kodratnya,” keluh Paus Benediktus XVI dalam pidatonya di hadapan Kuria beberapa minggu sebelum dia meninggalkan pelayanan petrinenya. “Mulai saat ini ia hanyalah roh dan kemauan… Mulai saat ini yang ada hanyalah manusia abstrak, yang memilih sendiri apa yang menjadi kodratnya.”

O’Connor menulis dongeng bukan hanya untuk dinikmati tetapi juga untuk mendekatkan manusia kepada Tuhan. Ference mengungkapkan sejauh mana dia adalah seorang seniman yang sangat berbakat dan seorang Katolik yang memiliki visi kenabian yang mengantisipasi kesengsaraan di era pasca-modern, namun tetap berpegang pada harapan pada iman yang ingin dia bagikan dalam bentuk amal.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini