27.8 C
Jakarta
Friday, May 17, 2024

Paus Fransiskus Menerbitkan Laudato Deum: Paus Mengecam Mereka yang Skeptis Terhadap Perubahan Iklim

BERITA LAIN

More
    Ilustrasi Nasihat Apostolik Laudate Deum. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Dokumen baru, berjudul Laudate Deum, atau ‘Terpujilah Tuhan’, merupakan penolakan keras terhadap skeptisisme mengenai pemanasan global dan konsekuensi intervensi manusia terhadap lingkungan. Paus Fransiskus menerbitkan Nasihat Apostolik ini pada hari pertama dimulainya SInode Sinodalitas 4 Oktober 2023.

    Dokumen ini diterbitkan untuk menjadi pelengkap dan pendukung ensiklik Paus yang terbit tahun 2015, Laudato Si’. Dokumen ini terdiri dari 73 artikel, naskah bahasa Inggris Laudate Deum: Link

    Paus memperingatkan bahwa “dunia tempat kita hidup sedang runtuh dan mungkin mendekati titik puncaknya”. Paus Fransiskus mendesak tindakan dramatis untuk memerangi perubahan iklim menjelang KTT COP28 PBB yang dijadwalkan pada 30 November- 12 Desember 2023 di Dubai.

    “Meskipun ada upaya untuk menyangkal, menyembunyikan, mengabaikan atau merelatifkan masalah ini, tanda-tanda perubahan iklim masih ada dan semakin jelas,” tulis Paus Fransiskus.

    Paus Fransiskus mengakui bahwa kadang-kadang, suara-suara skeptis terdengar bahkan di kalangan umatnya sendiri.

    “Saya merasa berkewajiban untuk membuat klarifikasi ini, yang mungkin tampak jelas, karena pendapat tertentu yang meremehkan dan hampir tidak masuk akal yang saya temui, bahkan di dalam Gereja Katolik,” tulisnya.

    Dalam hal menyalahkan krisis iklim, Paus Fransiskus mengkritik negara-negara kaya, terutama Amerika Serikat, karena secara tidak proporsional menyebabkan emisi yang menurut para ilmuwan mendorong pemanasan global. Dokumen ini menyebutkan emisi per individu di Amerika Serikat dua kali lebih besar dibandingkan emisi individu yang tinggal di Tiongkok, dan sekitar tujuh kali lebih besar dibandingkan rata-rata negara-negara termiskin.

    Paus Fransiskus menyerukan hasil-hasil yang “drastis” dan “intens” dari KTT Dubai, termasuk “percepatan transisi energi yang tegas, dengan komitmen-komitmen efektif yang harus terus dipantau,” serta komitmen-komitmen baru untuk “transisi yang diperlukan menuju sumber-sumber energi ramah lingkungan seperti energi angin dan matahari, serta ditinggalkannya bahan bakar fosil”.

    Komitmen tersebut, kata Paus, harus “efisien, wajib dan mudah dipantau”. Tanpa hasil seperti itu, Paus Fransiskus memperingatkan, COP28 “akan menjadi kekecewaan besar dan membahayakan kebaikan apa pun yang telah dicapai sejauh ini”.

    Paus Fransiskus berpendapat bahwa dalam delapan tahun sejak ia menerbitkan Laudato Si’, bukti adanya krisis ekologi semakin tidak terbantahkan. Berbeda dengan teks kepausan, sebagian besar argumen dalam Laudate Deum tidak didasarkan pada referensi teologis atau Alkitab, melainkan data ilmiah, seperti pembacaan tingkat karbon dioksida di atmosfer yang dilakukan setiap hari sejak tahun 1958 oleh observatorium Mauna Loa di Hawaii.

    “Saat saya menulis Laudato Si’, jumlahnya mencapai titik tertinggi dalam sejarah – 400 bagian per juta – hingga mencapai 423 bagian per juta pada Juni 2023,” catat Paus Fransiskus.

    Paus juga menunjukkan tanda-tanda lain dari perubahan iklim yang cepat, seperti berkurangnya lapisan es, perubahan arus laut, penggundulan hutan di hutan hujan tropis, dan mencairnya lapisan es di Rusia.

    “Tidak mungkin menyembunyikan korelasi fenomena iklim global ini dan percepatan peningkatan emisi gas rumah kaca, khususnya sejak pertengahan abad ke-20,” kata Paus. “Sebagian besar ilmuwan yang berspesialisasi dalam bidang iklim mendukung korelasi ini, dan hanya sebagian kecil dari mereka yang berusaha menyangkal bukti tersebut.”

    Seperti yang ia lakukan di Laudato Si’, Paus Fransiskus juga menyalahkan apa yang ia sebut sebagai “paradigma teknokratis” dalam krisis iklim, yang berarti keyakinan akan pertumbuhan ekonomi dan teknologi tanpa batas tanpa mempedulikan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan. Untuk mengatasi situasi ini, Paus Fransiskus menyerukan versi baru multilateralisme dalam urusan internasional, yang menurutnya tidak boleh disamakan dengan pemerintahan satu dunia atau “elit dengan kekuasaan berlebihan” baru.

    Sebaliknya, Paus menyampaikan kebutuhan untuk menjadikan dunia yang lebih efektif, yang memiliki otoritas nyata. Sebagai contoh multilateralisme yang efektif, Paus Fransiskus mengutip Proses Ottawa, yang menghasilkan perjanjian tahun 1997 yang bertujuan menghilangkan ranjau darat anti-personil di seluruh dunia. Paus menunjukkan bahwa masyarakat sipil terkadang dapat mencapai apa yang tidak dapat dicapai oleh PBB. Secara spiritual, Paus Fransiskus juga menyarankan bahwa solusi terhadap krisis iklim memerlukan kerendahan hati baru dari individu dan masyarakat.

    “Kalau begitu, marilah kita berhenti menganggap manusia sebagai makhluk yang otonom, mahakuasa, dan tidak terbatas, dan mulai memandang diri kita sendiri secara berbeda, dengan cara yang lebih rendah hati namun lebih bermanfaat,” tulisnya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI