34 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Paus Fransiskus Dua kali Menelepon Pastor Paroki Gaza

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus. Pena Katolik

    VATIKAN, Pena Katolik – Perang antara Israel dan Hamas menyebabkan Patriark Latin Yerusalem, Kardinal Pierbattista Pizzaballa O.F.M. yang sebelumnya mengikuti sidang sinode di Roma, Italia untuk pulang ke Yerusalem. Para peserta Sinode dan Vatikan menjadi perantara bagi perdamaian.

    Serangan Hamas di Israel terjadi saat Kardinal Pizzaballa sudah berada di Roma untuk mengikuti sinode. Ia berada di Roma setidaknya sejak 30 September 2023, saat ia dilantik menjadi salah satu kardinal baru. Serangan itu menewaskan lebih dari 1.200 orang dan melukai lebih dari 3.000 orang. Serangan itu lalu diikuti dengan serangan balasan dari tentara Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza hingga kini. Peran ini merupakan inti keprihatinan Paus Fransiskus serta para peserta sinode yang berkumpul di Roma.

    Kardinal Pizzaballa harus kembali ke umatnya secara darurat karena konflik di Tanah Suci sedang berlangsung. dibakar dengan kejam oleh pemboman skala besar.

    “Saya hanya berhasil kembali [pada hari Senin] dengan bantuan otoritas sipil dan militer, baik Israel maupun Yordania, karena saya masuk melalui Yordania,” jelas kardinal tersebut kepada Vatican News.

    Patriark Latin Yerusalem itu mendapati “negara yang ketakutan” dan “begitu banyak kemarahan dan begitu banyak harapan untuk menerima kata-kata bimbingan, penghiburan, dan juga kejelasan tentang apa yang sedang terjadi.” Kardinal Pizzaballa baru-baru ini memperingatkan dalam beberapa kesempatan tentang api yang membara di bawah bara api, mengacu pada situasi yang mengkhawatirkan di Palestina.

    “Eskalasi bentrokan dapat dilihat semua orang. Namun ledakan kekerasan, skala dan kebrutalan seperti itu belum pernah diperkirakan sebelumnya,” katanya.

    Seruan Paus Fransiskus

    Pada hari Minggu, sehari setelah serangan Hamas di wilayah Israel, yang dipicu pada puncak festival Yahudi Simchat Torah, Paus Fransiskus menyampaikan doa permohonan dari jendela Istana Apostolik selama Angelus yang dipimpinnya di Lapangan Santo Petrus. Ia mengatakan, terorisme dan perang tidak menghasilkan resolusi apa pun. Ia meminta menghentikan serangan dan persenjataan. Ia memohon “perdamaian di Israel dan Palestina.”

    Para anggota Sinode mengumandangkan doa ini, mendedikasikan doa Kamis pagi mereka untuk perdamaian dunia. Dipimpin oleh Kardinal Raphaël Sako dari Irak, para bapak dan ibu Sinode secara khusus menyebutkan Tanah Suci, Lebanon, Ukraina dan Irak. Kekhawatiran bersama ini tercermin dalam beberapa intervensi yang dilakukan sepanjang hari.

    Ketika pemboman terus berlanjut, Paus meluncurkan seruan baru pada audiensi umum hari Rabu, 11 Oktober 2023. Ia menyerukan perdamaian dan prihatin dengan pengepungan total” yang diberlakukan di Jalur Gaza, yang merupakan rumah bagi 2,3 juta warga Palestina.

    “Timur Tengah tidak membutuhkan perang, tetapi perdamaian, perdamaian yang dibangun berdasarkan dialog dan keberanian persaudaraan,” tegas Paus ke-266 itu.

    Paus asal Argentina juga menelepon pastor paroki Gaza, Pastor Gabriel Romanelli, dua kali, untuk mengungkapkan “kedekatan dan doanya” dan untuk mengetahui “bagaimana keadaan masyarakat.” Paroki Gaza saat ini menampung 150 orang yang kehilangan rumah atau mencari perlindungan dari pemboman.

    Meskipun ada permohonan mendesak dari Vatikan, termasuk pidato dari Kardinal Sekretaris Negara Pietro Parolin, Kardinal Pizzaballa mengungkapkan kekhawatirannya “bahwa ini akan menjadi perang yang sangat panjang.”

    “Kemungkinan besar respons Israel tidak hanya terbatas pada pengeboman, namun akan ada operasi darat,” dia memperingatkan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI