25.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Darah Santo Yanuarius Kembali Mencair di Naples, untuk Ketiga Kali di Tahun Ini

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus mencium ampul yang di dalamnya tersimpan darah St Yanuarius yang mencair. PEna Katolik

    NAPOLI, Pena Katolik – Pada 16 Desember 2022, “keajaiban likuifaksi” terjadi pada lagi di Kapel St. Januarius di Katedral Napoli. Hal ini diketahui setelah Uskup Agung Napoli, Mgr. Ketika Monsinyur Vincenzo De Gregorio membuka brankas berisi Relikui Santo Yanuarius. Relikui darah itu tampak benar-benar padat di pagi hari, tetapi perubahan terjadi dua jam kemudian.

    Tanggal 16 Desember 2022 menandai kebangkitan Kota Napoli dari letusan Gunung Vesuvius tahun 1631. Hanya dalam tiga hari setiap tahun, relikui darah St Yanuarius kembali cair. Mukjizat terkenal itu dikenal dan diterima di tingkat local keuskupan, meskipun belum menerima pengakuan resmi Gereja (Vatikan).

    St Yanuarius, dikenal sebagai San Gennaro dalam bahasa Italia, adalah santo pelindung Napoli. Uskup diyakini telah menjadi martir selama penganiayaan Kristen terhadap Kaisar Diokletianus. Dalam legenda lokal, kegagalan darah untuk mencair menandakan perang, kelaparan, penyakit, atau bencana lainnya.

    Pencairan secara tradisional terjadi setidaknya tiga kali setahun yaitu pada 19 September, hari raya Santo Yanuarius, Sabtu pertama bulan Mei, dan 16 Desember, peringatan letusan tahun 1631 Gunung Vesuvius.

    Relikui darah uskup abad ketiga itu tidak mencair pada Desember 2020 ketika pandemi Covid-19 melanda dunia. Mgr. De Gregorio berbagi cerita tentang penyembuhan ajaib yang dikaitkan dengan perantaraan St. Yanuarius tahun ini.

    “Ada seorang ayah yang sangat muda dengan bayi perempuan yang baru berusia beberapa bulan di pelukannya dan istrinya yang menangis di sampingnya. Mereka menjelaskan bahwa gadis kecil ini telah didiagnosis dengan tumor ganas,” katanya seperti diberitakan CNA.

    “Mereka ada di sini hari ini, mengucap syukur kepada St. Januarius karena tak lama kemudian saat mereka berdoa, muncul kabar bahwa tumornya dapat sembuh dan bayinya selamat.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI