34.3 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Pengangkatan Gereja St. Andreas di Virginia, Amerika Serikat Menjadi Basilika

BERITA LAIN

More
    Basilika St. Andreas Virginia Amerika Serikat. IST

    VIRGINIA, Pena Katolik – Sebuah gereja di Virginia diangkat statusnya menjadi Minor Basilika. Basilika ini adalah bekas Gereja Katolik St. Andreas di Roanoke, Virginia. Dengan pengangkatan ini maka gereja ini sekarang menjadi Basilika St. Andreas.

    Keuskupan Richmond mengumumkan pengangkatan ini pada hari Kamis, 12 Oktober 2023 beberapa hari setelah surat keputusan diterima dari Dikasteri Ibadat Ilahi dan Disiplin Sakramen Vatikan. Beberapa imam di keuskupan sudah lama berpikir bahwa gereja itu seharusnya diberi gelar tersebut, kata Pastor Kevin Segerblom, yang dalam wawancara telepon hari Jumat menyebut basilika itu sebagai “seni yang hidup.”

    “Rumah kami tidak besar, dapat menampung 500 orang, tetapi rumah kami sangat indah. Jadi orang-orang datang dan pikiran serta hati mereka terangkat kepada Yang Ilahi,” kata astor Segerblom, yang memimpin Basilika St. Andreas. Dengan perubahan ini, ia akan menjadi rektor Basilika St. Andreas.

    “Sangat penting bahwa gereja-gereja khusus tersebut diakui sebagai tempat ziarah sehingga orang-orang dapat datang ke sini dan mendapatkan pengalaman tersebut.”

    Selama proses administrasi yang berlangsung selama satu setengah tahun, Pastor Segerblom meminta pengunjung gereja untuk mengucapkan doa dalam sebuah lembaran cetak kepada “St. Andreas” meminta perantaraannya kepada Tuhan agar gereja tersebut diberi nama basilika.

    “Semoga keindahan gedung ini, penghormatan terhadap liturgi yang kita rayakan di sini, dan karya pastoral yang kita lakukan dengan amal, menarik lebih banyak orang, seperti yang Anda lakukan, untuk beriman kepada Yesus Kristus dan kepenuhan hidup dalam Roh,” bunyi doa itu.

    Paroki St. Andreas didirikan pada tahun 1882. Gereja yang kini menjadi Basilika dibuat bergaya Gotik Victoria yang tinggi dari bata kuning, menara kembar. Gereja ini diresmikan pada tahun 1902. Baru-baru ini gereja tersebut mengalami renovasi interior dan eksterior. Para pengunjung gereja mengatakan kepada CNA bahwa mereka sangat senang dengan pengumuman tersebut.

    “Saya pikir keindahan gereja ini cocok untuk dijadikan basilika. Fasilitasnya cukup bagus, dan saya selalu bangga karenanya, kata Mick DeSimone, 67, seorang pensiunan pelukis yang bergabung dengan paroki pada tahun 1980 dan saat ini melayani sebagai prodiakon.

    “Gereja ini adalah salah satu hal pertama yang dilihat orang ketika mereka datang ke Roanoke, dan menurut saya wajar saja hal itu terjadi.”

    “Saat Anda datang ke sini, saat Anda masuk, Anda terpesona oleh keindahan gereja. Saya pikir itu adalah sesuatu yang akan menarik seseorang untuk datang. Tapi paroki dan masyarakatnya sangat ramah,” kata Donna DeSimone, 67, pensiunan guru.

    Umat ​​Katolik tidak banyak

    Negara bagian Virginia hanya memiliki sekitar 8% umat Katolik, dan jumlah penduduknya lebih sedikit di wilayah pedesaan di barat daya negara bagian tersebut. Hal ini menjadikan penunjukan basilika sangat berarti bagi umat Katolik yang menghadiri Basilika St. Andreas.

    “Ini hanya menegaskan fakta bahwa agama Katolik masih hidup dan berkembang di Virginia. Dan gereja itu telah berdiri di sana selama lebih dari seratus tahun sebagai simbol dari hal itu,” kata Susan Thompson, 74, yang mengajar selama 32 tahun di Sekolah Katolik Roanoke yang terletak di sebelahnya basilika.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI