30.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan Sapa Umat Katolik di Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa Saat Ibadat Jumat Agung

BERITA LAIN

More
    Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan sesaat setelah memberikan kata sambutan kepada umat katolik di Gereja Ibu Teresa Cikarang, Bekasi. Jumat (07/04/2023). Hadir pula Danrem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, dan Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Twedi Aditya.
    Foto/Lourentius EP

    Pena Katolik, Bekasi, 7 Desember 2023 – Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menyapa umat Katolik di Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa, saat merayakan Ibadat Jumat Agung. Dalam sambutannya, Dani mengucapkan selamat merayakan Paskah 2023 atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

    Dani juga menegaskan bahwa melaksanakan ibadah adalah hak asasi bagi warga negara Indonesia. “Semoga semangat Paskah selalu memperbaharui iman kita dan meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik,” kata Dani.

    Pada perayaan Ibadat Jumat Agung, hadir juga Danrem 051/Wijayakarta Brigadir Jenderal Yustinus Nono Yulianto, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi, Dandim 0509 Kabupaten Bekasi Horison Ramadhan, Camat Selatan Muh Said, dan Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bekasi.

    Ketua Panitia Paskah PCGIT 2023, Fridus MRM, mengatakan bahwa ibadat hari ini adalah peringatan atas wafatnya Yesus Kristus dan diadakan sebanyak dua kali. Pukul 15.00 WIB dipimpin Romo Camellus Delelis Da Cunha Pr bersama Romo Yakobus Rudiyanto SJ, dan 19.00 WIB dipimpin Romo Antonius Suhardi Antara Pr dengan Romo T. Agus Sriyono, SJ.

    Tablo atau drama yang mengisahkan perjalanan sengsara Yesus Kristus hingga wafatnya di kayu salib juga digelar pada hari yang sama pukul 08.00 WIB. “Umat yang datang dalam pekan suci, biasanya lebih banyak dari misa mingguan biasa, sekitar 8 ribu umat hadir,” kata Fridus.

    Dalam homili singkatnya, Romo Antara, Pr. mengatakan bahwa dengan merayakan Ibadat Jumat Agung, ada tiga hal yang menjadi permenungan kita, yakni penderitaan Yesus merupakan contoh ketaatan dalam karya keselamatan, kemuliaan hidup diperoleh melalui jalan penderitaan, dan penderitaan Yesus mengundang kita untuk mempersembahkan dan mengorbankan hidup dan diri kita bagi karya keselamatan sesama dan dunia.

    Prosesi kemudian dilanjutkan dengan penghormatan Salib Yesus, yang diikuti seluruh umat dengan mencium salib dengan penuh khidmat.

    Oleh: Lourentius EP umat Paroki Cikarang

    Umat katolik Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa saat acara penghormatan Salib Yesus pada Ibadat Jumat Agung di Gereja Ibu Teresa, Jumat (07/04/2023).
    Foto/Lourentius EP

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI