27.2 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Peringatan 800 Tahun sejak St. Fransiskus Membuat Kandang Natal Pertama, di Vatikan akan Dipasang Diorama Kelahiran Yesus dari “Tanah Kelahirannya”

BERITA LAIN

More

    VATIKAN, Pena Katolik – Pada bulan Desember mendatang, di Lapangan Santo Petrus akan dihiasi dengan Diorama Kelahiran Yesus yang dibawa dari lembah Rieti di Italia tengah. Ini untuk memperingati 800 tahun sejak Santo Fransiskus dari Assisi menciptakan Diorama kelahiran Yesus di Kota Greccio, pada tahun 1223.

    Pohon Natal Vatikan akan berupa pohon cemara perak dari Pegunungan Alpen, karena berasal dari Macra di Keuskupan Saluzzo di Piedmont di Italia utara. Dekorasi Natal ini akan diresmikan pada 9 Desember dan akan tetap dipajang hingga 7 Januari 2024.

    Latar Sejarah

    Pada tahun 1223, St. Fransiskus Assisi menciptakan Kandang Natal pertama di Greccio. Pada tahun yang sama, Paus Honorius III menyetujui Anggaran Rumah Tangga Fransiskan, yang mengatur hidup komunitas Ordo Saudara Dina yang baru lahir. Untuk merayakan ulang tahun ganda ini, Kandang Natal Vatikan akan dihiasi dengan “gaya Fransiskan”.

    Nantinya, Diorama Kelahiran Yesus di Lapangan St. Petrus akan membawa pengunjung kembali ke Natal tahun 1223, ketika untuk pertama kali, St. Fransiskus kembali dari perjalanan ke Tanah Suci dan ia ingin memperingati kelahiran Kristus, di sebuah desa yang mengingatkannya pada Betlehem. St. Fransiskus berada di Greccio, sebuah kota kecil di lembah Rieti di Italia tengah, yang terletak di bebatuan dan terletak 700 meter di atas permukaan laut. Di sini, ia membuat Kandang Natal pertama dalam sejarah Kekristenan.

    Kandang Natal di Vatikan dan patung terakota seukuran aslinya akan mewakili Gua Greccio, yang dikunjungi Paus Fransiskus pada tahun 2019. Diorama ini akan menampilkan patung bayi Yesus ala Fransiskan

    Struktur Kandang Natal ini, yang akan berbentuk segi delapan yang melambangkan peringatan 800 tahun peristiwa ini, dimaksudkan untuk mengingatkan pada batu cagar alam di Greccio. Di sekelilingnya terdapat cekungan yang melambangkan sungai Velino yang mengalir melalui lembah Rieti. Karya tersebut, yang dirancang oleh seniman Francesco Artese, juga akan menampilkan hubungan ke empat tempat suci Fransiskan dan Kota Rieti.

    Ruang Audiensi Paulus VI di Vatikan, tempat Paus memimpin audiensi umum di musim dingin, juga akan memiliki tempat tidur bayinya sendiri dari Rieti, yang akan dibuat dari ribuan tesserae kaca Venesia. Selain Keluarga Kudus, Santo Fransiskus, dan Santo Clare akan menjadi bagian dari adegan yang diciptakan oleh ahli mosaik Alessandro Serena di Spilimbergo.

    Pohon Natal Santo Petrus akan diangkut ke Roma dari provinsi Cuneo, sekitar 700 kilometer dari ibu kota. Berdiri di ketinggian 82 kaki (25 meter), tempat ini dipilih dari bagian atas Lembah Maira, dinamai berdasarkan nama sungai yang mengalir melalui kawasan hutan Alpen ini.

    Pohon tersebut berasal dari Macra, terdiri dari desa-desa yang terletak sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Komunitas kecil umat paroki pegunungan yang tinggal di daerah tersebut, yang sangat berkomitmen untuk melestarikan tradisi mereka, memiliki ide untuk menyumbangkan salah satu pohon mereka ke Vatikan.

    Secara ekologis, pohon tersebut akan dihiasi ribuan bunga edelweis, bunga khas lembah yang tumbuh liar di ketinggian 1.800 meter. Tanaman yang akan digunakan untuk menghias pohon ini akan ditanam di dataran rendah oleh perusahaan Piumatto of the Edelweiss di Villar San Costanzo.

    Peresmian Kandang Natal dan penyalaan pohon Natal akan berlangsung pada pukul 17.00 pada hari Sabtu, 9 Desember 2023. Kardinal Fernando Vérgez Alzaga, Kepala Kantor Negara Vatikan, dan Suster Raffaella Petrini, Sekretaris Jenderal Kantor Vatikan, akan menghadiri upacara tersebut. Sementara itu, delegasi dari Rieti dan Macra akan bertemu Paus Fransiskus dalam audiensi pada hari yang sama.

    Peziarah dan wisatawan yang datang ke Roma untuk perayaan akhir tahun akan dapat melihat dekorasi Vatikan hingga 7 Januari 2024, hari raya baptisan Kristus, yang menandai berakhirnya musim liturgi Natal. Tempat tidur bayi tersebut kemudian akan dipajang secara permanen di kota Rieti.

    Paus biasanya datang sendiri di kaki Kandang Natal di Lapangan Santo Petrus pada tanggal 31 Desember 2023, setelah kebaktian malam terakhir tahun ini.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI