34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

5 Kunci Melawan Iblis, Menurut Paus Fransiskus

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus berdoa di depan Salib Ajaib yang diletakkan di depan Basilika St Petrus dalam Doa Urbi et Orbi di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melandandunia. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menyatakan bahwa iblis selalu “mencoba menyerang setiap orang dan menabur perselisihan, bahkan di dalam Gereja. Iblis mencoba mengadu domba yang satu dengan yang lain.” Dia mengulangi ini dalam wawancara yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam buku Esorcisti contro satana ‘Exorcists Against Satan’ oleh penerbit Piemme dan ditulis oleh jurnalis Fabio Marchese Ragona, yang akan dirilis di toko buku Italia mulai 11 April 2023.

    Teks wawancara Marchese Ragona dimulai dengan kisah kerasukan seorang biarawati. Suara iblis berkata tentang Paus: “Saya membencinya, dan dia selalu berbicara buruk tentang saya. Pernahkah Anda melihat berapa banyak masalah yang saya buat untuknya?” Di bawah ini adalah beberapa poin penting dalam Perang melawan Iblis, menurut Paus Fransiskus:

    1) Doa sangat kuat melawan iblis

    Bapa Suci mengakui bahwa dia tidak mengetahui kasus biarawati yang kerasukan, tetapi tidak mengherankan jika iblis marah karena dia mencoba untuk mengikuti Tuhan dan melakukan semua yang diajarkan Injil.

    “Itu (doa-red) mengganggunya. Pada saat yang sama, dia tentu senang ketika saya berbuat dosa. Dia mencari kegagalan manusia tetapi tidak ada harapan jika ada doa,” tegasnya.

    2) Membedakan antara “obsesi jahat” dan “kepemilikan”

    Paus meminta pengusiran setan dilakukan oleh imam “spesialis”. Ia menyebutkan, saat menjadi Uskup Agung Buenos Aires, ia pernah menerima beberapa kasus orang yang mengaku kerasukan.

    “Saya mengirim mereka untuk berkonsultasi dengan dua pendeta ‘spesialis’ (exorcist) yang baik: mereka bukan penyembuh, tapi pengusir setan,” kenangnya.

    Dalam pengertian ini, dia merujuk pada Pastor Nicolás Mihaljevic SJ, seorang Jesuit lahir di Kroasia pada tahun 1924, yang menjadi bapa pengakuannya dan meninggal dunia pada tanggal 2 Juli 2014.

    Paus mengakui bahwa kasus kerasukan yang sebenarnya di keuskupan sebelumnya lebih sedikit daripada yang terlihat pada awalnya: “Hanya dua atau tiga yang menjadi korban kerasukan setan. Yang lain menderita obsesi jahat, yang merupakan hal yang sangat berbeda karena mereka tidak memiliki iblis dalam tubuh mereka,” jelasnya.

    Santo Paulus VI, Benediktus XVI, dan penerus Petrus lainnya telah menderita serangan dari Iblis, menurut penulis buku tersebut. Ungkapan terkenal dari Paus Montini terkenal: “Asap Setan telah memasuki bait Allah.”

    3) Iblis juga dapat beraksi di Vatikan dan menyerang Paus

    “Tentu saja, Iblis mencoba untuk menyerang semua orang, tanpa perbedaan, dan mencoba menyerang terutama mereka yang memiliki tanggung jawab lebih besar di Gereja atau masyarakat. Yesus juga mengalami pencobaan Iblis, dan mari kita juga berpikir tentang Simon Petrus, untuk yang Kristus katakan: ‘Pergilah ke belakangku, Setan’,” jelas Bapa Suci.

    “Dengan cara yang sama, Paus diserang oleh si jahat. kita adalah manusia, dan dia selalu mencoba untuk menyerang. Itu menyakitkan, tetapi dia tidak memiliki harapan dalam doa,” tambahnya.

    Paus menjelaskan bahwa iblis “selalu mencoba menyindir dirinya untuk merusak hati dan pikiran manusia. Satu-satunya keselamatan adalah mengikuti jalan yang ditunjukkan oleh Kristus.”

    4) Hati-hati dengan “iblis terpelajar”

    Paus menunjukkan bahwa Yesus melindungi dari serangan Iblis, yang sering menampilkan dirinya dengan cara yang licik dan berpendidikan.

    “Saya percaya bahwa ada setan-setan yang sangat berbahaya, dan saya merujuk pada setan-setan ‘terpelajar’. Yesus juga berbicara tentang mereka, seperti yang kita baca dalam Injil Lukas, ” dia menambahkan.

    5) Iblis menyerang melalui keduniawian spiritual

    Paus Fransiskus menjelaskan bahwa setan menyerang dalam kelompok ketika mereka tidak dapat melakukannya sendiri.

    “Dia pergi mencari setan lain yang lebih buruk dari dirinya, membawa mereka, mereka memasuki rumah, dengan sopan, membunyikan bel, mengambil kepemilikan dengan sopan.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI