29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Butuh Seorang Dominikan untuk Menjelaskan Mimpi Sinodal Seorang Paus Jesuit

BERITA LAIN

More
    Pastor Timothy Radcliffe OP dan Paus Fransiskus. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus, seorang Paus Jesuit, memilih seorang Dominikan, Pastor Timothy Radcliffe OP, untuk menentukan arah Sinode Sinode tentang Sinodalitas. Mereka yang akrab dengan sejarah Gereja Katolik tahu, bahwa selama berabad-abad telah terjadi banyak persaingan antara Jesuit dan Dominikan, dua ordo keagamaan terbesar dalam Gereja.

    Di sisi lain, ketika para Jesuit berada dalam kesulitan besar, mereka tahu bahwa mereka dapat meminta bantuan kepada para Dominikan. Jadi, ketika Superior Jenderal Jesuit, Pastor Lorenzo Ricci SJ meninggal di Castel Sant’Angelo pada tahun 1775, setelah dipenjarakan oleh Paus Klemens XIII, pemimpin Ordo Pewarta, bersedia memimpin pemakamannya ketika tidak ada orang lain di Roma yang mau memimpin upacara pemberkatan jenazah Pastor Ricci. Sejak saat itu, para Master Dominika yang akan memimpin pemakaman para Jenderal Jesuit.

    Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika Fransiskus, Paus Jesuit, memilih seorang Dominikan, Pastor Radcliffe, untuk menentukan arah Sinode tentang Sinodalitas. Sebelum para peserta berkumpul di Vatikan untuk menghadiri sinode, mereka meluangkan waktu untuk retret tiga hari yang dipimpin oleh Imam Ordo Pewarta itu, yang dalam serangkaian enam pembicaraan memaparkan visi spiritual dan teologis sinode.

    Pastor Radcliffe tidak bertele-tele, pada konferensi pertamanya, ia mengakui adanya perpecahan di dalam Gereja. Ia menyadari adanya permasalahan di dalam Gereja (pelecehan seks dan korupsi) dan di dunia.

    “Kita berkumpul di sini karena tidak bersatu hati dan pikiran,” ujarnya. “Sebagian besar orang yang mengambil bagian dalam proses sinode merasa terkejut dan gembira. Bagi banyak orang, ini adalah pertama kalinya Gereja mengundang mereka untuk berbicara tentang iman dan harapan mereka. Namun sebagian dari kita takut dengan perjalanan ini dan apa yang akan terjadi di masa depan,” ujar Pastor Radcliffe.

    Beberapa pihak berharap Gereja akan berubah secara dramatis, mengambil keputusan-keputusan radikal, misalnya mengenai peran perempuan dalam Gereja. Pastor Radcliffe mengatakan, ada pihak lain yang takut akan perubahan yang sama dan takut bahwa hal itu hanya akan menyebabkan perpecahan, bahkan perpecahan. Ia mencatat bahwa bahkan murid-murid Yesus salah paham satu sama lain dan bertengkar.

    “Jangan takut,” kata Pastor Radcliffe mengutip St. John. Cinta yang sempurna menghilangkan rasa takut. Pada saat yang sama, ia mendorong mereka yang mengikuti retret tersebut untuk selalu peka terhadap ketakutan orang lain, terutama mereka yang tidak sepaham dengan kita.

    “Kita mungkin terpecah oleh harapan yang berbeda. Tetapi jika kita mendengarkan Tuhan dan satu sama lain, berusaha memahami kehendak-Nya bagi Gereja dan dunia, kita akan dipersatukan dalam sebuah harapan yang melampaui perbedaan pendapat kita.”

    Dalam konferensi kedua, Pastor Radcliffe berbicara tentang Gereja sebagai “rumah”. Ia mengakui pemahaman yang berbeda mengenai Gereja sebagai rumah kadang dirasa “memisahkan”.

    Bagi sebagian orang, situasi ini ditentukan oleh tradisi dan devosi kuno, struktur dan bahasa yang diwariskan Gereja, situasi yang memberi identitas Kristen yang jelas. Bagi yang lain, Gereja saat ini tampaknya bukan tempat yang aman, eksklusif dan meminggirkan banyak orang: perempuan, mereka yang bercerai dan menikah lagi. Bagi sebagian orang, hal ini terlalu Barat, terlalu Eurosentris.

    Pastor Radcliffe mengatakan bahwa kaum gay dan orang-orang yang menjalani pernikahan poligami merindukan Gereja yang diperbarui di mana mereka akan merasa betah, diakui, dikukuhkan dan merasa aman.

    Pastor Radcliffe mengakhiri meditasi keduanya dengan mengutip Carlo Carretto (1910–1988), Adik Charles de Foucauld: “Betapa aku harus mengkritikmu, Gerejaku, namun betapa aku mencintaimu! Kamu telah membuatku menderita lebih dari siapa pun, namun aku berhutang lebih banyak padamu daripada siapa pun. Aku ingin melihatmu dihancurkan, namun aku membutuhkan kehadiranmu. Engkau telah memberiku banyak skandal, namun engkau sendirilah yang membuatku memahami kesucian-Mu. Berkali-kali, aku merasa ingin membanting pintu jiwaku di hadapanmu, namun, setiap malam, aku berdoa agar aku bisa mati dalam pelukanmu. Tidak, aku tidak bisa bebas darimu, karena aku menyatu denganmu, meski tidak sepenuhnya kamu. Ke mana aku akan pergi? Untuk membangun gereja lain? Tetapi aku tidak dapat membuat sebuah bangunan tanpa cacat-cacat yang sama, karena itu adalah cacat-cacatku.”

    Inti Sinode

    Ketajaman adalah inti dari sinode, tetapi tidak mudah memahami “ketajaman ini, juga tidak selalu berhasil. Mengingat permasalahan dan perpecahan yang dihadapi Gereja, seperti apakah sinode bisa dikatakan sukses?

    “Sinode ini akan membuahkan hasil jika membawa kita ke dalam persahabatan yang lebih dalam dengan Tuhan dan satu sama lain Fondasi dari semua yang akan kita lakukan dalam Sinode ini hendaknya adalah persahabatan yang kita ciptakan. Kelihatannya tidak banyak.”

    Radcliffe mengutip Monsignor Quixote dari Graham Greene, seorang pendeta Katolik Spanyol yang menyampaikan keraguannya kepada seorang walikota komunis. Imam itu mengatakan, ”Sungguh aneh bagaimana berbagi rasa ragu bisa menyatukan orang-orang, bahkan mungkin lebih dari sekedar berbagi iman. Orang mukmin akan berkelahi dengan mukmin lainnya karena perbedaan warna; orang yang ragu hanya bertengkar dengan dirinya sendiri. Persahabatan tumbuh subur ketika kita berani mengungkapkan keraguan dan mencari kebenaran bersama,” pungkas Pastor Radcliffe.

    Pastor Radcliffe menegaskan, untuk mencapai ini setiap orang harus saling mendengarkan. Mendengarkan dan berbicara dalam Roh adalah inti dari proses sinodal. Ia mencatat bahwa ordo religius memiliki sesuatu untuk diajarkan kepada Gereja tentang seni percakapan.

    “St Benediktus mengajarkan kita untuk mencari konsensus; Santo Dominikus menyukai perdebatan, Santa Katarina dari Siena menyukai percakapan, dan Santo Ignatius dari Loyola menyukai seni membedakan. St Philip Neri mempercayai peran ‘tawa’.”

    Percakapan membutuhkan lompatan imajinatif ke dalam pengalaman orang lain Pastor Radcliffemenjelaskan, seseorang perlu melihat dengan mata mereka, dan mendengar dengan telinga mereka, memahami kulit mereka.

    “Apa pengalaman mereka? Rasa sakit atau harapan apa yang mereka bawa? Perjalanan apa yang mereka lakukan?”

    Rasa hormat dan cinta

    Pasto Radcliffe membalas mereka yang melihat percakapan sebagai ancaman terhadap otoritas. Ia menyatakan, tidak perlu ada persaingan, seolah-olah kaum awam hanya dapat memiliki otoritas lebih besar jika para uskup memiliki lebih sedikit otoritas. Otoritas berasal dari keindahan, kebaikan dan kebenaran. Namun tanpa kebenaran, keindahan bisa menjadi hampa, tanpa kebaikan, kecantikan bisa menipu.

    “Kebaikan tanpa kebenaran akan runtuh menjadi sentimentalitas. Kebenaran tanpa kebaikan mengarah pada inkuisisi.”

    Seorang nabi, tegasnya, harus memiliki rasa cinta terhadap kebenaran namun juga rasa kasih sayang terhadap mereka yang kebenarannya telah hilang. Masyarakat dipenuhi dengan amarah yang membara, yang muncul dari rasa takut. Namun, tegas Pastor Radcliffe, tidak perlu takut karena Tuhan berjanji, “Apabila Roh Kebenaran datang, Ia akan menuntun kamu ke dalam seluruh kebenaran.”

    “Kita sedang menuju ke arah bencana ekologis namun para pemimpin politik kita kebanyakan berpura-pura tidak terjadi apa-apa. Dunia kita dilanda kemiskinan dan kekerasan, namun negara-negara kaya tidak ingin melihat jutaan saudara dan saudari kita menderita dan mencari rumah.”

    Persekutuan, Partisipasi, Misi

    Rasa takut mengarah pada rasa takut kehilangan kendali, namun dipimpin oleh Roh ke dalam seluruh kebenaran berarti melepaskan masa kini, percaya bahwa Roh akan melahirkan lembaga-lembaga baru, dan bentuk-bentuk kehidupan Kristen yang baru, serta pelayanan-pelayanan baru.

    “Jika kita membiarkan diri kita dibimbing oleh Roh kebenaran, kita pasti akan berdebat. Terkadang itu menyakitkan. Akan ada kebenaran yang tidak ingin kita hadapi. Namun kita akan dibawa sedikit lebih dalam ke dalam misteri cinta ilahi dan kita akan merasakan kegembiraan sehingga orang-orang akan iri pada kita karena berada di sini, dan akan rindu untuk menghadiri sesi Sinode berikutnya!”

    Pastor Radcliffe yang seorang Dominikan, menjelaskan dengan sangat baik tentang isi Fransiskus sang Jesuit.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI