34.3 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Bacaan dan Renungan Kamis 2 Maret 2023; Pekan I Prapaskah (Ungu)

BERITA LAIN

More

    Bacaan Pertama Ester 4:10a.10c-12.17-19

    “Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau, ya Tuhan.”

    Di kala bahaya maut menyerang, Ratu Ester pun berlindung pada Tuhan. Ia mohon kepada Tuhan, Allah Israel, katanya, “Ya Tuhan, Raja kami, Engkaulah yang tunggal. Tolonglah aku yang seorang diri ini.

    Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau, sebab bahaya maut mendekati diriku. Sejak masa kecilku telah kudengar dalam keluarga bapaku, bahwa Engkau, ya Tuhan, telah memilih Israel dari antara sekalian bangsa, dan nenek moyang kami telah Kaupilih dari antara sekalian leluhurnya, supaya mereka menjadi milik abadi bagi-Mu; dan telah Kaulaksanakan bagi mereka apa yang telah Kaujanjikan.

    Ingatlah, ya Tuhan, dan sudilah menampakkan diri-Mu di waktu kesesakan kami. Berikanlah kepadaku keberanian, ya Raja para allah dan Penguasa sekalian kuasa! Taruhlah perkataan sedap di dalam mulutku terhadap singa itu, dan ubahlah hatinya sehingga menjadi benci kepada orang-orang yang memerangi kami, supaya orang itu serta semua yang sehaluan dengannya menemui ajalnya.

    Tetapi selamatkanlah kami ini dengan tangan-Mu, dan tolonglah aku yang seorang diri ini, yang tidak mempunyai seorang pun selain Engkau, ya Tuhan.”

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Syukur Kepada Allah.

    Mazmur Tanggapan Mzm. 138:1-2a.2bc-3.7c-8

    Ref. Pada hari aku berseru, Engkau menjawab aku, ya Tuhan.

    • Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hati, di hadapan para dewata aku akan bermazmur bagi-Mu. Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus
    • Aku memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu, sebab Kaubuat nama-Mu, dan janji-Mu melebihi segala sesuatu. Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.
    • Tuhan, tangan kanan-Mu menyelamatkan daku, Engkau akan menyelesaikan segalanya bagiku! Ya Tuhan, kasih setia-Mu kekal abadi, janganlah Kautinggalkan buatan tangan-Mu!

    Bait Pengantar Injil Mzm 51:12a,14a

    Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Sang Raja kemuliaan kekal.

    Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah, berilah aku sukacita karena keselamatan-Mu.

    Bacaan Injil Matius 7:7-12

    “Setiap orang yang meminta akan menerima.”

    Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Mintalah, maka kamu akan diberi; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

    Karena setiap orang yang meminta akan menerima, setiap orang yang mencari akan mendapat, dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu akan dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan?

    Jadi jika kamu yang jahat tahu memberikan yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di surga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Terpujilah Kristus.

    Renungan Harian Katolik Kamis 2 Maret 2023

    Pada Renungan Harian Katolik Kamis 2 Maret 2023 dalam bacaan injil Matius 7:7-12 mengkisahkan kepada para murid dan pengikut-Nya Yesus menegaskan kembali perlunya beriman kepada Alah. Yesus mengingatkan bahwa Allah Bapa, akan selalu memberikan kepada putra-putri-Nya apa saja yang baik, yang mereka inginkan dan harapkan.

    Bapa akan mendengarkan doa permohonan putra-putri-Nya. Bapa yang sama akan membuk apintu kepada siapa saja yang tekun dan setia datang kepada-Nya.

    Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita mengalami beraneka macam kesulitan dan persoalan. Kegagalan, kekecewaan, frustasi, sakit hati, datang silih berganti. Namun kita sering lari bukan hanya dari kesulitan tetapi juga lari dari Tuhan. Kita sering kurang percaya kepada Tuhan.

    Tak jarang, kita putus asa dan tidak sabar untuk menanti jawaban dari Tuhan. Yesus mengajak kita untuk tekun dan setia mengetuk hati Bapa. Bapa yang penuh kasih dan kerahiman, akan membuka hati-Nya bagi kita yang percaya dan berani berserah kepada-Nya.

    “Meminta” hendaknya diteruskan dengan kesadaran akan usaha yaitu “mencari”. Usaha itu tentu membutuhkan waktu, tidak sekali jadi. Hal ini digambarkan dengan kata “ketoklah”.

    Orang yang mengetok pintu, tentu demi kesopanan dia menunggu dulu sampai yang punya rumah membukakan pintu. Orang menunggu juga butuh kesabaran dan kepekaan. Mungkin orang yang didalam mengatakan “sebentar” atau “silahkan masuk saja.”

    Tetapi bila kita tidak memperhatikan dan tidak mendengarkan dengan sungguh-sungguh, jawaban dari dalam, kita tidak akan mendengar.

    Ketika kata kerja itu diucapkan (mintalah, carilah, ketoklah) akan selalu mengandung dua resiko (paling tidak): diterima, dikabulkan permohonannya, ketemu, dibukakan atau ditolak, tidak menemukan, dan tidak ada orang didalam rumah atau tidak dibukakan.

    Resiko ini akan lebih mudah kita terima bila semangat doa kita adalah semangat Maria dan Yesus sendiri, “terjadilah padaku menurut perkataan-Mu”. Orang beriman seperti ini akan dapat mengucapkan “Pada hari aku berseru, Engkau menjawab aku, ya Tuhan,”. Ia yakin, jawaban Tuhan adalah jawaban yang terbaik bagi dirinya sesuai dengan kehendak-Nya.

    Keyakinan kita akan Allah yang memberikan yang terbaik untuk kita memungkinkan kita untuk senantiasa menghasilkan yang terbaik dalam kehidupan kita. Kita bisa membangun hubungan yang dewasa dengan sesama, yang bebas dari berbagai “penyakit” yang cenderung menuntut orang lain untuk melakukan yang terbaik untuk kita.

    Kita bukan lagi pribadi yang menuntut dan menuntut, melainkan orang yang berkurban dan berjuang untuk menghasilkan yang terbaik bagi orang lain. Hidup adalah perjuangan, kita berjuang sebagai anak Allah, dan berjuang bersama saudara atau saudari kita, dalam Allah.

    Doa Penutup

    Allah Bapa, asal segala kebaikan, semoga dengan bantuan rahmat-Mu kami selalu memikirkan dan melakukan yang baik. Sebab kami tidak dapat hidup tanpa Engkau. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin. Sumber https://www.renunganhariankatolik.web.id/

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI