34.8 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Ratusan Umat Katolik Pakistan Merayakan Misa di Luar Gereja yang Terbakar Akibat Serangan Massa Beberapa Hari Lalu

BERITA LAIN

More
    Ratusan umat Katolik mengikuti Misa di depan Gereja St Paulus Jaranwala Pakistan yang sebelumnya diserang dan dibakar. CNA

    JARANWALA, Pena Katolik – Hanya empat hari setelah gerombolan ekstremis Islam membakar komunitas Kristen di kota Jaranwala, Pakistan, lebih dari 700 umat Katolik berkumpul untuk merayakan Misa di luar Gereja Katolik St. Paulus, Jaranwala pada 20 Agustus 2023. Gereja ini hancur tak bersisa akibat serangan tak manusiawi beberapa hari sebelumnya.

    Meskipun terjadi kehancuran yang luar biasa dan kekhawatiran yang meluas bahwa kerusuhan anti-Kristen akan terjadi lagi, ratusan umat Katolik tetap mengikuti Ekaristi menyusul serangan massa yang menghancurkan lebih dari 30 gereja dan 800 rumah.

    “Sebagian besar orang menangis saat Misa,” kata seorang pemimpin komunitas Kristen kepada kelompok bantuan Katolik Aid to the Church in Need International (ACN).

    “Ini adalah saat yang sangat menyakitkan namun merupakan kesempatan untuk saling berbagi rasa kehilangan dan kesedihan,” kata seseorang yang tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan.

    Pada 16 Agustus, kerusuhan yang melibatkan ratusan warga Muslim – bahkan dilaporkan berjumlah ribuan – terjadi di wilayah Kristen di Jaranwala di provinsi Punjab, Pakistan timur laut. Massa anti-Kristen menjadi heboh setelah dua orang Kristen, Rocky Masih dan Raja Masih, dituduh mencemarkan Al-Quran dan menghina Islam. Tidak menghormati Al-Quran adalah kejahatan yang dapat dihukum penjara seumur hidup di Pakistan.

    Sebelum penyelidikan formal polisi dapat dimulai, kerumunan Muslim, yang dilaporkan didorong oleh kelompok ekstremis bernama “Tehreek-e-Labbaik” mengamuk di distrik Kristen. Maria Lozano, kepala pers ACN, mengatakan kepada CNA bahwa para saksi melaporkan “pesan dari masjid yang dikirim melalui pengeras suara menyerukan masyarakat setempat untuk ‘keluar dan membunuh’ umat Kristen.”

    Setelah menerima peringatan awal dari beberapa Muslim yang bersimpati, sebagian besar umat Kristen dapat segera meninggalkan rumah dan gereja mereka untuk menghindari pembantaian. Meskipun terjadi kehancuran, tidak ada orang Kristen yang dilaporkan terbunuh, menurut Lozano.

    Seorang Kristen, yang diidentifikasi sebagai Ejaz Masih, meninggal karena serangan jantung selama serangan tersebut. Video dan gambar dramatis serangan tersebut menunjukkan para perusuh Muslim menjatuhkan salib dan membakar gereja-gereja dan rumah-rumah umat Kristen. ACN melaporkan bahwa hampir 1.000 orang Kristen yang ketakutan menghabiskan beberapa malam bersembunyi di sekitar ladang tebu dan hutan belantara.

    Menurut CSW, “Tehreek-e-Labbaik” (TLP), sebuah partai politik Islam ekstremis yang terkenal dengan kekerasan, bertanggung jawab atas kerusuhan tersebut. Kelompok ini mengadvokasi penerapan hukum Syariah di Pakistan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI