Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Mendukung Rencana Membawa Gereja Ortodoks ke Meja Diskusi untuk Damai di Ukraina

Paus Fransiskus dan Patriark Ortodok Rusia, Kirill

VATIKAN, Pena Katolik – Efek invasi Rusia ke Ukraina yang sebagian besar diabaikan adalah memperdalam perpecahan di antara orang Kristen di Ukraina. Sekarang, Paus Fransiskus dilaporkan telah menyuarakan dukungan untuk upaya membangun jembatan di antara faksi-faksi yang berseteru.

Sudah ada kontroversi berkepanjangan mengenai afiliasi Kristen Ortodoks di Ukraina ketika militer Rusia memulai serangan besar-besaran di negara itu tahun lalu. Meskipun Gereja Ortodoks Ukraina independen didirikan pada 2019, Gereja Ortodoks Ukraina yang ada dalam kesatuan dengan Patriarkat Moskow, yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, dan terus ada.

Namun, perang Presiden Rusia Vladimir Putin tampaknya meningkatkan ketegangan. Meskipun Patriarkat Gereja Ortodoks Ukraina-Moskow (UOC-MP) telah berusaha untuk menjauhkan diri dari Rusia, pemerintah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mulai mengambil tindakan terhadap dugaan simpatisan dan operasi Rusia di antara para pendeta Gereja.

Pemerintah telah memberikan waktu kepada para biarwan UOC-MP hingga 29 Maret untuk meninggalkan rumah mereka di Biara Gua yang berusia ribuan tahun di Ibu Kota, Kyiv. Paus Fransiskus telah menyatakan ketidaksetujuannya terhadap hal ini, meminta “pihak yang bertikai untuk menghormati tempat-tempat keagamaan.

Mendobrak penghalang

Minggu ini, delegasi Dewan Gereja Dunia, dalam kunjungan ke Vatikan, menyampaikan rencana kepada Paus Fransiskus untuk mencoba mendobrak beberapa penghalang yang muncul.

“Kami berbagi bahwa kami sedang merencanakan meja bundar baru, di mana kami akan menyatukan Gereja Ukraina, Gereja Ortodoks, dan para pemimpin Gereja lainnya — dan juga bersama dengan Gereja Ortodoks Rusia,” kata Pendeta Jerry Pillay, sekretaris jenderal Worls Church Conference (WCC), yang adalah persatuan Gereja Kristen Dunia. Idenya adalah untuk menyatukan mereka semua ke dalam dialog tentang persatuan Kristen untuk menghadapi konteks perang.

Menurut koresponden Roma National Catholic Reporter, Christopher White, Paus menanggapi gagasan itu dengan positif.

“Paus Fransiskus pada tanggal 23 Maret menawarkan dukungannya untuk upaya baru untuk menyatukan para pemimpin Gereja Ortodoks Rusia dan Ukraina yang terpecah-pecah untuk pertemuan puncak meja bundar secara langsung saat perang 13 bulan melawan Ukraina terus memecah komunitas agama, dengan dampak di seluruh Susunan Kristen,” kata White.

Menurut Pendeta Pillay, Paus memberikan restunya pada pertemuan yang diusulkan dan menegaskan kembali perlunya menempatkan “Kristus sebagai pusat” percakapan di atas perpecahan politik atau nasional.

“Paus telah menyatakan keprihatinannya, seperti yang telah kami lakukan, bahwa Gereja tampaknya terlalu terpecah karena masalah politik,” kata Pillay kepada Reporter setelah pertemuan tersebut.

WCC yang berbasis di Jenewa, Swiss adalah persekutuan lebih dari 350 gereja di lebih dari 120 negara.

Menurut Pendeta Pillay, rencananya untuk sementara menyerukan pertemuan satu hari di Jenewa para pemimpin Gereja Ortodoks Ukraina, diikuti dengan pertemuan satu hari para pemimpin Ortodoks Rusia, dan kemudian diskusi meja bundar dengan semua peserta pada hari penutupan. Peserta belum diumumkan.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini