29.1 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Perhentian Terakhir Paus Benediktus XVI

BERITA LAIN

More
    Misa Pemakaman Paus Benediktus XVI. Vatican News

    VATIKAN, Pena Katolik – Puluhan ribu orang hadir di Lapangan Santo Petrus untuk menghadiri pemakaman Paus Emeritus Benediktus XVI pada hari Kamis, 5 Januari 2022. Seorang teolog terkemuka abad ke-20 dan Paus pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya dalam hampir 600 tahun. Perjalan hidupnya benar-benar sebuah teladan kesucian.

    Kardinal, patriark, pejabat pemerintah, dan banyak keluarga dan religius Katolik menghadiri pemakaman pada pagi yang dingin dan berkabut di Vatikan. Lebih dari 3.700 imam mengikuti Misa itu.

    Kardinal Joseph Zen, Kardinal Daniel DiNardo, Kardinal Timothy Dolan, Kardinal Gianfranco Ravasi, dan G Kardinal iuseppe Betori, semua kardinal yang diciptakan oleh Benediktus, duduk di barisan depan. Vatikan mengatakan 125 kardinal berkonselebrasi pada hari itu. Upacara dimulai dengan pengangkutan peti mati kayu paus emeritus dari basilika ke Lapangan Santo Petrus.

    Uskup Agung Georg Gänswein, sekretaris pribadi Benediktus, mendekati peti mati itu, berlutut di depannya, dan menciumnya. Orang banyak kemudian mendoakan misteri sedih rosario dalam bahasa Latin untuk ketenangan jiwa mendiang paus.

    Misa pemakaman sederhana dan khidmat, sesuai dengan keinginan Benediktus XVI. Paduan Suara Kapel Sistina menyanyikan “Salve Regina”, “In Paradisum”, dan himne lainnya. Gambar kebangkitan Kristus digantung di Basilika Santo Petrus di belakang altar.

    Paus Fransiskus memimpin pemakaman pendahulunya, Paus Emeritus Benediktus XVI. Dalam homilinya, dia merenungkan kata-kata terakhir Yesus di kayu salib: “Bapa, ke dalam tanganmu aku menyerahkan jiwaku.”

    “Umat Tuhan yang setia, berkumpul di sini, sekarang menemani dan mempercayakan kepadanya kehidupan orang yang menjadi pendeta mereka,” katanya.

    “Seperti para wanita di makam, kita juga datang dengan wewangian syukur dan balsem harapan, untuk sekali lagi menunjukkan kepadanya cinta yang abadi. Kita ingin melakukan ini dengan kebijaksanaan, kelembutan, dan pengabdian yang sama yang dia berikan kepada kita selama bertahun-tahun.”

    Ribuan umat menghadiri Misa Pemakaman Paus Benediktus XVI. Vatican News

    Perhentian Akhir

    Benediktus XVI meninggal pada 31 Desember pada usia 95 tahun. Sebagaimana ditegaskan oleh Uskup Agung Gänswein, kata-kata terakhirnya adalah “Signore, ti amo!” (“Tuhan, aku mencintaimu”). Hampir 200.000 orang datang untuk melihat Benediktus XVI terbaring dalam kenegaraan di dalam Basilika Santo Petrus pada hari-hari menjelang pemakaman.

    “Bersama-sama, Kita ingin mengatakan: ‘Bapa, ke tanganmu Kita memuji semangatnya,’” kata Fransiskus dalam homilinya. “Benediktus, sahabat setia Mempelai Laki-Laki, semoga sukacitamu lengkap saat kamu mendengar suaranya, sekarang dan selamanya.”

    Vatikan hanya mengundang dua delegasi resmi negara — dari Italia dan Jerman — ke pemakaman, tetapi beberapa kepala negara dan tokoh masyarakat memutuskan untuk hadir dalam kapasitas tidak resmi. Mereka di antaranya, Presiden Polandia Andrzej Duda, Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, Perdana Menteri Ceko Petr Fiala, dan Presiden Slovenia Nataša Pirc Musar yang datang ke Vatikan untuk menghadiri upacara tersebut. Mereka datang bersama dengan bangsawan Eropa Ratu Sofia dari Spanyol dan Raja Philip dan Ratu Mathilde dari Belgia.

    Dalam Doa Umat Beriman, doa kedua diucapkan dalam bahasa Jerman: “Untuk Paus Emeritus Benediktus, yang telah tertidur di dalam Tuhan: Semoga Gembala yang kekal menerimanya ke dalam kerajaan terang dan damai.”

    Kardinal Zen menghadiri pemakaman Benediktus XVI setelah otoritas Hong Kong melepaskan paspornya. Sebelumnya, ia sempat dituduh Pemerintah Tiongkok atas pembelaannya kepada para demonstran di Hongkong.

    Di akhir Misa Pemakaman, Paus Fransiskus memimpin Pujian Terakhir dan Ucapan Terima Kasih, yang diikuti dengan doa hening sejenak. Paus Fransiskus mendekat dengan tongkat dan berdoa sambil menyentuh peti kayu pendahulunya.

    Lonceng berdentang dan kerumunan bertepuk tangan saat peti mati Benediktus XVI dibawa ke Basilika Santo Petrus ke tempat pemakamannya di ruang bawah tanah basilika. Orang-orang mengibarkan bendera dan spanduk, termasuk yang bertuliskan “Santo Subito,” menyerukan kanonisasi segera Benediktus.

    Paus Benediktus XVI pada perjalanan terakhirnya. Vatican News

    Perjalanan Benediktus

    Lahir Joseph Aloisius Ratzinger, dia terpilih menjadi paus pada April 2005, mengambil nama Benediktus XVI. Ia terpilih menduduki takhta Petrus setelah berpuluh-puluh tahun melayani Gereja Katolik sebagai teolog, prefek Kongregasi Ajaran Iman, kardinal, dan salah satu kolaborator terdekat St. Yohanes Paulus II.

    Diakui secara luas sebagai salah satu teolog top Gereja Katolik, kepausan Benediktus ditandai dengan pemahaman yang mendalam tentang tantangan Gereja dalam menghadapi agresi ideologis yang berkembang, tidak terkecuali dari pola pikir Barat yang semakin sekuler, baik di dalam maupun di luar Gereja. Dia terkenal memperingatkan tentang “kediktatoran relativisme” dalam sebuah homili tepat sebelum konklaf tahun 2005 yang memilihnya sebagai paus.

    Pada 11 Februari 2013, Benediktus yang berusia 85 tahun mengejutkan dunia dengan pengumuman pengunduran dirinya dalam bahasa Latin, menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang melakukannya. Dia menyebut usianya yang sudah lanjut dan kurangnya kekuatan sebagai tidak cocok untuk menjalankan jabatannya.

    Merenungkan kehidupan setelah kematian dalam pesan Angelus pada 2 November 2008, Paus Benediktus XVI berkata bahwa kehidupan kekal akan seperti “membenamkan diri Anda dalam lautan cinta tak terbatas di mana waktu — sebelum dan sesudah — tidak ada lagi. Kepenuhan hidup dan sukacita: Inilah yang kita harapkan dan harapkan dari keberadaan kita bersama Kristus.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI