Menyambut IYD 2023, OMK di Yogyakarta Bersihkan Sungai Pelang

0
519
OMK Rayon Kota Kevikepan Yogyakarta Timur Membersihkan Sampah dan Menebar Benih Ikan di Sungai Pelang. kas.or.id

YOGYAKARTA, Pena Katolik – Orang Muda Katolik (OMK) Kevikepan Yogyakarta Timur rayon kota melaksanakan kegiatan pembersihan bantaran sungai Pelang, yang berada di dusun Sengkan, padukuhan Joho, Condongcatur, Depok, Sleman, 4 Juni 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Indonesia Youth Day 2023 di Kevikepan Jogjakarta Timur.

Ketua pelaksana kegiatan, Waskhita Sandhy Pramudya mengatakan salah satu kegiatan yang dipilih adalah pengabdian untuk alam, yaitu pembersihan sungai. Kegiatan pembersihan sungai diikuti perwakilan OMK dari 8 paroki rayon kota, OMK Paroki Banteng, dan warga sekitar sungai Pelang.

Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman,Eny Yuliani, memberikan apresiasi kepada OMK Kevikepan Yogyakarta Timur. Ia mendukung kegiatan yang positif untuk terjun langsung dalam pelestarian sungai.

“Sungai adalah sumber air yang harus dijaga kebersihannya, harus produktif untuk kemanfaatan kita semua sebagai mahluk hidup. Pada tahun 2023 Dinas Lingkungan Hidup mempunyai program kali bersih di 34 titik di sungai-sungai yang ada di kabupaten Sleman, dimulai pertengahan Mei sampai dengan September,” kata Eny.

OMK Kevikepan Yogyakarta Timur. IST

Eny berharap kegiatan pembersihan sungai bukan hanya saat ini saja, namun dapat berkelanjutan. Ia berterima kasih mengingat saat ini, kualitas sungai agak menurun tercemar bakteri e-Coli, salah satunya dari pembuangan sampah.

Ketua 2 Kirab Salib IYD Kevikepan Yogyakarta Timur Rayon Kota, Sisilia Yuditasari, mengatakan rekan-rekan OMK paroki rayon kota sudah membuat acara yang berbeda. Kegiatan yang diikuti peserta dari berbagai kalangan, bertujuan untuk saling merekatkan OMK antar paroki.

Sementara itu Maria Magdalena Suyatini, Tim Pewartaan Paroki Banteng menyambut baik kegiatan pembersihan sungai Pelang di pedukuhan Joho. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman dan umat diwilayah Santo Don Bosco Sengkan Paroki Keluarga Kudus Banteng mendukung kegiatan pembersihan sungai.

Retnaningsih dukuh Joho membawahi wilayah dusun Sengkan RT 06 RW 59, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kepedulian OMK terhadap kelestarian lingkungan. Iamengatakan, Jalur panjang sungai Pelang di pedukuhan Joho ada sekitar 2 km, komunitas kali bersih sungai Pelang yang ada di pedukuhan Joho sudah berjalan sejak tahun 2015. Dulu kondisi sungai Pelang memprihatinkan sekali, banyak sampah, setelah ada kegiatan komunitas kali Pelang, sungai sudah terkelola dan mulai diperhatikan.

“Pembangunan yang pesat mengabaikan jalan untuk ke sungai, kebanyakan bangunan membelakangi sungai. Tahun 2015 dimulai edukasi untuk menerapkan anjuran dari Sultan, untuk mundur munggah madep kali,” kata Retnaningsih.

Ketua RW 59 Sengkan, Fransiskus Asisi Triwusono S.Pd, mengapresiasi kegiatan IYD rayon kota membersihkan sungai Pelang yang ada wilayah RW 59.

Fransiskus Asisi Triwusono S.Pd berkata “Air adalah sumber kehidupan, jika tercemar maka kehidupan tidak sehat, dengan sungai dibersihkan air menjadi jernih, bersih dan mahluk yang hidup di sungai Pelang berkembang dengan baik.”

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here