Uskup Agung Kupang: Para Imam Perlu ada untuk Umatnya

0
618
Pejabat Gubernur NTT bersama para imam yang baru saja ditahbiskan. IST

KUPANG, Pena Katolik – Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang memimpin Perayaan Ekaristi Tahbisan Imam Projo Keuskupan Agung kupang dan Kongregasi Misionaris Claretian di Gereja Santa Maria Assumtha, pada 18 Oktober 2023.

Dalam khotbah, Mgr. Turang mengajarkan kepada para imam baru agar belajar dari Santo Lukas yang taat kepada kristus. Dalam Injil, Lukas menunjukkan kesunguhannya dalam menjalankan perintah Tuhan.

“Semoga anda memang benar benar seperti yang disampaikan oleh Kristus dalam injil lukas. Belajar seperti Santo lukas yang sungguh – sungguh memperhatikan apa yang di serahkan oleh Tuhan kepadanya dan terutama untuk membawa kepaada dunia ini belas kasih, cinta kasih, kebaikan hati. Kamu punya hati adalah hati gereja bukan hati kamu sendiri jadi jangan dengan ambisi Mu, kamu jadi yang paling hebat di dunia ini melalui tik tok”

Mgr. Turang juga menyoroti perihal Sinode Sinodalitas. Ia mengatakan, bahwa imam dalam pelayanannya perlu memperhatikan agar umat yang mereka layani merasakan kehadiran imamnya di tengah umat.

“Sekarang ini dalam gereja kita sedang dibicarakan tentang berjalan bersama, saling mendengarkan saling membuat penegasan bersama,” ujar Mgr. Turang.

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake yang juga hadir dalam tahbisan ini mengatakan, para imam yang ditahbis merupakan anugrah bagi umat dan segenap masyarakat Nusa Tenggara Timur. Dalam berbagai bidang tugas dan pelayanan yang dipercayakan Uskup dan Pemimpin Kongregasi, mereka akan terlibat secara aktif dalam upaya pembangunan di bidang religius, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan pendidikan.

“Para imam yang ditahbiskan hari ini tidak hanya menjadi berkat bagi Gereja Katolik, tetapi juga menjadi rahmat bagi Pemerintah dan Masyarakat Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Para imam yang ditahbiskan hari ini adalah RD. Kanisius Alvino Radja Kia ( Yesus Gembala Yang Baik Alor – Kalabahi),  RD. Lucas Fransiskus Heruiktom Conterius ( Paroki sta. Maria Assumpta kota Baru Kupang), RD Robin Hendrikus Klau De Canossa Lopes ( Paroki Roh Kudus Halilulik), RD. Vergilius Mandonsa ( Hati Yesus yang Maha kudus Noemuti ), RD. Wilfridus A. A. Wungo ( Paroki Mather Dolorosa Soe), P. Emilianus Dungnga Koten, CMF ( Paroki Bunda Orang Miskin Noelmina), P. Ponsianus Ladung, CMF,CMF ( Ratu Para Rasul dan St. Hendikus, Todo), P. joao Martinho Enfein, CMF ( Sao Minguel Arcando Padie, Oe – Cusse), P. Engelbertus Seran, CMF ( St. Yohanes Baptista, Besikama, P. Dominikus Evenroy Gultom, CMF ( St Petrus dan paulus Bagansiapiapi Riau)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here