26.5 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Mahfud MD: “Kasus yang menimpa Romo Paschal Sudah Dihentikan

BERITA LAIN

More
    Menko Polhukam Mahfud MD mengunjungi Shelter St Theresia Batam dan berjumpa dengan Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus. IG: Mahfud MD

    BATAM, Pena Katolik – Menteri Koordinator Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan kasus yang menimpa Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus sudah dihentikan di Kepolisian. Hal ini ia sampaikan saat berkunjung ke penampungan pekerja Shelter St Theresia Batam, Kep Riau, 05 April 2023. Shelter ini merupakan tempat singgah (penampungan) bagi pekerja migran yang menjadi korban tindak perdagangan manusia.

    Mahfud berkunjung ke shelter ini untuk berjumpa dengan Romo Paschal. Kunjungan ini ia lakukan selain ada beberapa agenda kunjungan di Batam.

    “Hari ini saya berkunjung ke Batam untuk serangkaian kegiatan. Tiba di bandara Hang Nadim, saya langsung menuju Shelter St. Theresia yang menampung para pekerja migran yang menjadi korban sindikat perdagangan orang,” ujar Mahfud dalam akun Instagram-nya.

    Para kunjungan ini, Mahfud bertemu dan berdialog dengan Romo Paschal, aktivis sosial yang melakukan pelayanan dan advokasi bagi para pekerja migran. Mahfud menyatakan, karena kegiatan kemanusiaan itu, Romo Paschal sempat dilaporkan ke pihak kemananan (Wakil Ketua BIN Kep. Riau). Ia menyatakan, Kemenko Pohukam memberi perhatian pada kasus ini. Ia menegaskan, kasus ini saat ini sudah dihentikan oleh kepolisian.

    “Kemenko Polhukam memberikan atensi dan kasusnya kini sdh dihentikan oleh Kepolisian,” ujarnya.

    Pada saat perjumpaan dengan Romo Paschal ini, Mahfud menyatakan dukungannya pada karya yang dilakukan Romo Paschal. Ia juga berdiskusi terkait persoalan perdagangan manusia.

    “Saya datang untuk memberikan dorongan moral bagi Romo sekaligus berdikusi dengannya untuk mengatasi praktik perdagangan orang dan penempatan ilegal pekerja migran kita. Saya juga berdialog degan sejumlah pekerja yang ditampung di shelter yang dikelola Romo Paschal. Saya mendapat banyak informasi terkait masalah ini yang mesti didalami lebih lanjut,” ujar Mahfud.

    Menko Polhukam Mahfud MD mengunjungi Shelter St Theresia Batam dan berdiskusi tentang perdagangan manusia. IG: Mahfud MD

    Hari ini, Mahfud menghadiri seminar yang diadakan BP2MI tentang “Perang Melawan Sindikat Penempatan Ilegal Pekerja Migran Indonesia”. Menurud Mahfud, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) ini adalah tindakan yang sangat keji bagi kemanusiaan, dan pemerintah sudah mempunyai Undang-undang tentang ini. Info sementara dugaan tindak pidana ini melibatkan banyak jaringan dan banyak pihak.

    Sementara itu, Romo Paschal menyatakan terima kasih atas kunjungan Menko Polhukam, ia berterima kasih atas perhatian dan dukungan kementerian pada karya Pastoral KPP-MP Keuskupan Pangkalpinang. Romo Paschal menyatakan, perdagangan manusia harus menjadi kesadaran bersama dan usaha untuk menghentikan kejahatan ini harus didukung oleh semua pihak, khususnya pemerintah dan pihak keamanan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI