Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

IYD, dari Revolusi Mental-Spiritual Menjadi Perubahan Sosial

Kirab Salib IYD 2023 di Paroki Klaten. IST

JAKARTA, Pena Katolik – Indonesian Youth Day (IYD) menjadi kesempatan bagi orang muda Katolik (OMK) untuk bangkit bersaksi. Ini menjadi saat bagi orang muda untuk terlibat dalam Gereja. Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC menegaskan hal ini dalam konferensi pers IYD di Kantor KWI di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 11 Mei 2023.

“Pesan utama bagi para pemuda Katolik pada IYD adalah bangkit dan bersaksilah, yang mendorong orang muda untuk semakin mencintai Tuhan,” ujar Mgr. Anton.

IYD III akan diselenggarakan pada 26-30 Juni 2023 di Keuskupan Agung Palembang dengan tema “Orang Muda Katolik, Bangkit dan Bersaksilah!.”

Mgr. Anton menegaskan bahwa IYD merupakan bagian dari formasi kaum muda. Ia berharap acara ini menjadi penguatan mental orang muda. Ia mengatakan, revolusi mental ini juga diikuti dengan revolusi spiritual yang memungkinkan OMK memahami dan mengerti perutusannya. Ketika ini berhasil, revolusi ini akan menjadi sebuah gerakan social yang memiliki daya ubah.

“IYD menjadi formasi kaum muda. Revolusi mental dan revolusi spiritual, supaya terjadi revolusi sosial. Dalam arti bagaimana meningkatkan kesejahteraan bersama, mewujudkan nilai-nilai kristiani dan memperkuat nilai-nilai Pancasila,” tuturnya.

Sementara itu menurut Sekretaris Komisi Kepemudaan KWI, Romo Frans Kristi Adi Prasetya, penyelenggaraan IYD III tertunda karena pandemi Covid-19. Saat ini dengan mempertimbangkan tingkat vaksinasi yang cukup tinggi dari pandemi, maka IYD dapat diselenggarakan lagi.

Romo Kristi mengatakan, tujuan IYD III adalah mewujudkan ciri hakiki Gereja yang berjalan bersama. Tema ini merangkul suasana yang terjadi, khususnya setelah pandemi.

“Ada banyak keunikan pada pembinaan orang muda pada masa pandemi. Kita tahu orang muda sangat senang untuk berkumpul dan berjumpa. Tetapi selama pandemi sangat sulit meskipun ada jalan-jalan kreatif lewat sarana digital,” ujarnya.

Konferensi pers ini dihadiri juga Ketua Panitia Joyful Run 2023 Patricia Rusli dan Ketua Bidang Publikasi Media Joyful Run 2023 Lawrence Tjandra. Joyful Run 2023 merupakan kegiatan pendahuluan IYD 2023 yang akan diadakan di Flavor Bliss, Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten pada 21 Mei 2023.

Konferensi Pers di Kantor KWI CIkini 11 Mei 2023. Komkep KWI

Sejarah Singkat

Sejarah IYD bermula dari Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) Oktober 2010. Sidang ini merekomendasikan pertemuan akbar OMK se-Indonesia. Kemudian Sidang KWI pada tahun 2015 memutuskan bahwa IYD diselenggarakan setiap tiga tahun sekali. IYD I diadakan pada 20-26 Oktober 2012 di Keuskupan Sanggau dengan tema “Berakar dan Dibangun dalam Yesus Kristus, Berteguh dalam Iman.” Sementara IYD II diadakan pada 1-6 Oktober 2016 di Keuskupan Manado dengan tema “OMK Sukacita Injil di tengah Masyarakat Indonesia yang Majemuk.

IYD III tahun 2923 akan diselenggarakan pada 26-30 Juni 2023 di Keuskupan Agung Palembang dengan tema “Orang Muda Katolik, Bangkit dan Bersaksilah!.” Saat ini OMK seluruh Indonesia telah memulai kegiatan Pra-IYD di keuskupan masing-masing.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini