31.5 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

Jenazah Pendiri Ordo Suster-suster Maria Benediktin yang Masih Utuh setelah Beberapa Tahun Wafat

BERITA LAIN

More
    Batu nisan Suster Wilhelmina Lancaster, OSB. CNA

    MISSOURI, Pena Katolik – Ratusan peziarah mendatangi Biara Suster Benediktin di Pedesaan Missouri, Amerika Serikat dalam beberapa hari terakhir. Hal ini menyusul berita yang mulai menyebar di media social, bahwa jenazah pendiri Ordo Suster Benediktin Afrika-Amerika yang baru saja digali tampaknya tidak rusak. Penggalian ini dilakukan empat tahun setelah kematiannya. Saat dimakamkan, Suster Wilhelmina Lancaster, OSB dimakamkan dalam peti kayu sederhana ketika ia meninggal. Suster Lancaster meninggal pada usia 95 tahun pada 29 Mei 2019, pada hari raya Kenaikan.

    Suster Lancaster mendirikan Ordo Suster-suster Maria Benediktin, dan terkenal karena nyanyian Gregorian yang memuncaki tangga lagu dan album himne Katolik klasik. Ia dikenal karena pengabdiannya pada Misa Latin Tradisional dan kesetiaannya pada kontemplasi Benediktin dan Liturgi Harian.

    Kira-kira empat tahun kemudian, pada perayaan Kenaikan dalam ritus Latin, kepala biara memutuskan untuk memindahkan jenazahnya ke tempat peristirahatan terakhir di dalam kapel biara mereka. Langkah ini adalah kebiasaan lama bagi para pendiri ordo atau kongregasi.

    Para suster berharap untuk menemukan sisa-sisa tulang pendiri mereka. Namun, para Suster Benediktin malah menggali peti mati dengan tubuh yang tampaknya utuh. Sebelumnya, tubuh itu tidak dibalsem dan peti mati kayu itu memiliki retakan di tengahnya yang membiarkan kelembapan masuk selama empat tahun.

    Jenazah Suster Wilhelmina Lancaster, OSB. ALeteia

    “Kami pikir dia adalah wanita Afrika-Amerika pertama yang ditemukan tidak rusak,” kata kepala biara komunitas saat ini, Suster Cecilia, OSB.

    Tubuhnya ditutupi lapisan jamur yang tumbuh karena tingginya tingkat kondensasi di dalam peti mati yang retak. Meskipun lembap, sedikit dari tubuhnya dan tidak ada kebiasaannya yang hancur selama empat tahun. Keterkejutan itu langsung dirasakan oleh masyarakat yang telah berkumpul untuk menggali kuburannya.

    “Saya pikir saya melihat kaki yang utuh, setelahnya saya saya melihat lagi lebih hati-hati untuk memastikan,” ujarnya.

    Para suster dengan hati-hati mengeluarkan jenazahnya. Sisa-sisa kerangka seharusnya memiliki berat sekitar 20 pon. Sebaliknya, para suster mengangkat apa yang mereka perkirakan sebagai tubuh dengan berat kira-kira seberat 80-90 pon.

    Gereja Katolik memiliki tradisi lama tentang apa yang disebut “orang-orang kudus yang tidak dapat binasa”. Ada orang-orang kudus yang diakui Gereja, ternyata setelah meninggal jenazah mereka tidak hancur. Lebih dari seratus di antaranya telah dibeatifikasi atau dikanonisasi. Orang-orang kudus disebut tidak fana, karena bertahun-tahun setelah kematian mereka, sebagian atau bahkan seluruh tubuh mereka kebal terhadap proses pembusukan alami. Ini bertentangan dengan ilmu pengetahuan, sebab bahkan dengan teknik pembalseman modern, tubuh tetap akan mengalami proses pembusukan alami.

    Menurut tradisi Katolik, orang-orang kudus yang “tidak dapat binasa” ini memberikan kesaksian tentang kebenaran kebangkitan tubuh dan kehidupan yang akan datang. Kurangnya pembusukan juga dilihat sebagai tanda kekudusan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI