34 C
Jakarta
Tuesday, May 7, 2024

Tindakan Keras Terhadap orang Kristen di Iran Sedang Berlangsung

BERITA LAIN

More
    Seorang wanita Kristen Iran menyalakan lilin selama Misa Malam Natal di Gereja Katolik Gregory Armenia di Teherans. IST

    TEHERAN, Pena Katolik – Sebuah badan amal Inggris melaporkan tindakan keras baru terhadap agama Kristen sedang berlangsung di Iran. Setidaknya 69 orang Kristen telah ditangkap dalam beberapa minggu terakhir. Mualaf dari Islam adalah target utama, atau seseorang yang pindah agama dari Islam ke Kristen. Di bawah hukum Iran saat ini, kemurtadan dari keyakinan negara dianggap sebagai pelanggaran berat.

    Kiri Kankhwende, juru bicara Ketua Tim Pers dan Urusan Publik untuk Christian Solidarity Worldwide mengungkapkan bahwa insiden semacam itu tidak jarang terjadi di Iran.

    Ada kampanye yang sedang berlangsung, selama beberapa tahun, menargetkan kegiatan Kristen di negara ini. Tindakan keras dilakukan bagi setiap kegiatan penginjilan dan mendistribusikan materi Kristen dalam bahasa Farsi. Sasaran utamanya adalah mualaf dari Islam dan pemimpin Gereja asal.

    “Motifnya sulit untuk dilihat dan terkadang terkait dengan kurangnya koordinasi atau persaingan antara badan keamanan negara yang berbeda. Yang pasti tindakan ini dirancang untuk mengintimidasi jemaat dan mengirimkan pesan yang kuat dan jelas kepada calon mualaf bahwa jika mereka menjadi Kristen, hidup mereka akan sangat sulit.

    Kadang-kadang insiden ini terkait dengan hubungan dan negosiasi Iran dengan komunitas internasional mengenai isu-isu seperti kesepakatan dan sanksi nuklir. Selama ini Iran dikenal ahli dalam “diplomasi sandera” dan orang Kristen adalah minoritas yang rentan. Mungkin ini adalah hal yang paling menakutkan. Seseorang dapat dihukum mati tanpa pernah mengetahui alasan sebenarnya mengapa hukuman itu dijatuhkan.

    Dua Ribu Tahun Sejarah Kristen

    Umat ​​Kristen telah bermukim di Iran sejak zaman alkitabiah, dan imannya tetap menjadi agama minoritas non-Muslim terbesar kedua di negara tersebut. Orang Kristen diperkirakan berjumlah sekitar 1 juta orang, termasuk sekitar 21.380 orang Katolik, meskipun angka yang akurat tidak mungkin diperoleh.

    Beberapa denominasi diakui oleh konstitusi Iran seperti kasdim dan denominasi Armenia. Denominasi ini memiliki hak tertentu seperti kebebasan untuk beribadah di dalam gereja mereka sendiri tetapi tidak dalam bahasa nasional Iran, Farsi.

    Negara melakukan pelecehan terhadap denominasi-denominasi ini, melakukan gelombang penangkapan jamaah, yang sering berkumpul di rumah, atas tuduhan keamanan dan menuntut jumlah uang jaminan yang sangat tinggi. Sejauh ini, semua tahanan adalah mualaf, kecuali satu pasangan Iran-Armenia.

    Gereja-gereja Kristen Armenia dan Asyur yang diakui secara resmi di Iran diberikan kebebasan untuk beribadah. Hal yang sama berlaku untuk beberapa Gereja Anglikan dan Katolik. Namun, ini didasarkan pada asumsi bahwa mereka tidak atau dianggap tidak berusaha untuk mengubah Muslim atau mengizinkan orang berpindah agama ke dalam jemaah mereka.

    Konversi ini merupakan masalah sebenarnya, karena dipandang sebagai penghinaan terhadap Republik Islam dan semua yang diperjuangkannya. Kankhwende mengatakan dia tidak percaya gelombang penangkapan terkait dengan gelombang protes baru-baru ini di negara itu.

    “Kampanye melawan agama Kristen dimulai puluhan tahun lalu dan kemungkinan akan terus berlanjut terlepas dari protes apa pun,” katanya

    Sebelumnya demonstrasi, yang memicu ledakan singkat di Barat, dimulai setelah kematian Mahsa Amini, seorang wanita berusia 22 tahun yang ditangkap oleh polisi moralitas Iran di Teheran pada 13 September 2022. Diduga dia telah melanggar aturan ketat yang mengharuskan wanita untuk menutupi rambut mereka saat di depan umum. Tiga hari kemudian, Amini meninggal di rumah sakit setelah mengalami koma beberapa jam setelah penangkapannya.

    Di bawah rezim saat ini, sulit untuk melihat perubahan apa pun dalam prospek orang Kristen – jadi ini berarti bahwa mereka yang diakui sebagai orang Kristen akan dapat menghidupi iman mereka.

    Di bawah rezim yang berbeda, masa depan yang berbeda bisa saja terjadi. Pertumbuhan yang luar biasa dari Gereja Iran terlepas dari penganiayaan berarti bahwa Gereja benar-benar dapat berkembang di Iran yang bebas.

    Seorang juru bicara Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan Inggris mengatakan kepada bahwa meskipun Inggris tidak secara terbuka menyampaikan kemungkinan penetapan sanksi, mempromosikan kebebasan beragama adalah salah satu prioritas hak asasi manusia Inggris yang telah lama ada.

    Sejak September 2022, Inggris telah menuduh lebih dari 80 pejabat dan entitas Iran untuk pelanggaran hak asasi manusia, termasuk Jaksa Agung Iran dan sejumlah hakim Pengadilan Revolusi.

    Bulan ini menjadi jelas, sekali lagi, bahwa Teheran sangat ingin mengekspor kebenciannya ke luar negeri. The Jewish Chronicle melaporkan bahwa komandan senior Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, yang ditakuti, menggunakan kelompok mahasiswa London untuk menyalurkan propaganda antisemit ekstremis dan menyerukan kekerasan di Inggris.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI