26.5 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Seorang Gadis Nigeria Berusia 14 Tahun, Menjadi Martir, dalam Proses Beatifikasi

BERITA LAIN

More
    Vivian Ogu saat mengajar sekolah inggu di Paroki St Paulus. Aleteia

    NIGERIA, Pena Katolik – Vivian Ogu telah menjadi inspirasi di Nigeria. Ia adalah seorang gadis Nigeria yang diculik pada tahun 2009. Selama hidupnya, ia meniru teladan hidup St. Maria Goretti. Saat ini, ia dalam proses untuk diakui sebagai martir.

    Pada tanggal Minggu pagi, 15 November 2009, Vivian berbicara tentang topik keperawanan di parokinya, Gereja Katolik St. Paulus di Utara Nigeria. Pada malam itulah, dia diculik secara paksa bersama kakak perempuannya oleh tiga pria bersenjata. Penculik itu juga merampok barang-barang berharga orangtuanya.

    Para pria tersebut kemudian mencoba memperkosa Vivian dan saudara perempuannya. Vivian melawan penyerangnya dan berteriak kepada adiknya untuk melawan juga, sampai adiknya berhasil melarikan diri. Perampok itu akhirnya menembak Vivian, dan tubuhnya ditemukan keesokan harinya.

    Vivian adalah seorang Katolik yang setia dan taat sejak usia muda. Dia terlibat dalam kelompok doa dan secara aktif mengajar anak-anak lain tentang iman. Sejak kematiannya, teladan kepahlawanannya telah menjadi inspirasi di seluruh Nigeria dan “Gerakan Vivian Ogu” dimulai pada tahun 2014 untuk mengenangnya.

    Karena keberaniannya yang luar biasa dan pengaruhnya yang bertahan lama, Konferensi Waligereja Nigeria mempertimbangkan kasusnya dan meluncurkan upaya kanonisasinya pada tanggal 14 September 2023. Meskipun kematiannya pada akhirnya dapat dinyatakan sebagai “kemartiran”, para uskup juga ingin menjunjung tinggi imannya yang luar biasa di usia yang begitu muda.

    Martir karena kebajikan

    Untuk dinyatakan sebagai martir, seseorang harus mati demi imannya secara langsung, atau mati demi membela kebajikan Kristiani. Dalam kasus Vivian dan para “martir kemurnian” lainnya, keyakinan mereka tidak diserang secara langsung. Kematian para martir ini merupakan cerminan kehidupan mereka.

    Hidup dengan kebajikan mengembangkan dalam diri mereka “kebiasaan unggul” yang digambarkan Aristoteles. Meskipun masih muda, mereka mempunyai rasa benci terhadap dosa yang begitu dalam sehingga ketika dihadapkan dengan kenajisan, meskipun dosa itu bukan dosa mereka, mereka lari darinya.

    Keutamaan kesucian tidak mengharuskan seseorang memilih kematian daripada pemerkosaan. Gereja tidak menghargai keperawanan dibandingkan kehidupan. Jika para remaja putri ini tidak dapat melarikan diri dari para penyerang, atau jika mereka menyerah karena takut akan nyawa mereka, maka dosa hanya akan menjadi milik si pemerkosa, dan tidak akan menyentuh kesucian mereka sendiri. Namun mereka juga tidak diwajibkan secara moral untuk tunduk pada pemerkosa.

    Pada saat trauma, para martir kesucian tidak punya waktu untuk berfilsafat mengenai kebaikan yang lebih besar, kehidupan atau kesucian. Mereka merespons semampu mereka, tergerak oleh kasih karunia.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI