30.2 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Jalan Menuju Kekudusan, Maria Cristina Cella Mocellin: Ibu Muda dari Tiga Anak

BERITA LAIN

More
    Maria Cristina Cella Mocellin (Pena Katolik/Vatikan Media).

    ROMA, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengesahkan Dekrit tentang kebajikan heroik dari Venerabilis Maria Cristina Cella Mocellin. Maria menunda perawatan kemoterapi untuk menyelamatkan anaknya yang belum lahir. Inilah yang menjadi penyebab Langkah kekudusannya.

    Paus Fransiskus juga menyetujui Langkah selanjutnya untuk proses beatifikasi dari Enrica Beltrame Quattrocchi, yang kedua orangtuanya juga dibeatifikasi pada tahun 2001; serta Placido Cortese, seorang biarawan Fransiskan yang meninggal di bawah siksaan Gestapo.

    Tiga sosok ini hidupnya bercirikan penyerahan diri pada kasih Tuhan, kepercayaan pada rahmat, dan harapan pada pengampunan-Nya. Inilah ciri-ciri yang membedakan Hamba-hamba Tuhan yang baru.

    Setelah audiensi hari Senin dengan Kardinal Marcello Semeraro, Prefek Kongregasi untuk Pekerjaan Para Kudus, Paus Fransiskus memberi wewenang kepada dikasteri ini untuk mengumumkan dekrit tentang kebajikan heroik Enrichetta Beltrame Quattrocchi, Fra Placido Cortese, dan Maria Cristina Cella Mocellin.

    Kisah Maria

    Kisah Maria Cristina Cella Mocellin mengingatkan kita pada kisah St. Gianna Beretta Molla, dan baru-baru ini tentang Chiara Corbella Petrillo. Maria Cristina lahir pada 18 Agustus 1969 di Cinisello Balsamo, Milan, Italia. Ia dibesarkan di paroki, dan selama tahun-tahun sekolah menengahnya memulai perjalanan penegasan kejuruan dalam komunitas Puteri Maria Penolong Umat Kristiani Don Bosco.

    Ia bertemu Carlo pada usia 16, dia mengubah perspektifnya dan merasa dia dipanggil untuk menikah. Dua tahun setelah ditemukannya sarkoma di kaki kirinya, perawatan dan terapi tidak mengalihkan perhatiannya dari menyelesaikan sekolah menengah dan menikahi Carlo pada tahun 1991. Pasangan itu memiliki dua anak, tetapi segera setelah Maria Cristina mengetahui bahwa dia hamil anak ketiganya.

    Pada kehamilan anak ketiganya Riccardo, penyakit sarkoma itu muncul kembali. Namun, Maria Cristina memilih untuk melanjutkan kehamilan, menjalani perawatan yang tidak akan membahayakan nyawa anaknya. Dalam sebuah surat dia memberi tahu Riccardo, anak ketiganya, tentang saat-saat itu:

    “Dengan segenap kekuatan saya, saya menolak untuk menyerahkamu, sedemikian rupa sehingga dokter sudah mengerti segalanya dan tidak menambahkan apa-apa lagi. Riccardo, kamu adalah hadiah bagi kami. Itu adalah malam itu, di dalam mobil dalam perjalanan kembali dari rumah sakit, bahwa kamu pindah untuk pertama kalinya. Sepertinya kamu berkata, ‘Terima kasih ibu telah mencintaiku!’ Dan bagaimana mungkin kami tidak mencintaimu? Kamu sangat berharga, dan ketika saya melihatmu dan melihat kamu begitu cantik, lincah, ramah, saya berpikir bahwa tidak ada penderitaan di dunia yang tidak layak untuk melahirkan seorang anak.”

    Maria Cristina meninggal karena kanker pada usia 26, yakin akan kasih Bapa, setia kepada-Nya dalam rencana-Nya. (Pena Katolik/AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI