29.4 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Romo Benny: Dengan Pancasila Melindungi Pekerja Migran

BERITA LAIN

More
    Romo A. Benny Susetyo. IST

    JAKARTA, Pena Katolik – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo menyatakan bahwa Ideologi Pancasila benar benar nyata dibumikan jika dalam praktek rekrutmen, pelatihan, dan penyaluran Tenaga kerja Migran benar benar terbuka,   mengindahkan nilai kemanusiaan dan bebas dari intervensi mafia dan cukong.

    Hal ini dinyatakan Benny dalam acara pembekalan dan pengukuhan kepada Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia atau KAWAN PMI yang diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Selasa 19 September 2023 di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Romo Benny mengatakan, paktik-pratik illegal dari agen agen, yang kadang mendapat backing dari oknum pemerintah, swasta maupun LSM, seringkali berujung kepada kerugian untuk para pekerja migran. Mafia dan cukong PMI bekerja secara struktural dan menyeluruh dengan menjangkau dan mencari korban mereka hingga ke desa-desa.

    Menurut Benny, penting bagi kita untuk kembali pada nilai-nilai Pancasila dalam upaya memperbaiki tata kelola pengiriman parapekerja migran hingga proses yang dihadapi para pekerja migran dalam upaya mendapatkan pekerjaan di mancanegara.

    Dalam acara yang dihadiri oleh seratus orang anggota KAWAN PMI ini Benny menyatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara merupakan konsensus bangsa sebagai pedoman hidup dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, dia menegaskan, implementasi Pancasila dalam setiap aspek bermasyarakat menjadi penting.

    “Sebab Pancasila merupakan ideologi dasar negara Indonesia dan memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku bangsa Indonesia,” ujar Romo Benny.

    Doktor Komunikasi politik ini juga menyatakan bahwa implementasi Pancasila seharusnya dapat menjadi pedoman dan menjadi dasar pembuatan kebijakan bagi para stakeholder  dalam menghadapi fenomena fenomena  penyelewengan yang terjadi dalam proses rekrutmen, pelatihan maupun pengiriman pekerja  migran ke luar negeri.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI