29.4 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Paus Fransiskus akan Menerbitkan Laudato Si’ “kedua” pada 4 Oktober

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dalam sebuah acara penanaman pohon di Vatikan. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengatakan pada hari Rabu, 30 Agustus 2023, bahwa ia akan merilis dokumen lingkungan hidup, yang menjadi lanjutan dari ensiklik Laudato Si’ tahun 2015 pada tanggal 4 Oktober 2023 pada Pesta Santo Fransiskus dari Assisi. Paus mengatakan dokumen ini akan terbit pada akhir inisiatif ekumenis, yang didukung Vatikan, pada tanggal 1 September – 1 Oktober 4.

    Pada bulan September ini akan ada “Season of Creation” ‘Musim Penciptaan’, yang merupakan Hari Doa Sedunia untuk kepedulian ciptaan, tema tahun ini adalah “Biarkan Keadilan dan Perdamaian Mengalir.”

    “Mari kita bergabung dengan saudara dan saudari Kristiani kita dalam komitmen untuk merawat ciptaan sebagai anugerah suci dari Sang Pencipta,” kata Paus Fransiskus pada audiensi publiknya kemarin.

    “Penting untuk berpihak pada para korban ketidakadilan lingkungan dan iklim, berjuang untuk mengakhiri perang yang tidak masuk akal terhadap rumah kita bersama, yang merupakan perang dunia yang mengerikan,” tambahnya.

    Dua minggu lalu, Paus Fransiskus mengumumkan sedang menulis bagian kedua dari ensiklik lingkungan hidup Laudato Si’ yang terbit tahun 2015. Paus mengatakan pada dokumen terakhir ini, ia memperbarui Laudato Si’ dengan menambah pembahasan tentang isu-isu terkini.

    Laudato Si’ adalah ensiklik kedua dari tiga ensiklik yang diterbitkan pada masa kepausan Fransiskus. Tema ensiklik yang berarti “Terpujilah kamu” yaktni membahas ekologi manusia, ungkapan yang pertama kali digunakan oleh Paus Benediktus XVI. Dokumen tersebut membahas isu-isu seperti perubahan iklim, kepedulian terhadap lingkungan, dan pembelaan terhadap kehidupan dan martabat manusia.

    Paus Fransiskus mengatakan dokumen yang baru akan menjadi semacam dokumen kepausan yang dikenal sebagai “nasihat”. Paus Fransiskus sejauh ini telah menerbitkan lima nasihat apostolik selama masa kepausannya, termasuk Evangelii Gaudium dan Amoris Laetitia.

    Pesta Santo Fransiskus dari Assisi juga merupakan tanggal di tahun 2020 ketika Paus Fransiskus memilih untuk menerbitkan ensiklik terbarunya, Fratelli Tutti, tentang persaudaraan dan persahabatan sosial.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI