31 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Paus Fransiskus menyebut Teologi Benediktus XVI bukan untuk masa lalu, tetapi berbuah untuk masa depan

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus bersama Paus emeritus Benediktus XVI (arsip foto) (Vatican Media)

    Pena Katolik– Pada upacara penghargaan Ratzinger Prize 2022, Paus Fransiskus menyoroti kontribusi signifikan dari para penerima – Fr. Michel Fédou SJ, dan Profesor Joseph H.H. Weiler – dan memuji penghargaan prestisius karena memberikan indikasi garis komitmen untuk studi dan kehidupan, yang harus ditawarkan kepada semua orang.

    Paus Fransiskus berbicara kepada para peserta pada upacara penghargaan Ratzinger Prize 2022 pada hari Kamis, di mana penerima tahun ini – Pastor Michel Fédou dan Prof. Joseph Halevi Horowitz Weiler – diberikan penghargaan bergengsi tersebut. Penghargaan Ratzinger yang diluncurkan pada tahun 2011, diberikan kepada para cendekiawan yang menonjol karena penelitian ilmiah mereka di bidang teologi, seperti Joseph Ratzinger/Paus Benediktus XVI. Selama bertahun-tahun, penerima termasuk komposer, seniman, dan penulis yang telah memberikan kontribusi penting bagi dunia seni yang berkaitan dengan agama Kristen.

    Kontribusi Benediktus XVI

    Dalam pidatonya, Paus Fransiskus menyapa mereka yang hadir pada acara tersebut, dan khususnya, dua penerima Penghargaan Ratzinger 2022. Paus Fransiskus kemudian menyoroti “kehadiran rohani dan pendampingan dalam doa” Paus emeritus Benediktus XVI untuk seluruh Gereja, dan menyoroti bahwa kesempatan itu menegaskan kembali kontribusi karya dan pemikiran teologisnya yang “terus berbuah dan bekerja.”

    Mengingat ulang tahun ke-60 pembukaan Konsili Vatikan II yang baru-baru ini diperingati, Paus Fransiskus menunjuk peran Pastor Joseph Ratzinger di Konsili, sebagai seorang ahli yang membantu pembuatan beberapa dokumennya; dan kemudian dalam panggilannya sebagai Paus Benediktus XVI untuk “memimpin komunitas gerejawi dalam implementasinya, baik bersama St. Yohanes Paulus II maupun [saat itu sebagai Gembala Gereja universal.”

    Bahkan baru-baru ini, kata Paus Fransiskus, Benediktus XVI masih ingin menggarisbawahi bagaimana Konsili secara abadi menjalankan fungsinya yang penting, karena memberi kita pedoman yang diperlukan untuk merumuskan kembali pertanyaan sentral tentang sifat dan misi Gereja di zaman kita (dalam pesannya untuk Simposium Internasional ke-10 Ratzinger Foundation, 7 Oktober 2022). Nyatanya, Benediktus XVI telah “membantu kami membaca dokumen-dokumen konsili secara mendalam, mengusulkan sebuah “hermeneutika reformasi dan kontinuitas.”

    Selain itu, kontribusi teologis Benediktus XVI ditawarkan melalui penerbitan Opera Omnia, edisi bahasa Jerman yang hampir selesai, sementara terjemahan dalam bahasa lain terus berkembang. “Kontribusi ini, memberi kita landasan teologis yang kuat bagi perjalanan Gereja: sebuah Gereja yang ‘hidup’, yang diajarkannya kepada kita untuk melihat dan hidup sebagai persekutuan, dan yang sedang bergerak – dalam “sinode” – dibimbing oleh Roh Gereja. Tuhan, selalu terbuka untuk misi mewartakan Injil dan melayani dunia tempat ia hidup.”

    Paus kemudian mendorong kerja sama antara Yayasan Vatikan yang dinamai Beato Yohanes Paulus I dan St. Yohanes Paulus II, serta Yayasan Joseph Ratzinger, mencatat bahwa pelayanan Yayasan Benediktus XVI ditempatkan dalam perspektif keyakinan bahwa magisterium dan pemikiran “tidak diarahkan ke masa lalu, tetapi berbuah untuk masa depan, untuk implementasi Konsili dan untuk dialog antara Gereja dan dunia saat ini, di bidang yang paling topikal dan diperdebatkan, seperti ekologi integral, hak asasi manusia, dan perjumpaan antara budaya yang berbeda.”

    Para penerima penghargaan

    Paus Fransiskus kemudian mengalihkan perhatiannya kepada para pemenang hadiah – Pastor Michel Fédou dan Prof. Joseph Halevi Horowitz Weiler – menunjuk pada pencapaian mereka di bidang studi dan pengajaran – bidang yang dianggap oleh Ratzinger “sangat penting.”

    Tentang Pastor Fédou Paus mencatat bahwa “ahli teologi Kristen” ini telah mendedikasikan hidupnya untuk belajar dan mengajar, khususnya karya Bapa Gereja Timur dan Barat dan perkembangan Kristologi selama berabad-abad. Selain itu, agar tidak memusatkan pandangannya hanya pada masa lalu, pengetahuannya tentang tradisi iman menyuburkan dalam dirinya pemikiran yang hidup, yang juga mampu menjawab isu-isu terkini di bidang ekumenisme dan dalam hubungan dengan agama-agama lain. Untuk Pastor Fédou, lanjut Paus, “kami mengakui dan memberikan penghormatan kepada pewaris yang gagah berani dan penerus tradisi besar teologi Prancis, yang telah memberi para penguasa Gereja status Pastor Henri De Lubac dan perusahaan budaya yang solid dan berani seperti The Sources. Chrétiennes, yang penerbitannya dimulai delapan puluh tahun yang lalu.”

    “Tanpa kontribusi teologi Prancis ini, kekayaan, kedalaman, dan keluasan refleksi yang dipupuk oleh Konsili Vatikan II tidak akan mungkin terjadi, dan kita harus berharap bahwa konsili ini akan terus menghasilkan buah bagi penerapannya dalam jangka panjang ,” kata Paus Fransiskus.

    Paus Fransiskus juga memuji Prof. Weiler sebagai penganut agama Yahudi pertama yang dianugerahi penghargaan bergengsi itu. Paus menyambut baik hal ini, mencatat bahwa Benediktus XVI dengan tegas dan bangga menegaskan bahwa “tujuan dari karya teologis pribadinya sejak awal adalah berbagi dan mempromosikan semua langkah rekonsiliasi antara orang Kristen dan Yahudi yang diambil sejak Konsili.”

    Lebih lanjut Bapa Suci mencatat keharmonisan antara Benediktus XVI dan Prof. Weiler dalam isu-isu lain, termasuk hubungan antara iman dan nalar yuridis di dunia kontemporer; krisis positivisme yuridis dan konflik yang ditimbulkan oleh perluasan hak subjektif yang tidak terbatas; dan pemahaman yang tepat tentang pelaksanaan kebebasan beragama dalam budaya yang cenderung membuang agama ke ranah privat.

    Prof Weiler, kata Paus, tidak hanya melakukan studi mendalam tentang mereka, tetapi juga telah mengambil posisi berani, bergerak, bila perlu, dari tingkat akademik ke tingkat diskusi – atau ‘discernment’ – dalam mencari konsensus tentang nilai-nilai fundamental dan penyelesaian konflik demi kebaikan bersama.

    “Penghargaan ini, selain mewakili pengakuan yang memang layak, menawarkan indikasi garis komitmen, studi, dan kehidupan yang sangat penting, yang menimbulkan kekaguman dan permintaan kami untuk diusulkan menjadi perhatian semua orang.”

    Sebagai penutup, Paus Fransiskus mengulangi ucapan selamatnya kepada para penerima penghargaan dan berharap yang terbaik bagi mereka dalam melanjutkan usaha mereka. Dia juga memohon berkat Tuhan atas mereka, keluarga dan teman mereka, serta para anggota dan pendukung Ratzinger Foundation. (PEN@ Katolik/ Sam-RP.Benediktus Mayaki, SJ/Vatikan News).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI