33.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

10 Fakta St Yohanes Paulus II

BERITA LAIN

More
    St Yohanes Paulus II. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang Santo Yohanes Paulus II. Berikut adalah 10 fakta penting tentang hidupnya Artikel ini menyajikan 10 fakta tentang kehidupan ‘Paus peziarah’, yang dikenang sebagai salah satu pemimpin paling berpengaruh di abad ke-20.

    1. Santo Yohanes Paulus II lahir di Polandia.

    Ia lahir di Wadowice pada 18 Mei 1920, di sebuah kota kecil 50 kilometer dari Krakow. Dia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dari Karol Wojtyla dan Emilia Kaczorowska. Ibunya meninggal pada tahun 1929. Kakak laki-lakinya, Edmund (seorang dokter), meninggal pada tahun 1932, dan ayahnya (seorang bintara di ketentaraan) pada tahun 1941. Kakak perempuannya Olga meninggal sebelum dia lahir.

    2. Santo pelindung Karol Wojtyla adalah St. Charles (Karol) Borromeo.

    Meski hidup di zaman yang berbeda, keduanya dipersatukan karena memiliki cerita yang mirip, yang ditonjolkan oleh Santo Yohanes Paulus II dalam audiensi umum pada tanggal 4 November 1981. Kesamaan pertama terletak pada kesamaan nama mereka. Nama Santo Yohanes Paulus II “Karol” adalah “Carlos” dalam bahasa Spanyol. Mereka juga selamat dari upaya pembunuhan, berpartisipasi dalam dewan, dan berbagi cinta untuk orang miskin dan sakit.

    3. Santo Yohanes Paulus II mencetak rekor dan mencapai prestasi penting.

    Paus Santo Yohanes Paulus II adalah Paus non-Italia pertama sejak Adrian VI (1522-1523). Dia melakukan perjalanan apostolik paling banyak disbanding Paus mana pun, mengunjungi 129 negara. Dia juga Paus pertama yang mengunjungi sinagoga, Gedung Putih (Amerika Serikat), dan Kuba.

    4. Paus peziarah adalah seorang diplomat yang hebat.

    Selama masa kepausannya, Santo Yohanes Paulus II menambah jumlah negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Tahta Suci, dari 85 negara pada tahun 1978 menjadi 174 pada tahun 2003 terbanyak di banding negara mana pun di dunia. Negara yang menjalin relasi diplomatik ini termasuk Amerika Serikat (yang sebelumnya hanya memiliki status delegasi), Uni Eropa, Ordo Militer Berdaulat Malta, dan sebagian besar negara bekas blok komunis. Dia juga menjalin “hubungan alam khusus” dengan Federasi Rusia dan Organisasi Pembebasan Palestina.

    5. Yohanes Paulus II menciptakan Hari Orang Muda Sedunia.

    Kecintaannya pada kaum muda mendorongnya untuk memulai World Youth Day (WYD) pada tahun 1985. Dalam 19 edisi WYD yang diadakan selama masa kepausannya, jutaan kaum muda dari seluruh dunia berkumpul. Penekanannya pada keluarga juga terlihat melalui World Meeting of Families, yang diresmikannya pada tahun 1994.

    6. Dia memiliki dua gelar doktor.

    Pada tahun 1948, ia memperoleh gelar doktor teologi dari Universitas Kepausan St. Thomas Aquinas, dengan tesis tentang iman dalam karya Santo Yohanes dari Salib. Pada tahun 1953, ia memperoleh gelar doktor dalam filsafat dari Catholic University of Lublin dengan tesis berjudul “An Evaluation of the Possibility of Constructing a Catholic Ethics on the Basis of the Ethical System of Max Scheler.”

    7. Santo Yohanes Paulus II selamat dari lebih dari satu percobaan pembunuhan.

    Pada 13 Mei 1981, dia ditembak di Lapangan Santo Petrus oleh warga negara Turki Mehmet Ali Agca. Pada tanggal 12 Mei 1982, di Fatima, Portugal, di mana Paus bersyukur kepada Tuhan atas hidupnya setelah percobaan pembunuhan, seorang pendeta skismatis mencoba menikamnya dengan pisau tetapi dihentikan beberapa meter sebelum bisa melakukan aksinya. Ada juga upaya pembunuhan lainnya oleh teroris Muslim yang mencoba meledakkan pesawat yang ditumpangi Paus selama kunjungannya ke Filipina. Pihak berwenang berhasil menggagalkan rencana itu.

    8. Paus Wojtyla meminta pengampunan atas nama Gereja.

    Pada tanggal 12 Maret 2000, dia meminta maaf atas kegagalan manusia yang dilakukan di Gereja Katolik sepanjang sejarahnya, dengan referensi khusus pada diskriminasi terhadap wanita, orang miskin, dan kelompok etnis. Pada tanggal 15 Juni 2004, dia juga meminta maaf atas Inkuisisi, “atas kesalahan yang dilakukan dalam pelayanan kebenaran melalui penggunaan metode yang tidak ada hubungannya dengan Injil.”

    9. Yohanes Paulus II mengumumkan Katekismus Gereja Katolik.

    Dia mengumumkan Katekismus Universal Gereja Katolik, yang dipromosikan oleh Sinode Khusus Para Uskup pada tahun 1985 yang didedikasikan untuk Konsili Vatikan Kedua. Ia juga mereformasi Kitab Hukum Kanonik, Kitab Kanon Gereja-Gereja Timur, dan menata ulang Kuria Romawi. Di antara dokumen magisterialnya terdapat 14 ensiklik, 15 nasihat apostolik, 11 konstitusi apostolik, dan 45 surat apostolik.

    10. Beatifikasi Yohanes Paulus II adalah yang tercepat di zaman modern.

    Santo Yohanes Paulus II wafat pada tanggal 2 April 2005. Pada tanggal 28 April di bulan yang sama, Paus Benediktus XVI melepaskan masa tunggu lima tahun yang biasa setelah kematiannya untuk memulai proses kanonisasi. Kardinal Camillo Ruini, vikjen Keuskupan Roma, secara resmi membuka kasus tersebut pada 28 Juni 2005. Benediktus XVI membeatifikasi dia pada 1 Mei 2011, dan Paus Fransiskus mengkanonisasi dia, bersama dengan Yohanes XXIII, pada 27 April 2014.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI