34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Vatikan dalam Sidang PBB: Negara-negara harus menemukan kembali dialog yang otentik

BERITA LAIN

More
    Mgr. Paul Richard Gallagher. IST

    ROMA, Pena Katolik – Sekretaris Hubungan dengan Negara-Negara Takhta Suci mengatakan kepada Majelis Umum PBB bahwa negara-negara harus mengembangkan “semangat pelayanan”. Sistem multilateral – yaitu sistem organisasi, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Perdagangan Dunia, yang menyatukan negara-negara untuk berdiskusi dan mengambil keputusan – berada dalam krisis.

    Begitulah cara Mgr. Paul Richard Gallagher, Sekretaris Hubungan dengan Negara dan Organisasi Internasional Takhta Suci, memulai pidatonya baru-baru ini di Majelis Umum PBB. Pesan ini disampaikan Pidato disampaikannya Sidang Umum Pekan Tingkat Tinggi PBB, yang didedikasikan untuk topik “Membangun kembali kepercayaan dan menyalakan kembali solidaritas global”. Pada sidang ini dibicarakan isu penting mulai dari pembaruan sistem multilateral terhadap risiko bias dalam kecerdasan buatan dan meningkatnya ancaman terhadap kebebasan beragama.

    Poin pertama Mgr. Gallagher berkaitan dengan pentingnya dialog otentik dalam situasi multilateral. Ia mengatakan, banyak sekali kata-kata yang dikeluarkan oleh para delegasi untuk menjelaskan posisi mereka masing-masing mengenai suatu isu, namun semu tidak selalu menemukan, di pihak masing-masing negara, kesediaan yang sama untuk mendengarkan.

    Mgr. Gallagher menekankan, penting bagi negara-negara untuk mendengarkan kebutuhan negara-negara lain dan berdialog dengan mereka. Terlebih lagi, para peserta dialog multilateral harus menemukan kembali semangat pelayanan.

    “Melayani berarti merawat mereka yang rentan dalam masyarakat kita, dalam masyarakat kita. Sebagai bagian dari komitmen bersama ini, para penguasa harus mengesampingkan kebutuhan, harapan, dan keinginan mereka akan kedaulatan atau kemahakuasaan di hadapan kelompok yang paling rentan.”

    Ancaman nuklir

    Tema lain dari pidato Mgr. Gallagher adalah meningkatnya ancaman eskalasi nuklir mengingat perang di Ukraina. Ia mengembangkan lebih lanjut tema ini dalam pidato terpisah pada hari yang sama, dalam pidatonya pada Pertemuan Tingkat Tinggi PBB untuk Memperingati Hari Internasional Penghapusan Total Senjata Nuklir.

    Si sana, ia menekankan bahwa “Sangat disayangkan, risiko perang nuklir berada pada titik tertinggi dalam beberapa generasi, yang menampilkan ancaman penggunaan nuklir yang tidak masuk akal, sementara perlombaan senjata terus berlanjut. (…) Dunia harus berbalik arah. Paus Fransiskus menegaskan bahwa “tujuan akhir dari penghapusan total senjata nuklir menjadi sebuah tantangan sekaligus keharusan moral dan kemanusiaan.”

    Risiko teknologi baru

    Mgr. Gallagher melanjutkan pidatonya dalam debat umum dengan diskusi mengenai risiko teknologi baru, khususnya kecerdasan buatan. Ia mengatakan, kebutuhan mendesak untuk terlibat dalam refleksi etika yang serius mengenai penggunaan dan integrasi sistem dan proses superkomputer dalam kehidupan kita sehari-hari. Ia melihat ”, kebutuhan untuk “bekerja untuk memastikan bahwa penggunaan instrumen-instrumen ini secara diskriminatif tidak berdampak buruk pada masyarakat.

    Masalah selanjutnya adalah pengembangan Sistem Senjata Otonom Mematikan. Penting sekali, kata Mgr.  Gallagher, untuk “memastikan pengawasan manusia yang memadai, bermakna dan konsisten” terhadap sistem tersebut, karena “hanya manusia yang benar-benar mampu melihat dan menilai dampak etis dari tindakan mereka, serta menilai tanggung jawab mereka.

    Hak asasi Manusia

    Mgr. Gallagher melanjutkan dengan mencatat bahwa tahun ini menandai peringatan 75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, serta peringatan 30 tahun Deklarasi dan Program Aksi Wina.

    Peringatan ganda ini, katanya, mengundang kita untuk “refleksi mendalam tentang landasan hak asasi manusia dan penghormatan terhadap hak asasi manusia di dunia kontemporer.”

    Saat ini, tegasnya, ada banyak kelompok yang melihat “martabat mereka diremehkan, dihina atau diinjak-injak”: mereka yang belum dilahirkan, mereka yang tidak mendapat pendidikan atau dipaksa bekerja dengan gaji yang tidak mencukupi, mereka yang ditahan dalam kondisi yang tidak manusiawi atau disiksa, korban konflik atau diskriminasi. , dan masih banyak lagi.

    Mgr. Gallagher memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan pembatasan kebebasan beragama, dan mencatat bahwa hal ini berdampak pada sepertiga populasi dunia, serta penganiayaan yang juga terus meningkat.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI