27.3 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Penjubahan Enam Frater Seminari TOR Sanjaya

BERITA LAIN

More
    Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko menyerahkan jubah kepada seorang frater yang akan mulai masa TOR di Jangli Semarang. IST

    SEMARANG, Pena Katolik – Bertempat di Kapel Seminari Tahun Orientasi (TOR) Sanjaya, Jangli, Semarang, sebanyak 6 frater calon imam diosesan Keuskupan Agung Semarang menerima jubah dari Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Rabu 13 September 23. Penjubahan frater ini diadakan dalam Misa Novena ke-8 St Maria Fatima. Pada Misa ini, Mgr. Rubi didampingi Rektor TOR Sanjaya, Romo Yohanes Gunawan dan Romo Markus Widiyoko.

    Mgr. Rubi mengingatkan kepada para frater akan pentingnya kesederhanaan dan hidup sukacita dalam menjawab panggilan Tuhan, terlebih di zaman modern ini. Ia berdialog dengan beberapa frater tentang yang mereka alami di petang hari itu.

    “Jubah ini warnanya putih polos. Tidak ada renda dan hiasannya. Hal ini menyimbolkan kesederhanaan. Semoga para frater yang nantinya mengenakan jubah putih ini senantiasa menghayati semangat hidup sederhana dan bersukacita dalam panggilan,” tutur Mgr Rubi.

    Romo Gunawan berharap, dengan menerima jubah para frater semakin menyelaraskan hidup sesuai perilaku Kristus sendiri, sebagai persiapan menjadi imam-Nya. Ia berharap agar berkat rahmat Allah, para frater bisa hidup semakin takwa dan berperilaku sedemikian rupa -menghayati diri sebagai kaum berjubah.

    “Sebagai staf formator, kami hanya berusaha ngopeni, nresnani, lan nggemateni benih panggilan para frater,” tandasnya.

    Enam Frater Diosesan Keuskupan Agung Semarang yang baru saja menerima jubah kebiaraan. IST

    Romo Gunawan menyampaikan pula, dengan menjalani formatio atau pembinaan di Seminari TOR Sanjaya Jangli ini, setiap formandi atau calon imam mendapat identitas baru. Mereka dipanggil dengan sebutan Frater dan memakai Jubah sebagai bagian dari kaum berjubah.

    Sebanyak 200an umat menghadiri acara penjubahan ini dan sekaligus menjadi saksi perjalanan para frater ini dalam meniti panggilan imamat mereka.

    Keenam frater angkatan 43 ini adalah Frater Christian Whenzelt Diastien dari Paroki St Maria Lourdes, Sumber, Muntilan; Frater Daniel Eka Saputra dari Paroki St Maria Assumpta, Gamping, Yogyakarta; Frater Ignatius Surya Darmawan dari Paroki St Yohanes Rasul, Somohitan, Sleman; Frater Kefas Mahesa Pranata dari Paroki Kristus Raja, Ungaran; Frater Marcellinus Christhoper Juneo dari Paroki Kristus Raja, Solo Baru; dan Fr Sylvius Bennedicto Brilliant Nugroho dari Paroki Hati Kudus Yesus, Kramat, Jakarta Pusat.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI