32.8 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Paus Fransiskus akan Menghadiri Konferensi Perubahan Iklim di Dubai pada Bulan Desember

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus. Pena Katolik

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengatakan dalam sebuah wawancara televisi Italia pada hari Rabu bahwa ia bermaksud melakukan perjalanan ke Dubai, Uni Emirat Arab, untuk menghadiri konferensi perubahan iklim COP28 pada awal Desember.

    “Saya yakin saya berangkat pada tanggal 1 [Desember] dan tinggal sampai tanggal 3. Saya akan berada di sana selama tiga hari,” kata Paus di jaringan televisi pemerintah Italia RAI dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada malam tanggal 1 November.

    Paus Fransiskus tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan yang sempat dikabarkan namun belum diumumkan secara resmi oleh Vatikan. Paus bertemu dengan calon presiden COP28 UEA, Sultan Al Jaber, di Vatikan pada pertengahan Oktober. KTT perubahan iklim akan berlangsung di Expo City Dubai 30 November – Desember. 12.

    Konferensi perubahan iklim tahunan PBB, yang dikenal sebagai “Konferensi Para Pihak” (COP), mencakup negara-negara yang telah menandatangani Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim, Protokol Kyoto, dan/atau Perjanjian Paris.

    KTT ini, yang diadakan di negara berbeda setiap tahunnya, merupakan sebuah kesempatan bagi para pemimpin dunia, yang mewakili aktor-aktor negara dan non-negara, untuk bertemu dan mendiskusikan tujuan-tujuan kebijakan yang berupaya untuk menetapkan tujuan-tujuan bersama – dan seringkali ambisius – untuk mitigasi perubahan iklim.

    Ini akan menjadi kedua kalinya Paus Fransiskus melakukan perjalanan ke negara Timur Tengah tersebut. Pada bulan Februari 2019, ia mengunjungi ibu kota UEA, Abu Dhabi, untuk mempromosikan dialog antaragama dan mendukung kelompok minoritas Kristen.

    Selama perjalanan tanggal 3–5 Februari 2019, beliau menandatangani “Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama” dengan Imam Besar al-Azhar, Ahmed el-Tayeb. Fransiskus adalah Paus pertama yang mengunjungi semenanjung Arab. Isu iklim dan lingkungan hidup telah menjadi prioritas masa kepausan Paus Fransiskus.

    Pada tanggal 4 Oktober, ia merilis dokumen besar keduanya mengenai topik ini, nasihat apostolik Laudate Deum (“Puji Tuhan”), yang di dalamnya ia memperingatkan “konsekuensi serius” jika umat manusia terus mengabaikan ancaman perubahan iklim.

    Dalam wawancara tanggal 1 November dengan RAI, Paus Fransiskus mengenang bagaimana ia memutuskan untuk menulis dokumen pertamanya mengenai topik tersebut, ensiklik Laudato Si’ tahun 2015, menjelang KTT COP21 di Paris.

    “Pertemuan Paris adalah pertemuan terbaik,” katanya, karena “setelah Paris, semua orang mengalami kemunduran dan dibutuhkan keberanian untuk bergerak maju.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI