29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Paus Fransiskus Mengumumkan Tiga Tahun Perayaan untuk Menghormati Tahun Kelahiran Santo Thomas Aquinas, Selama Perayaan akan Dianugerahkan Indulgensi Penuh

BERITA LAIN

More
    St Thomas Aquinas

    VATIKAN, Pena Katolik – Pada tahun-tahun mendatang, tiga peringatan penting akan diadakan untuk menghormati warisan Thomas Aquinas, Doctor Angelicus yang terkenal. Pertama, 18 Juli 2023 sebagai peringatan 700 tahun sejak kanonisasinya. Kedua, tahun 2024, Gereja akan memperingati 750 tahun kematiannya, dan ketiga, tahun 2025, peringatan 800 tahun kelahirannya.

    Konvergensi tonggak sejarah ini menghadirkan peristiwa unik dan langka bagi tiga keuskupan yang terhubung dengan St. Thomas: pertama, Keuskupan Sora-Cassino-Aquino-Pontecorvo, tempat Thomas lahir dan mengambil langkah pertamanya. Kedua, Keuskupan Latina, rumah bagi Biara Fossanova, tempat ia wafat. Ketiga, Keuskupan Frosinone, tempat St. Thomas menghabiskan waktu di kastil keluarganya di Monte San Giovanni Campano

    Surat Kepausan

    Paus Fransiskus mengirim surat kepada tiga uskup dari keuskupan ini. Surat Paus Fransiskus itu ditujukan kepada Uskup Sora-Cassino-Aquino-Pontecorvo, Mgr. Gerardo Antonazzo; Uskup Latina-Terracina-Sezze-Priverno, Mgr. Mariano Crociata; dan Uskup Frosinone-Veroli-Ferentino dan Anagni-Alatri, Mgr. Ambrogio Spreafico.

    Paus meminta untuk memulai periode perayaan dan refleksi selama tiga tahun. Meski surat itu tidak dipublikasikan di buletin Kantor Pers Vatikan, surat itu dikirim secara pribadi dan kemudian dibagikan melalui media Vatikan. Sementara itu, para uskup sudah mulai mengambil Langkah berdasarkan surat itu. Mereka memberi tahu umat beriman dan mempersiapkan acara peringatan akbar yang pertama.

    Pada tanggal 18 Juli, Prefek Kongregasi Penggelaran Kudus, Kardinal Marcello Semeraro akan berada di Fossanova atas penunjukan Vatikan untuk merayakan Misa mengenang kanonisasi St. Thomas. Pada 14 Juli, ziarah akan dilakukan ke Gereja San Tommaso di Roccasecca. Gereja yang dibangun pada masa abad pertengahan ini adalah gereja pertama di dunia yang dibangun dan didedikasikan untuk St. Thomas.

    Dalam surat resminya, Paus Fransiskus menekankan bahwa Doctor Communis (gelar lain untuk Thomas) adalah “sumber daya” bagi Gereja hari ini dan masa depan. Paus menggemakan permintaannya pada Kongres Thomistik Internasional tahun lalu untuk menemukan kembali akar warisan St. Thomas Aquinas.

    Paus Fransiskus mengutip pernyataan Paus Paulus VI yang menggambarkan St. Thomas sebagai “terang Gereja dan seluruh dunia”. Paus juga menekankan bahwa menghormati St. Thomas secara mendalam sebagai “sumber hidup” berarti “berfokus pada studi karya-karya St. Thomas dalam sejarah dan konteks budaya dan pada saat yang sama, menghargai mereka untuk menanggapi tantangan budaya saat ini.” Paus Fransiskus menekankan bahwa “warisan yang luar biasa” dari St. Thomas terutama adalah kesuciannya.

    Pada tanggal 14 Juli 2023 nanti, di Roccasecca, Mgr. Antonazzo akan menerima kuasa kepausan untuk menganugerahkan berkat kepausan kepada semua yang hadir. Sejak hari itu hingga 18 Juli 2024, selama Tahun Yobel St. Thomas, indulgensi penuh juga dimungkinkan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI