33.3 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Paus Fransiskus Menyampaikan Doa dan Kedekatan untuk Masyarakat Maroko yang Dilanda Gempa

BERITA LAIN

More
    Reruntuhan akibat gempa di Maroko. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menyampaikan doa dan kedekatannya kepada masyarakat Maroko, tempat gempa bumi telah menewaskan ribuan orang. Hanya sehari setelah mengirimkan telegram untuk mengungkapkan kesedihannya, Paus Fransiskus secara terbuka menyampaikan belasungkawa atas ribuan orang yang meninggal atau terkena dampak gempa bumi di Maroko tengah.

    Gempa berkekuatan 6,8 skala richter terjadi pada Jumat malam di wilayah pegunungan barat daya Marrakesh, menyebabkan kerusakan dan kehancuran yang luas. Berbicara pada doa Angelus pada hari Minggu, Paus menyampaikan kedekatannya dengan “rakyat Maroko yang terkasih.”

    “Saya berdoa bagi mereka yang terluka dan “banyak orang” yang meninggal serta bagi keluarga mereka.nSaya berterima kasih kepada petugas penyelamat dan mereka yang berupaya meringankan penderitaan masyarakat,” katanya.

    Sementara itu, tim penyelamat sedang mencari korban yang selamat di bawah reruntuhan setelah gempa besar. Hingga Minggu sore waktu setempat, sedikitnya 2.012 orang dilaporkan tewas dan 2.059 luka-luka akibat gempa Jumat kemarin.

    Dalam beberapa jam terakhir, tentara Maroko telah membersihkan salah satu jalan utama menuju pusat gempa – sehingga bantuan penting dapat menjangkau masyarakat. Rute menuju Pegunungan Atlas terhalang tanah longsor. Palang Merah telah menjanjikan $1,1 juta dari Dana Darurat Tanggap Bencana untuk mendukung upaya penyelamatan.

    Rekaman video yang diambil dengan drone menunjukkan desa-desa kuno di dekat Marrakesh menjadi puing-puing. Tiga hari pertama setelah bencana alam merupakan periode waktu yang kritis untuk menemukan korban selamat, kata organisasi bantuan.

    Khawatir akan terjadinya gempa susulan, banyak orang memilih untuk tetap berada di luar rumah, tidur di jalanan atau di ladang. Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB mengatakan lebih dari 300.000 orang di Marrakesh dan sekitarnya terkena dampak gempa.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI