33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Paus Mengikuti Jalan Salib dari Wisma Santa Marta

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus mengikuti Jalan Salib dari WIsma Santa Marta Vatikan. IST

    VATIKAN, Pena Katoolik – Karena cuaca dingin, Paus Fransiskus tidak hadir pada perayaan Jalan Salib tradisional di Colosseum Roma. Ia akan mengikuti Jalan Salib dari Wisma Santa Marta, Vatikan, 7 April 2023. Bapa Suci juga bergabung dalam doa bersama umat Keuskupan Roma, di Colosseum.

    Prosesi Jalan Salib Jumat Agung berlangsung di Colosseum Roma, dengan teks-teks yang dipilih oleh Paus Fransiskus untuk mencerminkan penderitaan umat manusia saat menjalani perang dunia ketiga. Cuaca dingin yang tidak sesuai musim di Roma membuat Paus Fransiskus tidak hadir secara fisik di Colosseum, pada malam Jumat Suci untuk prosesi Jalan Salib. Pertimbangan mengenai kesehatannya, setelah tiga hari dirawat di rumah sakit minggu lalu karena bronkitis, membuatnya harus mengikuti berbagai acara dari kediamannya di Vatikan.

    Jalan Salib Colosseum

    Tradisi Jalan Salib di Colosseum dimulai pada abad ke-18. Meski sempat terhenti, tradisi ini diadakan kembali pada tahun 1960-an. Sejak itu, Jalan Salib diadakan setiap Jumat Agung di Colosseum. Saat pandemic Covid-19, tradisi ini tetap dijalankan tanpa kehadiran umatnamun disiarkan langsung ke dunia melalui radio dan televisi. Tahun ini ketika pandemic mereda, umat diperkenankan lagi untuk ikut serta dalam Jalan Salib di Colosseum.

    Di hadapan sekitar 20.000 umat, stasi pertama Jalan Salib dimulai dengan doa untuk pencerahan. Prosesi khusyuk dibuka di malam hari, menyuarakan mereka yang terpaksa bermigrasi, yang menanggung kekerasan para pedagang manusia dan penghinaan terhadap pusat-pusat penahanan; yang mempertaruhkan hidup mereka dalam penyeberangan laut yang berbahaya, yang menyaksikan keluarga, teman, dan warga negara serta wanita mereka terbunuh oleh senjata api, misil, dan ranjau. Yang memiliki kerendahan hati untuk berdoa agar Tuhan membebaskan mereka dari penghakiman yang tergesa-gesa dan penghukuman yang mudah dari sesamanya.

    Orang-orang muda dari Amerika Tengah meminta kepada Yesus kekuatan untuk mengendalikan hidup mereka dan menolak kompromi dari masyarakat yang korup sementara seorang ibu Amerika Selatan mengenang kekerasan serangan gerilya yang melukai anaknya dan menuntunnya untuk merenungkan apa yang harus seperti Maria melihat wajah Yesus memar dan berlumuran darah.

    Migran dari Afrika, Asia Selatan dan Timur Tengah menggambarkan diri mereka sebagai “terluka oleh kebencian” dan meminta pengampunan; di stasi keenam seorang pendeta dari Semenanjung Balkan mengenang teror karena ditahan secara brutal sebagai tawanan perang, dan di mana seorang wanita Muslim, “baginya adalah Veronica bagi Yesus”: pemeliharaan dalam bentuk bantuan, makanan, dan harapan. “Sekarang sampai akhir hayatku,” katanya, “aku menjadi saksi kengerian perang dan berteriak: Jangan pernah lagi perang!”

    Seorang saudari misionaris dari Afrika Tengah mengingat hari ketika teroris menyerang, membunuh anggota keluarga, teman, dan kolega. Salah satu saudara perempuannya menghilang dan tidak pernah kembali, meninggalkan “lembah air mata” dan banyak pertanyaan. “Ya Tuhan, mengapa Engkau meninggalkanku?” dia bertanya, sebelum memahami bahwa kasih Yesus adalah terang di tengah kegelapan. “Sembuhkan kami, Tuhan Yesus”, serunya, dari rasa takut tidak dicintai, disalahpahami, dilupakan.

    Di stasiun kesepuluh, giliran dua anak laki-laki: satu dari Ukraina, yang lain dari Rusia. Mantan berbicara tentang kesedihan karena harus meninggalkan rumahnya dan dipisahkan dari ayahnya yang harus tinggal di Ukraina untuk berperang. Yang terakhir menceritakan kesedihan karena kehilangan saudaranya yang meninggal di garis depan dan ketakutan akan perang.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI