27.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Enam Fakta Mengejutkan tentang Pasukan Pengawal Swiss di Vatikan

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus bersama Pasukan Swiss pada salah satu kegiatan di Vatikan. Angelus News

    VATIKAN, Pena Katolik – Pada setiap Misa di Basilika St. Petrus Vatikan, juga pada saat Misa Natal. Ada sekumpulan pria berpakaian mencolok seperti prajurit di Vatikan. Mereka adalah Pasukan Swiss.

    Mengenakan seragam ikonik kuning, merah dan biru, Garda Swiss Vatikan mungkin mengingatkan Anda pada pelawak dari zaman Renaisans. Namun, jangan biarkan pakaian eksentrik mereka menipu Anda, para penjaga ini merupakan salah satu tentara paling terampil di dunia.

    Pertempuran penuh warna ini terdiri dari hanya 135 penjaga, menjadikannya tentara terkecil di dunia. Para penjaga ini bertugas melindungi Paus dan Istana Apostolik. Pengunjung yang sedang berwisata di Vatikan selalu terpesona oleh para penjaga yang menarik perhatian ini, sekarang Anda juga bisa demikian karena kami membocorkan 6 fakta mengejutkan yang kami yakin Anda tidak tahu tentang Garda Swiss Vatikan.

    1.Sejarah Garda Swiss

    Swiss mungkin salah satu negara terkaya di Eropa saat ini, tetapi 500 tahun yang lalu ekonomi Swiss sedang berjuang, dan para pemuda sering bepergian ke luar negeri sebagai tentara bayaran. Tentara bayaran ini adalah pejuang yang terlatih dengan baik dan sebagai hasilnya mereka sangat dicari di Eropa Renaisans. Pada tahun 1506, Paus Julius II mendirikan Pengawal Swiss Kepausan, menjadikannya salah satu unit militer tertua yang terus beroperasi. Pengawal Swiss yang akan Anda lihat di pos tur Vatikan Anda masih mempertahankan banyak kebiasaan dan kebiasaan yang mereka lakukan selama era Renaisans.

    2.Persyaratan Menjadi Pasukan Swiss

    Sebelum melamar ke pos, kandidat harus memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan yang ketat. Setiap rekrutan harus laki-laki tunggal berkewarganegaraan Swiss. Mereka harus berukuran setidaknya 5′ 8” dan berusia antara 19 dan 30 tahun. Mereka harus berpendidikan dan memiliki gelar sekolah menengah atau diploma profesional. Tak perlu dikatakan, setiap calon harus seorang Katolik Roma yang taat dan aplikasi mereka harus disahkan oleh pastor paroki setempat.

    3.Pelatihan

    Setiap rekrutan diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihan dasar militer di Swiss. Ini akan diikuti dengan kursus pelatihan induksi selama lima minggu di Roma. Setelah periode pelatihan pertama ini tentara Swiss disebut Halberdiers. Gelar ini berasal dari senjata utama tombak yang digunakan tentara bayaran Swiss pada abad ke-14 dan ke-15. Ketika pelatihan selesai, Halberdier disumpah dan mereka dan keluarga mereka diundang ke audiensi pribadi dengan Paus.

    4.Kehidupan Kerja

    Pengawal Swiss bersama dengan Gendarmerie Kepausan bertanggung jawab untuk menjaga Vatikan dan melindungi Paus. Selain tugas keamanan mereka, Garda Swiss juga melaksanakan tugas seremonial, seperti penjaga kehormatan di resepsi dan audiensi.

    Kontrak terpendek yang diberikan dari Vatikan kepada Garda Swiss adalah 25 bulan. Setelah kontrak Halberdier dimulai, mereka diharuskan menghadiri kelas bahasa Italia. Pada akhir tahun pertama pelayanan mereka, para prajurit akan siap untuk mengambil tugas jaga di gerbang utama Vatikan. Ini adalah penjaga yang akan Anda lihat membantu turis saat Anda melakukan tur di Kota Vatikan.

    Ketika seorang penjaga Swiss berdiri dalam diam dengan tombak di tangan, dia sedang dalam Tugas Kehormatan. Ini berarti dia tidak boleh didekati. Namun, jika dia berdiri dengan tangan terlipat dan menghadap orang banyak, dia mungkin didekati untuk ditanyai atau bahkan untuk difoto.

    5.Seragam

    Seragam Garda Swiss paling umum yang akan Anda lihat, dalam tur Kota Vatikan Anda, adalah seragam tugas biru. Namun, kebanyakan orang mengasosiasikannya dengan ansambel bergaris merah, kuning dan biru. Kostum warna-warni ini disebut seragam Gala dan dikenakan saat penjaga melakukan lebih banyak tugas seremonial. Anda akan menemukan penjaga dengan penampilan khas Renaisans ini saat Anda keluar dari Basilika Santo Petrus dalam tur Museum Vatikan Anda. Gaya seragam gala ini telah dikenakan oleh Garda Swiss sejak tahun 1910.

    Ansambel yang menarik ini dibuat khusus agar sesuai dengan setiap penjaga. Mereka ditaburkan oleh penjahit di dalam barak Vatikan dan dibutuhkan sekitar 30 jam untuk membuat setiap seragam! Meskipun butuh waktu lama untuk membuatnya, seragam pribadi penjaga semuanya hancur setelah mereka menyelesaikan tugas mereka.

    Sangat menarik untuk dicatat bahwa beberapa baju besi yang digunakan Pengawal Swiss bahkan sampai hari ini adalah barang asli dari abad ke-15! Pandai besi khusus ditugaskan untuk mengganti armor ketika item yang lebih tua ini tidak dapat diperbaiki. Sesuai dengan tradisi, helm morion berbulu burung unta yang dikenakan oleh Garda Swiss, masih memegang simbol keluarga Pop Julius II, pohon ek.

    6. Pengawal Swiss dalam Pertempuran

    Sementara sebagian besar tugas yang dijunjung oleh Pengawal Swiss adalah damai, mereka telah terlibat dalam beberapa pertempuran yang menghancurkan selama berabad-abad. Keterlibatan militer mereka yang paling signifikan adalah pada tahun 1527 ketika 190 penjaga tewas dalam pertempuran dengan Kekaisaran Romawi Suci. Pertempuran ini, yang dikenal sebagai Karung Roma, memungkinkan Paus Klemens VII melarikan diri ke tempat yang aman melalui terowongan tersembunyi yang muncul dari Vatikan.

    Pengawal Swiss Paus adalah bagian ikonik dari Vatikan. Cari tahu lebih lanjut tentang penjaga yang mempesona ini dan istana yang mereka jaga saat Anda menemukan misteri Tahta Suci di salah satu tur Vatikan terbaik ini.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI