32.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Manusia, Penguasa Alam? Simak Rekoleksi Pastor Toni OFMCap Pontianak

BERITA LAIN

More
    Potret Bersama dalam rekoleksi di Paroki Gembala Baik Seng Hie- Keuskupan Agung Pontianak

    Pada Rabu 22 Maret 2023, Paroki Gembala Baik Pontianak mengadakan rekoleksi Masa Prapaskah dengan tema “Manusia, Penguasa Alam?”. Rekoleksi itu dihadiri sekitar 158 peserta dari Wilayah Paroki Gembala Baik Senghie Pontianak dan sejumlah aktivis di Paroki. Acara dimulai pada pukul 08.00 dengan registrasi peserta dan dibuka oleh MC sebagai moderator yang dilanjutkan dengan tim pujian hingga doa pembukaan yang hikmat.

    Narasumber pada rekoleksi ini diberikan oleh Imam Fransiskan yakni Pastor Paulus Toni Tantiono OFMCap yang juga sebagai pastor Rekan di Paroki. Dalam pesannya, Pastor Toni OFMCap menekankan pentingnya berlaku taat pada aturan yang berlaku terutama dalam melakukan perbuatan yang benar dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Konteks ini tentu didasarkan pada keadaan lingkungan hidup, terlebih Pastor Toni OFMCap menghimbau agar umat selalu berjaga-jaga dan turut terlibat dalam menjaga keutuhan ciptaan terlebih untuk umat di Paroki Gembala Baik Senghie ini.

    “Tujuannya adalah untuk kebaikan anak cucu kita pada masa mendatang,” kata Pastor Toni OFMCap.

    Tampak dalam potret Pastor Toni OFMCap sedang memberikan materi rekoleksi.

    Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta merenungkan kembali makna dan tujuan hidup sebagai umat manusia, dan sebagai penguasa alam, bagaimana tanggung jawab manusia dalam menjaga dan memelihara lingkungan hidup.

    Di sisi lain kegiatan itu selaras dengan pesan teladan Bapa Serafik Fransiskus Assisi dalam menjaga keutuhanciptaan serta bagaimana melakukan perbuatan baik untuk menjalankan tugas sesuai dengan peran masing-masing dalam kehidupan beragama dan sosial.

    Acara tersebut dihadiri oleh peserta dari Wilayah Paroki Gembala Baik Senghie Pontianak, termasuk di antaranya ada DPH, DPP Pleno, Pengurus Wilayah, dan Lingkungan. Ada pula para aktivis Paroki seperti lektor, pemazmur, kelompok KKI, Koor, Legio Maria, Senakel, Prodiakon, Katekumen, krismawan/i dan sebagainya.

    Semua peserta tampak khusyuk dan serius larut dalam penjelasan sang narasumber, meskipun kegiatan tersebut terlaksana secara singkat tetapi antusias umat dapat terlihat dari jumlah mereka yang turut menghadiri kegiatan tersebut. Semoga, Pace e Bene. (PEN@/Samuel-Heryanto).

    Suasana dalam Rekoleksi yang tengah berlangsung nyanyian pujian.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI