26.1 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Lilin Paskah: Simbol Terang Kebangkitan Yesus yang Menghalau Kegelapan

BERITA LAIN

More
    Romo Maxi Soge Pr- Podcast OK Hari ini Orang Kudus Hari ini

    Pena Katolik, Bali, 8 April 2023 – Sabtu Suci, salah satu rangkaian Tri Hari Suci dalam rangka perayaan Paskah, diperingati hari ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam program OK Hari Ini, Orang Kudus Hari Ini, edisi 08 April 2023, Romo Maxi Soge Pr sebagai narasumber dan Joshua sebagai host mengulas latar belakang dan makna dari perayaan Sabtu Suci.

    Dalam wawancara tersebut, Romo Maxi menjelaskan bahwa Sabtu Suci memberikan penekanan pada Gereja mengimani dan meyakini bahwa Yesus dalam situasi mengalami kematian. Sehingga Sabtu Suci kadang disebut juga sebagai Sabtu Sunyi alias Sabtu Hening. Dalam peristiwa itu altar dikosongkan dan tabernakel dipindahkan, sehingga itu merupakan simbol bagaimana gereja mengalami situasi hening dan sunyi. Karenanya, Sabtu Suci adalah proses dimana umat merenungkan Yesus mengalami kematian.

    Romo Maxi menjelaskan bahwa Sabtu Suci adalah bagian dari rangkaian Tri Hari Suci dalam rangka Paskah, yang juga meliputi perayaan Jumat Agung dan Paskah. Selain itu, Romo Maxi juga mengatakan bahwa malam Paskah dirayakan sebagai makna bahwa malam untuk bersiap-siap, dan dalam tradisi Yahudi jika esoknya ada acara besar maka malam acara mereka akan mengadakan Vigili. Dalam konteks keagamaan Katolik, Vigilia sering merujuk pada upacara malam sebelum perayaan besar Gereja Katolik, seperti Paskah.

    Romo Maxi juga menyebutkan bahwa untuk merayakan malam Paskah, biasanya ada 4 bagian yang dirayakan yaitu upacara cahaya, liturgi sabda, liturgi babtis, dan liturgi ekaristi. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pada saat perayaan malam Paskah, semua gereja sudah mulai dihiasi.

    “Lilin Paskah menjadi simbol,” lanjut Romo Maxi, yaitu tentang Yesus yang mengalami kematian dari Jumat Agung sebelumnya lalu akan bangkit dan hadir sebagai cahaya yang menghalau dan mengusir kegelapan.

    “Jadi kematian itu simbol kegelapan, dan Yesus yang hadir dan bangkit Dia itu membawa cahaya. Makanya lilin paskah adalah simbol kehadiran Kristus untuk menghalau kegelapan dan menjadi sumber keselamatan,” Ujar Romo Maxi. (PEN@/Samuel).

    OK Hari Ini, Orang Kudus Hari Ini, 08 April 2023, Sabtu Suci, RD. Maxi Soge & Joshua

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI