34.3 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

PUKAT Menyambut Natal dengan Konser Berbagi

BERITA LAIN

More
    Konser Natal PUKAT 2022 di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan, 10/12/2022. Dok. Pena Katolik

    JAKARTA, Pena Katolik – Bagaimana rasa syukur atas kelahiran Yesus dapat dirayakan? Tentu, jawabannya bisa beraneka ragam. Sebagian menunjukkannya dengan berdoa, yang lain dengan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

    Menyambut Natal, Komunitas Profesional dan Usahawan Katolik (PUKAT) Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) memiliki cara “khas”. Setelah tidak diadakan selama dua tahun secara langsung dikarenakan pandemi Covid-19, tahun ini PUKAT KAJ kembali mengadakan Konser Natal di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, 10/12/2022. Konser Natal PUKAT tahun ini  mengusung tema “The Magic of Christmas, an Enchanted Concert for Family and Friends”.

    “Natal yang membawa keajaiban, ini adalah tema yang mengingatkan dan menguatkan kita semua akan tindakan kasih dan pesan damai Natal yang telah membuahkan keajaiban kasih bagi sesama manusia,” demikian disampaikan Aloysius Setyo Handoyo, Ketua PUKAT KAJ periode 2021-2023. Menurut Handoyo, saat ini ketika pandemi Covid-19 telah terkendali, dan aktivitas keseharian telah kembali seperti sebelum pandemi, maka Konser Natal yang selama ini diadakan PUKAT setiap tahun, dapat kembali diadakan dengan mengundang keluraga dan rekan-rekan PUKAT.

    Handoyo menyatakan dalam kata sambutan konser ini, seperti edisi-edisi sebelumnya, semangat berbagi menjadi pesan utama dalam konser ini. Kembali, hasil dari konser ini akan digunakan sepenuhnya untuk membantu pendidikan dan kesehatan di wilayah Indonesia Timur melalui karya pastoral dan sosial di Keuskupan Agats.

    Salah satunya, bantuan dari PUKAT KAJ telah dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan bagi calon guru di Agats. Selama ini, PUKAT membantu dan mendukung beberapa mahasiswa dari Agats yang kuliah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Handoyo mengatakan, saat ini ada 15 mahasiswa yang dibantu dari PUKAT, selain itu, ada 10 mahasiswa yang sebelumnya telah berhasil lulus dari bantuan pendanaan pendidikan dari PUKAT KAJ.

    Konser Natal PUKAT tahun 2022 merupakan edisi yang ke-28. Pertama kali, PUKAT menyelanggarakan Konser Natal pada tahun 1993. Hadir juga dalam acara ini adalah Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo; Uskup Agats, Mgr. Aloysius Murwito OFM, dan Mantan Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro.

    Pemeran karya seni di sela-sela Konser Natal Pukat 2022 di Ciputra Artpreneur Jakarta. Dok. Pena Katolik

    Ketua Panitia Konser Natal PUKAT, Zeno Christozen berharap, konser kali ini akan memberi peneguhan untuk keluarga dan semua yang hadir. Ia kembali menegaskan, lewat gerakan belarasa Konser Natal 2022 ini, PUKAT berusaha mendukung pendidikan di Indonesia Timur.

    “Semoga melalui penyelenggaraan Konser Natal ini, suka cita Natal yang kita rasakan juga dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita melalui kepedulian dan bantuan yang diberikan,” ujar Zeno.  

    Ucapan syukur atas terselenggaranya Konser Natal PUKAT 2022 juga disampaikan Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo. Dalam kata sambutan, Kardinal Suharyo menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras PUKAT dan belas kasih keseluruhan donator yang murah hati. Ia mengatakan, konser ini mengajak setiap orang untuk menyambut peristiwa inkarnasi Putra Allah. Ia mengatakan, peristiwa ini juga merupakan “The Magic of Christmas”. Hal ini karena melalui peristiwa inkarnasi ini, Allah sungguh hadir di dunia.

    “Karya Kasih Allah adalah Yesus Kristus yang adalah Emanuel, Allah beserta kita sepanjang hidupnya, Yesus menghadirkan kasih Allah di dunia,” ujar Kardinal Suharyo.

    Kardinal Suharyo menyatakan, keseluruhan karya pelayanan Yesus, sebagaimana ditunjukkan dalam Kitab Suci, menunjukkan kehendak Allah yang ingin  membebaskan manusia dari pelbagai bentuk belenggu dosa. Kehadiran Yesus mendorong manusia untuk menyadari martabatnya sebagai ciptaan yang luhur yang diciptakan seturut gambar Allah.

    Konser Natal PUKAT 2022 ini menampilkan Twilite Orchestra dengan komponis Addie MS dan didukung beberapa penyanyi di antaranya, Tompi, Regina Handoko, Jordan Basa, Ary Kirana, dan trio Libero. Konser ini juga menampilkan Armonia Choir, CFJ Choir dengan pembawa acara, Ivy Batuta dan Reymund Levy. Ada 19 komposisi bertema Natal yang ditampilkan dalam keseluruhan konser.

    Pada komposisi terakhir, Twilite Orchestra membawakan lagu “Seribu Lilin” pada kesempatan ini, seluruh penonton lalu menyalakan lilin elektronik yang dibagikan di awal konser. Suasana menjadi demikian hening, membawa setiap orang untuk mengenang kelahiran Yesus.

    Sebagai seorang Muslim, sudah empat kali ini Addie memimpin Twilite Orchestra menjadi penampil dalam Konser Natal PUKAT. Saat membawakan, “Somewhere in My Memory” karya John William, kali ini Addie menunjukan ciri khas lagu-lagu natal yang selalu membawa kebahagiaan. Ia juga berhasil mengkomposisi beberapa lagu klasik bertema Natal tanpa kehilangan roh “kelahiran Yesus”. Salah satunya ia bebawakan “Transeamus Usque Bethlehem” karya Josep Schnabel, composer asal Jerman dari abad ke-18.

    Di sela-sela Konser Natal PUKAT ini juga diadakan pameran karya seni. Puluhan lukisan dipamerkan dari nama-nama pelukis dan pematung terkenal Indonesia. Salah satunya adalah beberapa karya dari Amrus Natasya, seorang maestro pelukis dan pematung Indonesia.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI