31.1 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Berkunjung ke Ayawasi Papua, Duta Besar Vatikan Serukan Perdamaian

BERITA LAIN

More
    Duta Besar Vatikan untuk Indonesia saat disambut di Ayawasi Papua. IST

    AYAWASI, Pena Katolik – Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo berkunjung ke Kampung Ayawasi, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya. Ia datang untuk peresmian dan penthabisan Gereja Katolik Santo Yoseph Ayawasi 29 Juni 2023.

     Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo mengajak umat Katolik Paroki Santo Yosep Ayawasi Kabupaten Maybrat membangun semangat rekonsilisasi dan perdamaian di Tanah Papua. Pada momen peresmian Gereja Katolik Santo Yosep itu, Mgr. Pioppo sangat senang bisa hadir di tengah umat Katolik setempat.

    Ia berharap, gereja baru yang indah dan besar memotivasi umat setempat untuk lebih berkembang spiritualitas-nya, mengedepankan cinta, dan rendah hati.

    “Dengan itu maka kita akan bertumbuh menjadi manusia baru, rendah hati dan mampu membangun rekonsiliasi serta damai di Tanah Papua,” pesan Mgr Piero Pippo.

    Misa perayaan pentahbisan gedung Gereja Katolik Santo Yosep Ayawasi Maybrat tersebut dihadiri juga oleh lima uskup dan sdkitar 60 imam (pastor).

    Dubes Vatikan mengatakan, kehadiran Gereja Katolik membawa misi penting  yaitu membangun cinta kasih dan menyebarkan pesan damai kepada seluruh umat manusia.

    “Sebab Gereja menyemangati kita untuk berlangkah lebih maju demi kebaikan, menghibur kita dalam kesulitan dan membuat kita berkembang sebagai saudara,” ujarnya.

    Gereja baru ini dibangun di lahan seluas 1 hektare, memiliki panjang bangunanan 43 meter, lebar 23 meter dan tinggi 27 meter dan mampu menampung umat sebanyak 1.200 orang.

    Sementara itu, Kedatangan Duta Besar Vatikanini juga didamping Uskup Manokwari Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega; Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus; Direktur Jenderal Bimas Katolik, Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono; Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema; Wakapolda Papua Barat, Brigjen. Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin; Penjabat Bupati Maybrat Bernhard Eduard Rondonuwu; dan Bupati Asmat Elisa Kambu.

    Penjabat Bupati Maybrat Bernhard Eduard Rondonuwu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sebagai rasa kebanggaan atas kehadiran Duta Besar Vatikan ke Kabupaten Maybrat, Kampung Ayawasi.

    “Saya atas nama masyarakat merasa kagum dan tersentuh melihat seluruh masyarakat menyambut kedatangan Duta Besar Vatikan,” jelas Pj Bupati Maybrat.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI