32.1 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Kepala Sekolah: Carlo Alcutis adalah Mercusuar bagi Sahabat-sahabatnya

BERITA LAIN

More
    Carlo Acutis. (IST)

    ASSISI, Pena Katolik – “Saya dapat mengatakan bahwa keajaiban terbesar yang saya lihat di Carlo adalah dia terlihat seperti orang lain, tanpa membuat saya berpikir dia adalah anak yang lebih suci atau lebih polos daripada teman-temannya,” demikian Suster Miranda tempat di mana Carlo Acutis belajar.

    Suster Miranda adalah direktur sekolah di mana Beato Carlo belajar. Biarawati itu  menceritakan bagaimana sebagian dari kehebatan Carlo justru terletak pada kesederhanaan dan kehati-hatiannya, yang pada pandangan pertama membuatnya tampak seperti anak biasa di antara teman-temannya.

    Sister Miranda mengisahkan, pada bulan September 1999, setelah beberapa tahun di sekolah Aronna di Lago Maggiore, ia dipindahkan ke Sekolah Marcelline di Tommaseo Square sebagai kepala sekolah dasar dan guru sekolah menengah. Saat itu, Carlo duduk di kelas tiga, tetapi dia sudah terdaftar selama satu tahun, dan dapat menyesuaikan diri tanpa masalah. Rumahnya sangat dekat dengan sekolah, dan ibunya sering menemaninya.

    Segera setelah Sister Miranda menetap, ia mulai mengenal siswanya. Sejauh menyangkut Carlo, kenangan paling pribadi yang pernah ia dengar tentang Carlo adalah bahwaia anak tunggal dan anak yang sangat sensitif dalam hal agama. Carlo meminta untuk menerima Komuni Pertama di Assisi di kelas dua Sekolah Dasar.

    “Saya ingat Bu Isa langsung menceritakan hal ini kepada saya, menambahkan bahwa orang tuanya sangat religius. Yang benar adalah bahwa mereka tidak pernah berbicara kepada saya tentang sisi spiritual Carlo atau imannya: mereka adalah orang-orang yang sangat bijaksana dan lembut, yang hanya saya lihat di pagi hari di pintu masuk sayap Pratama sekolah.

    Sister Miranda mengatakan, ayah Carlo, Andrea Acutis, adalah manajer sebuah perusahaan swasta besar dan bahwa standar hidup keluarga cukup tinggi. Namun, keluarga mereka hidup sederhana.

    “Hari ini saya sering melihat anak-anak manja dan menuntut, yang berubah-ubah dengan orang tua mereka, egois dengan teman sekelas mereka dan mungkin dimanjakan oleh kesejahteraan yang berlebihan. Tidak pernah ada tanda-tanda ini di Carlo,” ujar Sister Miranda.

    Setelah bertahun-tahun membaca tentang Carlo, Sister Miranda belajar hal-hal yang tidak muncul di sekolah, di mana anak laki-laki itu merasa betah, mengerjakan tugas sekolahnya, mendapat nilai bagus dan bahagia, seperti banyak anak lain di sekolahnya. Carlo dengan senang hati melanjutkan sekolah menengahnya di sini.

    “Di rumah dia menunjukkan bakatnya, seperti yang dikatakan ibunya kepada kami beberapa kali setelah kematiannya. Saya dapat mengatakan bahwa keajaiban terbesar yang saya lihat di Carlo adalah dia terlihat seperti orang lain, tanpa membuat saya berpikir dia adalah anak yang lebih suci atau lebih polos daripada teman-temannya,” ujar Sister Miranda.

    Setelah kepergian Carlo, Sister Miranda tahu bahwa Carlo adalah seorang jenius dengan computer. “Dia mungkin akan dinyatakan sebagai santo pelindung pengguna internet atau jaringan itu sendiri,” ujar Sister Miranda.

    Di masa pandemi ini, ketika banyak anak-anak dan remaja, yang terganggu oleh situasi kesehatan yang sulit, Carlo adalah mercusuar yang bersinar yang mungkin dapat mencerahkan mereka, membuat mereka bertanya-tanya tentang makna hidup, dan tentang indahnya beribadah dan melayani Tuhan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI