26.1 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Pastor Pionius Hendi OFMCap: Selamat Datang di INFO JPIC Indonesia, Kalimantan Bersuara Melawan Human Trafficking

BERITA LAIN

More
    Pastor Pastor Yansianus Fridus Derong, OFM – memegang mandau khas Dayak Kalimantan untuk memotong Bambu pembukaan temu INFO JPIC – Indonesia 2023

    Pena Katolik, Pontianak- Sabtu 19 Agustus 2023, telah dilakukan kegiatan Penyambutan kepada seluruh peserta INFO JPIC Indonesia berlangsung meriah. Penyambutan dilakukan dengan tarian penyambutan khas tarian Dayak kemudian dilanjutkan dengan tarian nusantara.

    Ketua INFO JPIC Indonesia, Pastor Yansianus Fridus Derong, OFM diberi mandat untuk memotong bambu sebagai tanda pintu masuk dan datangnya seluruh anggota INFO JPIC Indonesia di Keuskupan Agung Pontianak.

    Sambutan itu didahului dengan doa syukur atas keselamatan peserta dan sambutan khas gaya Kalimantan oleh salah satu perwakilan Bruder MTB.

    Inilah Bumi Kalimantan

    Usai tarian penyambutan itu kegiatan dilanjutkan dengan sambutan yang pertama dimulai oleh Ketua Panitia, Pastor Pionius Hendi OFMCap. Dalam sambutannya itu Pastor Pio OFMCap menyampaikan salam khas kalimantan “Adil ka Talino, Bacuramin ka Saruga, Basengat ka Jubata – Arus, Arus, Arus”.

    Dia menjelaskan makna dari pengertian Adil ka Talino, artinya adil kepada sesama manusia. Kemudian dia menambahkan arti dari Barucamin ka Saruga (meneladani jalan kasih Tuhan), dan terakhir Basengat ka Jubata (hanya Tuhanlah sumber keselamatan).

    “Inilah bumi kalimantan, selamat datang kepada kita semua,” kata Pastor Pionius Hendi OFMCap sembari membuka sambutannya tersebut.

    Dia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, pertama-tama  ketua INFO JPIC Indonesia Pastor Yansianus Fridus Derong, OFM yang sudah mendukung pelaksanaan pertemuan INFO JPIC Indonesia 2023 di Keuskupan Agung Pontianak.

    Dalam sambutan sore itu, Pastor Pionius Hendi OFMCap juga mengucapkan terima kasih kepada semua elemen panitia yang menyiapkan kelengkapan kegiatan selama persiapan sampai hari H.

    “Bagaimana kita menggemakan human trafficking di Kalimantan Barat, itulah sebabnya kami minta Untuk Uskup Agung Pontianak yang memimpin pembukaan misa disini,” tutur Pastor Pio. 

    Dia berharap gaung ini terdengar sampai provinsi, bahkan sampai elemen masyarakat yang ada di masyarakat Kalimantan Barat.

    “Kita berusaha memberikan yang terbaik, dari penyambutan hingga kegiatan, mari kita gaungkan tema human trafficking, agar kita yang tahu yang mau belajar dan akhirnya umat tahu agar bisa berkolaborasi bersama semua orang . Terima kasih kepada kita semua,” tambah Pastor Pionius Hendi OFMCap dalam menutup sambutannya (19/08/2023).

    Potret wajah Bruder Gerardus MTB dan tiga awam OFS (Ordo Fransiskan Sekular) Kalimantan Barat

    Kehadiran gereja

    Ketua INFO JPIC Indonesia Pastor Yansianus Fridus Derong, OFM dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras dalam merajut kegiatan yang penuh warna  itu.

    Ditambah kehadiran Bapa Uskup Agung Pontianak merupakan bentuk keibuan Gereja dalam memperhatikan gerakan Fransiskan dalam menggaungkan tema human trafficking yang diselenggarakan oleh INFO JPIC Indonesia pada tahun 2023 ini.

    Dia juga berterima kasih kepada semua peserta dan panitia yang luar biasa dalam memberikan semangat sehingga berkesempatan turut hadir dalam INFO JPIC Indonesia 2023 di Keuskupan Agung Pontianak.

    “Dianeka kesibukannya bisa hadir dalam kegiatan ini,” kata Pastor Yansianus OFM.

    Menutup sambutanya, Pastor Yansianus Fridus Derong OFM menyampaikan secuplik pesan Bapa Paus Fransiskus Paus Fransiskus  “bahwa Tuhan tidak memanggil kita menjadi penyanyi solo, Tuhan memanggil kita untuk menjadi paduan suara.”

    “Kasih Kristus menuntut kita untuk menyingkirkan diri  dari keegoisan, dan memanggil kita untuk menerima dan saling menjaga satu sama lain, bagikan benang-benang aneka warna agar membentuk permadani untuk persatuan para putra dan putri-Nya,”tambah Pastor Yan OFM.

    Pastor Pionius Hendi OFMCap – Ketua Panitia INFO JPIC Indonesia 2023 – Sekaligus ketua JPIC Kalimantan Barat

    Harapan besar Ketua INFO JPIC Indonesia

    Ditambahkannya dalam penutupan sambutannya Pastor Yan OFM memiliki harapan besar kepada semua peserta. 

    Pertama untuk para korban perdagangan manusia, diarapkan semua anggota Fransiskan/nes berupaya menanggulangi dan mengatasi pergejolak human trafficking minimal mampu menyuarakan kabar baik untuk menganggulangi hal tersebut.

    Kedua, harapan besar kepada tarekat masing-masing agar menjadi tanda pengingat untuk bertanggung jawab dan mampu bergandengan tangan dalam berjalan bersama untuk menyuarakan kabar baik kepada semua orang.

    “Saya buka kegiatan temu INFO JPIC Indonesia 2023, Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin,” kata Pastor Yansianus Fridus Derong, OFM sambil membuka pertemuan INFO JPIC Indonesia di Keuskupan Agung Pontianak. Kegiatan tersebut ditutup dengan pembacaan jumlah peserta dari 20 tarekat  Fransiskan , 1 tarekat namun bukan tarekat Fransiskan dan kehadiran KOMSOS Keuskupan Agung Pontianak yang turut serta dalam peliputan sepanjang kegiatan berlangsung. Mulai dari 19-25 Agustus 2023 mendatang. (PEN@/Samuel).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI