Pelantikan Kepengurusan OMK Pusat Paroki Pahauman

0
994
Foto bersama OMK Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman

Pena Katolik, Pahauman– Bertepatan dengan Hari Minggu Sabda Allah (22/1/2023) Orang Muda Katolik (OMK) Pusat Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman mengukir peristiwa penting yang patut disyukuri yaitu Pelantikan Kepengurusan OMK Pusat Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman masa bakti 2023-2024.

Pelantikan ini berlangsung pada perayaaan Misa kedua hari Minggu di Gereja Katolik Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman dan dilantik oleh Pastor Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman, Pastor Oktavianus Gerotek OFMCap.

Dalam homili, Pastor Okta menekankan pentingnya peran yang tak biasa, dalam kutipannya jelas dikatakan “jadilah terang dan Penjala Manusia dimana pun kalian berada,” ujar Pastor Okta.

Bagaimana saya bisa menjadi terang dan Penjala Manusia? Apakah saya harus pergi ke stasi-stasi mewartakan Injil?

Menjadi terang dan penjala manusia itu bisa kita lakukan dalam tindakan yang sederhana, contoh nya kita bisa melihat dan mungkin juga ada anggota keluarga kita walaupun katolik sudah dibaptis tetapi tidak pergi ke Gereja disanalah kita diharapkan hadir menjadi terang dan penjala manusia berani berdiri menjadi terang dan penjala manusia untuk menuntun mereka kembali ke jalan Tuhan”

Ketua DPP Paroki Pahauman, H. Matsam menyampaikan bahwa OMK wajib memberikan diri dalam menjalankan perannya melalui berbagai bidang, OMK adalah tulang punggung Gereja dan masa depan Gereja.

Ia pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang sudah mendukung dan menyarankan kepada Putra dan Putrinya untuk terlibat aktif dalam kegiatan sosial Gereja. Terimakasih dan mari kita bersama-sama memberikan bimbingan, arahan dan pendampingan kepada anak-anak kita ini.

“Semoga apa yang mereka programkan, apa yang akan mereka laksanakan terutama untuk memajukan perkembangan umat khususnya orang muda di paroki kita dapat kita banggakan, mari kita bekerjasama dan berkoordinasi agar program kita dapat terlaksana dengan baik,” harap ketua DPP Paroki Pahauman itu.

OMK Pusat Paroki yang adalah perpanjangan tangan bagi OMK yang ada di wilayah dan Stasi, ada 11 Wilayah dan ada 124 Stasi dan banyak ada ribuan orang muda yang ada di paroki. Dengan adanya komunitas dan kuantitas itu, mereka diharapkan tidak hanya mampu berorganisasi tetapi juga memiliki rasa yang terpanggil untuk melayani umat menjadi calon biarawan-biarawati. Setidaknya itulah harapan pastor paroki, ketua DPP dan pengurus yang lainnya.

7 pembina Orang Muda Katolik (OMK)

Dalam kesempatan tersebut, calon pengurus yang dilantik berjumlah 42 orang terdiri dari pengurus inti dan beberapa seksi serta 7 orang pembina OMK yang turut serta dilantik dalam kesempatan ini.

Hadir dalam perayaan misa tersebut Ketua dan Sekretaris Dewan Pastoral Paroki Pahauman serta kepemudaan dan para umat.

Proses pelantikan ini berlangsung dengan khidmat, setelah kotbah para calon pengurus bersama-sama membacakan janji dihadapan Imam sebagai bentuk komitmen dalam mengemban tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pengurus Orang Muda Katolik Pusat Paroki Pahauman. Kemudian Pastor Oktavianus Gerotek OFM.Cap mengucapkan doa pelantikan, memberkati sekaligus memerciki para pengurus yang sudah dilantik dengan air Kudus.

Diakon Ala selaku Moderator OMK mengungkapkan terimakasih kepada para OMK Pusat Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman yang pada hari ini sudah dilantik secara sah menjadi kepengurusan baru tahun 2023-2024.

Dalam pesan dan harapannya, Diakon Ala mengungkapkan kiranya OMK semakin berkembang, semakin kompak dan semakin bersemangat untuk melayani umat terutama melayani Gereja. “Sukses untuk kalian semua mari kita bersama-sama berjuang bersama Bapakat, WKRI dan DPP yang ada di Paroki kita Tuhan Yesus memberkati,” tuturnya.

Tak lupa Pembina OMK yang dalam kesempatan ini di sampaikan oleh Yulianti Yuyun mengucapkan selamat kepada pengurus OMK Pusat Paroki yang baru saja dilantik periode 2023-2024 , berharap semoga OMK semakin kompak, solid dan bisa berkoordinasi dengan semua pihak yang ada serta menjadi komunitas positif untuk perkembangan jiwa muda dalam membangun Gereja karena OMK adalah masa depan Gereja. OMK Paroki Pahauman yang dikenal dengan jargon Siap, Sigap, Berkarya ini berusaha untuk membangun komitmen bersama terutama antar pengurus OMK.

Yohana Aldia Dwilanviera yang ditemui selesai pelantikan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan teman-teman yang sudah menunjuk dan memberikan kepercayaan penuh kepadanya sebagai Ketua OMK Paroki Pahauman, dia berharap dengan terbentuknya kepengurusan baru ini dapat merangkul teman-teman yang lain dan program-program kerja yang sudah disusun dapat di jalankan agar semakin membangkitkan minat orang muda untuk ikut dalam kegiatan menggereja. Banyak program yang sudah dirancang dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat contohnya seperti kegiatan di hari Valentine, Kirab Salib IYD, EKM dan sebagainya.

“Semoga semakin banyak orang muda yang mau menjadi terang untuk dunia terutama terkusus bagi Gereja kita yaitu Gereja Santo Yohanes Pemandi Pahauman,” ujarnya.

By. Aong- OMK Paroki Pahauman Kalbar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here