29.4 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Demi Sukseskan Semana Santa 2023, Pemkab Flores Timur Siap Kerja sama dengan Keuskupan Larantuka

BERITA LAIN

More
    Prosesi Semana Santa. Pena Katolik.

    LARANTUKA, Pena Katolik – Tahun ini, Keuskupan Larantuka akan membuka lagi Penyelenggaraan Semana Santa. Keputusan ini disampaikan melalui pengumuman resmi oleh Uskup larantuka , Mgr.Fransiskus Kopong Kung. Pemerintah kabupaten Flores Timur siap bersinergi untuk menyukseskan penyeleggaraan rangkaian devosi keagamaan ini.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Flotim , Petrus Pedo Maran mengungkapkan bahwa pemkab Flotim siap menyukseskan prosesi Semana Santa tahun 2023 ini. Akhir Januari 2023 akan diadakan pertemuan antara panitia tetap Semana Santa.

    “Pemerintah kabupaten Flores Timur tentunya akan siap bersinergi baik dengan Keuskupan , Panitia Semana Santa , para suku Semana hingga pihak TNI/Polri utuk menyukseskan kegiatan prosesi semana santa tahun ini, mengingat ini adalah tradisi keagamaan yang mengakar di Flotim ini,” ungkapnya.

    Semana Santa akan dibuka untuk masyarakat lokal maupun para peziarah dari luar Flores. Petrus mengatakan, peziarah tetap perlu mematuhi protocol kesehatan, ia mencontohkan, peziarah diharapkan telah menerima vaksin booster covid 19.

    “Seperti isi surat keputusan bapa Uskup Larantuka, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi para peziarah, dan hal ini memang perlu diperhatikan karna meskipun pandemi sudah semakin menurun potensi penyebaran covid 19. Kita tetap perlu mewaspadai, jangan sampai terulang kembali,” jelasnya.

    Tradisi Semana Santa ini merupakan tradisi perayaan umat Katolik di Larantuka. Presesi devosi ini dilakukan sebelum Paskah yang berkembang sejak 500 tahun yang lalu. Devosi ini berkembang di bawa oleh para Misionaris asal Portugis yang masuk dan menyebarkan kekatolikan di Flores Timur.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI