33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Bacaan dan Renungan Jumat 24 Februari 2023 – Jumat sesudah Rabu Abu (Ungu)

BERITA LAIN

More

    Bacaan Pertama Yesaya 58:1-9a

    “Berpuasa yang Kukehendaki ialah engkau harus membuka belenggu-belenggu kelaliman.”

    Beginilah firman Tuhan Allah, “Serukanlah kuat-kuat, janganlah tahan-tahan! Nyaringkanlah suaramu bagaikan sangkakala, beritahukanlah kepada umat-Ku pelanggaran mereka, dan kepada kaum keturunan Yakub dosa mereka! Memang setiap hari mereka mencari Aku dan suka untuk mengenal segala jalan-Ku.

    Seperti bangsa yang berlaku benar dan tidak meninggalkan hukum Allahnya mereka menanyai Aku tentang hukum-hukum yang benar. Mereka suka mendekat menghadap Allah, dan bertanya, “Kami berpuasa, mengapa Engkau tidak memperhatikannya juga?” Kami merendahkan diri, mengapa Engkau tidak mengindahkan juga?”

    Camkanlah! Pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu. Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi, serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena.

    Dengan cara berpuasa seperti ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi. Inikah puasa yang Kukehendaki: Mengadakan hari merendahkan diri? Menundukkan kepala seperti gelagah?

    Dan membentangkan kain sarung serta abu sebagai lapik tidur? Itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada Tuhan?

    Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki ialah: Engkau harus membuka belenggu-belenggu kelaliman dan melepaskan tali-tali kuk; membagi-bagikan rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah;

    dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian, dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar, dan lukamu akan pulih dengan segera.

    Kebenaran menjadi barisan depanmu, dan kemuliaan Tuhan barisan belakangmu. Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan Tuhan akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia berkata: Ini Aku!”

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Syukur Kepada Allah.

    Mazmur Tanggapan Mzm. 51:3-4.5-6a.18-19

    Ref. Kasihanilah, ya Tuhan, Kaulah pengampun yang rahim, dan belas kasih-Mu tak terhingga.

    • Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, menurut besarnya rahmat-Mu hapuskanlah pelanggaranku. Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku.
    • Sebab aku sadar akan pelanggaranku, dosaku selalu terbayang di hadapanku. Terhadap Engkau, terhadap Engkau sendirilah aku berdosa, yang jahat dalam pandangan-Mu kulakukan.
    • Tuhan, Engkau tidak berkenan akan kurban sembelihan; kalaupun kupersembahkan kurban bakaran, Engkau tidak menyukainya. Persembahanku kepada-Mu ialah jiwa yang hancur. Hati yang remuk redam tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

    Bait Pengantar Injil Amos 5:14

    Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.

    Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup, dan Allah akan menyertai kamu.

    Bacaan Injil Matius 9:14-15

    “Mempelai itu akan diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.”

    Sekali peristiwa datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus, dan berkata, “Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?” Jawab Yesus kepada mereka, “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka?

    Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.”

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Terpujilah Kristus.

    Belas Kasih

    Pada Renungan Harian Katolik Jumat 24 Februari 2023 dalam bacaan injil Matius 9:14-15 kita dapat merenungi banyak orang kini terbelenggu oleh berbagai macam peraturan. Bukan hanya soal tidak bisa makan dan minum, berpakaian atau yang lain. Dengan berbagai alasan dan dogma, peraturan yang diterapkan pun tidak lagi mementingkan manusia, tetapi peraturan menjadi alat untuk memaksa manusia.

    Bukankah peraturan dibuat untuk memanusiakan manusia? hidup damai manusia lebih berharga daripada peraturan itu sendiri. Dalam injil ini dikisahkan murid-murid Yohanes Pembaptis sedikit marah dan kecewa karena mereka berpuasa dan bermati raga memenuhi aturan agama mereka sementara para murid Yesus dengan bebas makan dan minum sesuka hati.

    Yesus menjawab mereka; “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka?” Yesus ingin mengatakan bahwa, bagaimana orang dapat berpuasa, tidak makan dan tidak minum tapi masih belum menyadari kehadiran Tuhan, minimal di dalam hatinya.

    Sabda Yesus hari ini mengingatkan kita semua bahwa jika kita tidak hidup bersama dan bersatu dengan Tuhan alias tidak baik dan tidak bermoral alias berdosa, diharapkan berpuasa atau matiraga.

    Puasa itu dilakukan ketika Yesus Tuhan tidak ada di hati kita. Ketika kita menjauh dari Tuhan karena berbagai macam rutinitas dan kehidupan, bisnis dan materi duniawi yang menggiurkan.

    Puasa merupakan upya untuk menyadarkan diri, mencari dan mendekati dan mengalami kasih Tuhan. Ketika Yesus san mempelai itu hadir di dalam hati kita, maka kasih, damai dan sukacita akan bersemayam dalam diri kita.

    Doa Penutup

    Allah Bapa yang Mahakudus, bantulah kami membarui diri dengan tobat. Semoga usaha mati raga yang kami mulai dapat kami selesaikan dengan hati tulus ikhlas. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin. Sumber https://www.renunganhariankatolik.web.id/

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI