29.7 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Paus Fransiskus Menambahkan 21 Martir Ortodoks Koptik yang Gugur di Tangan ISIS ke dalam Daftar Martir Katolik

BERITA LAIN

More
    Paus Koptik Tawadros II menyerahkan relikui 21 martir Mesir kepada Paus Fransiskus. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus  mengakui 21 martir dari umat Kristen Ortodoks Koptik yang dibunuh oleh teroris Negara Islam (ISIS) delapan tahun lalu ke dalam barisan Martir Katolik. Bapa Suci mengatakan hal ini kepada Paus Koptik Tawadros II, Patriark Takhta Santo Markus, bahwa para martir akan dimasukkan ke dalam Martirologi Romawi. Langkah ini diakui Paus sebagai tanda persekutuan spiritual yang menyatukan kedua Gereja.

    Para martir Koptik ini adalah 20 orang Mesir dan seorang pria dari Ghana yang dipenggal oleh para jihadis ISIS di Sirte, Libya. ISIS memfilmkan mereka sedang berdoa saat mereka meninggal pada 15 Februari 2015. Selama audiensi mereka di Roma, Paus Tawadros II memberi Paus Fransiskus relikui para martir Koptik ini.

    “Para martir ini dibaptis tidak hanya dengan air dan Roh, tetapi juga dengan darah, dalam darah yang merupakan benih persatuan bagi semua pengikut Kristus,” ujar Paus Fransiskus.

    Patriark Koptik itu berada di Roma untuk memperingati 50 tahun Deklarasi Kristologis yang dibuat bersama antara Gereja Katolik dan Gereja Koptik. Perjanjian ini adalah sebuah tonggak sejarah dalam hubungan antara kedua Gereja.

    Selama konferensi pers, Paus Tawadros II mengatakan bahwa jenazah para martir digali pada tahun 2018 dan dibawa ke Mesir. Gereja Koptik kemudian membangun sebuah kuil untuk menghormati mereka di El-Aour, kampung halaman sebagian besar pria.

    “Kami sering meminta doa mereka, dan kami yakin mereka terus memberikan berkat yang besar kepada kami,” kata Paus Tawadros II.

    Paus Koptik itu juga memaparkan empat langkah untuk mengikuti jalan menuju rekonsiliasi dan persatuan Kristen, menunjuk pada sosok yang digambarkan di salib yang telah dia perlihatkan saat berada di Roma. Paus Tawadros II mengatakan langkah pertama adalah persaudaraan dalam Kristus, yang diungkapkan melalui kegiatan bersama. Langkah kedua, tambahnya, mencakup saling pengertian melalui studi tradisi, sakramen, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Gereja. Langkah ketiga, katanya, melibatkan dialog liturgi dan informal, termasuk dialog antara kaum muda dan anggota klerus Gereja masing-masing. Langkah keempat adalah doa, karena doa dapat menghasilkan keajaiban.

    “Begitu kita menyelesaikan empat langkah ini, kita sampai di hati Kristus, dan ini memakan waktu lama. Tetapi kami percaya bahwa Roh Kudus menyertai kami dalam perjalanan ini,” kata Paus Koptik.

    Sebelumnya, orang Kristen non-Katolik lainnya telah dimasukkan ke dalam Martirologi Romawi. Mereka termasuk St. Theodosius Slavia dari Gereja Ortodoks abad ke-11 dan St. Anthony dari Pečerska, dan St. Stephen dari Perm di abad ke-14 serta St. Sergius dari Radonezh.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI